Bantuan Sosial PKH Syarat dan Cara Daftarnya

Cara Daftar Bantuan Sosial PKH Via Offline dan Online

Simak langkah-langkah pendaftaran DTKS Kemensos secara offline dan online berikut ini:

Cara Daftar Bansos PKH Offline

Berikut cara daftar bantuan sosial PKH secara offline atau langsung:

1. Kantor desa/kelurahan menerima pengunjung langsung dari masyarakat. Setelah itu mendaftar ke sistem DTKS Kemensos.

2. Membawa data diri, antara lain KTP dan Kartu Keluarga (KK);

3. Kemudian, orang yang mendaftar akan menerima surat pemberitahuan termasuk teknis pendaftaran di tempat yang ditunjuk;

4. Data masyarakat yang telah mendaftar selanjutnya akan diolah oleh camat, walikota/kantor kecamatan, dan Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) (Himbara).

Cara Daftar Bansos PKH Online

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar DTKS Kemensos secara online, bisa melalui aplikasi yang disediakan pemerintah.

Adapun tata cara pendaftaran bantuan sosial PKH 2021 secara online menggunakan ponsel adalah sebagai berikut:

1. Download aplikasi Cek Bansos di PlayStore. Permohonan harus datang langsung dari Kementerian Sosial jika memungkinkan.

2. Daftar dengan mempersiapkan NIK, KTP, dan KK Anda. Menu layanan pada aplikasi Cek Bansos akan tersedia untuk Anda setelah proses registrasi selesai dilakukan.

3. Pilih menu daftar ide untuk mendaftar di DTKS Kemensos agar dapat menerima bantuan sosial PKH Kemensos.

4. Kemudian pilih “tambah proposal”.

5. Sistem akan mencocokkan nama, NIK, KK, status kesesuaian Dukcapil dan kesesuaian pengusul sesuai data DTKS dari Kementerian Sosial.

6. Setelah itu, pilih jenis bantuan sosial dari Kementerian Sosial yang ingin diperoleh. Dalam situasi ini adalah PKH.

Setelah itu, jika data yang Anda tawarkan berhasil, maka nama, NIK, status kesesuaian Dukcapil dan status kesesuaian wilayah dengan KK pengusul akan muncul di layar.

Kesimpulan:

Kementerian Sosial menyalurkan anggaran bansos sebesar Rp28,7 triliun dengan target 10 juta rumah tangga penerima manfaat (KPM) pada tahun 2021. Besaran pembayaran bansos PKH yang akan diperoleh setiap golongan masyarakat bervariasi.

Daftar DTKS Kemensos untuk mendapatkan bansos PKH, bisa dilakukan secara offline atau langsung. Bisa juga dilakukan secara online dengan mengajukan self-proposal.

Tata cara pendaftaran bansos 2021 secara online menggunakan ponsel adalah sebagai berikut. Download aplikasi Cek Bansos di PlayStore.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like