Jenis Investasi Emas yang Menguntungkan

6. Emas Lokal

Jenis emas terbaru untuk investasi yaitu emas lokal. Jenis investasi emas ini adalah emas yang proses pemurniannya dilakukan oleh usaha rumahan, maupun perusahaan kecil lainnya di suatu daerah.

Oleh karena itu, jangan heran jika harga emas lokal di setiap daerah berbeda-beda. Karena harganya bervariasi sesuai dengan kemurnian emas di suatu wilayah tertentu.

Bentuk Investasi Emas Lainnya yang Menguntungkan

Kurang lengkap rasanya jika hanya mengetahui informasi jenis-jenis emas untuk investasi, namun tidak mengetahui alternatif bentuk investasi emas.

Alasannya, tidak seperti keenam jenis emas yang disebutkan sebelumnya, ada banyak cara yang menguntungkan untuk berinvestasi emas. Lantas, apa saja macam-macam bentuk investasi emas? Yuk, intip ulasan selengkapnya di bawah ini!

Sertifikat Emas

Bentuk investasi emas pertama yang menguntungkan adalah sertifikat emas. Ini merupakan salah satu bentuk investasi emas, yang dipamerkan dalam bentuk selembar kertas dan merupakan bukti kepemilikan emas yang disimpan di bank suatu negara.

Sertifikat emas umumnya digunakan sebagai investasi utama. Melainkan dimanfaatkan sebagai alternatif investasi yang tidak mengeluarkan biaya memegang emas, sehingga sangat menguntungkan.

Saham Perusahaan Pertambangan Emas

Sertifikat emas tidak hanya merupakan cara yang bagus untuk berinvestasi dalam emas, tetapi saham perusahaan pertambangan emas juga merupakan pilihan yang bagus ketika harga emas meningkat.

Karena harga saham perusahaan akan naik jauh lebih cepat daripada harga emas asli dalam keadaan seperti ini.

Namun, perlu disebutkan bahwa berinvestasi di saham perusahaan tambang emas ini pasti memiliki risiko yang cukup tinggi, mengingat keuntungan yang bisa dihasilkan juga sangat besar.

ReksaDana Emas

Lalu ada kendaraan investasi yang didukung emas seperti reksa dana. Ini adalah cara unik untuk berinvestasi emas karena Anda tidak perlu menyimpan logam asli apa pun.

Selain itu, karena perusahaan pertambangan emas menangani transaksi yang sebenarnya, investor tidak merasa terganggu sedikit pun.

Reksa dana ditemukan terlibat dalam perdagangan saham perusahaan pertambangan emas serta perdagangan emas yang sebenarnya. Bagaimana, sangat menarik bukan?

Kontrak Emas Berjangka

Bisa dibilang, ini adalah salah satu bentuk investasi emas yang paling khas. Karena dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi, emas dapat dipertukarkan sebagai komoditas di pasar perdagangan berjangka.

Dimana kepemilikan emas dalam bentuk fisiknya tidak lagi diperlukan sebagai bukti penanaman modal. Bukti administrasi kepemilikan adalah semua yang diperlukan dari mereka.

Direct Selling atau MLM Emas

Investasi emas melalui jaringan perusahaan penjualan langsung atau MLM mungkin tampak asing bagi yang belum tahu dan mungkin asing bagi banyak orang. Namun, direct selling atau MLM emas merupakan salah satu bentuk investasi emas.

Masih banyak perusahaan di Indonesia yang memanfaatkan strategi ini untuk hal-hal yang tidak nyata, padahal jenis investasi ini sangat menguntungkan.

ETF Emas

Jenis investasi emas terakhir yang dapat dipilih adalah Gold Exchange Traded Fund (ETF), atau biasa dikenal dengan perdagangan emas.

Sebenarnya, ETF tidak jauh berbeda dengan reksa dana, karena perbedaan utamanya adalah transaksi dilakukan melalui lantai bursa, dan memiliki proses yang lebih rumit daripada jual beli emas yang sebenarnya.

Kesimpulan:

Ada berbagai jenis emas untuk investasi, seperti emas batangan, emas perhiasan, koin emas, dan dinar emas. Emas batangan benar-benar merupakan bentuk investasi yang sangat aman dan menguntungkan, baik untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like