Investasi Crypto: Jenis, Manfaat dan Risikonya

Keuntungan Investasi Crypto

Berinvestasi dalam cryptocurrency memiliki keuntungan sebagai berikut:

Tingkat Keuntungan Tinggi

Investasi Cryptocurrency adalah salah satu jenis investasi yang diakui menghasilkan return atau keuntungan yang tinggi selain saham. Harga cryptocurrency digital seperti bitcoin mungkin naik secara dramatis.

Hanya dalam beberapa bulan, nilainya dapat menembus level tertinggi baru sepanjang masa. Pada tahun 2020, harga bitcoin naik sebesar 354%, menjadikannya lebih unggul dari aset keuangan lainnya dalam hal pengembalian.

Dengan metode yang tepat, Anda dapat membeli mata uang dengan harga murah tetapi dapat menjualnya dengan harga tinggi seperti saham.

Universal

Cryptocurrency dapat digunakan oleh siapa saja di dunia. Fakta bahwa tidak seorang pun harus menggunakan nama asli mereka atau memberikan informasi pribadi lainnya berarti bahwa cryptocurrency diterima secara universal.

Cepat dan Mudah

Kecepatan transaksi cryptocurrency tidak dapat ditandingi oleh perbankan tradisional. Dalam hal transfer uang internasional, ini mungkin memakan waktu hingga satu hari atau lebih dalam banyak kasus.

Ketika berbicara tentang perdagangan bitcoin, prosesnya hanya membutuhkan waktu mulai dari beberapa menit hingga satu jam.

Transparan

Setiap pengguna cryptocurrency dapat melihat semua transaksi yang telah dilakukan. Sekeras apa pun mereka mencoba, pengguna tidak akan pernah bisa mengetahui siapa yang melakukan transaksi karena data hanya tersedia dalam rangkaian angka.

Sebagai Alat Bayar di Berbagai e-Commerce

Sekarang uang kripto bitcoin bisa digunakan sebagai alat pembayaran dalam transaksi digital tertentu, tetapi tidak banyak.

Pembayaran Bitcoin sudah diterima oleh PayPal, penyedia layanan pembayaran transaksi online terbesar di dunia. Pengguna PayPal dapat menyimpan dan melakukan transaksi menggunakan Bitcoin di PayPal.

adalah metode pembayaran yang diterima secara luas di berbagai situs e-niaga internasional, termasuk yang dioperasikan oleh eBay dan Amazon.com.

Aman dan Sah

Legalitas perdagangan Bitcoin di Indonesia telah ditetapkan, sehingga lebih aman bagi investor untuk menempatkan uang dalam cryptocurrency.

Risiko Investasi Cryptopto

Berinvestasi dalam mata uang kripto memiliki sejumlah bahaya, yang harus Anda waspadai sebelum melakukan pembelian:

Sangat Berfluktuasi

Harga mata uang kripto dapat naik dan turun dalam hitungan detik, terkadang mencapai titik ekstrem. Nilai yang tinggi dapat dicapai, tetapi penurunan yang cepat mungkin terjadi. Investasi Crypto, seperti investasi saham, dicirikan oleh profil Risiko Tinggi-Pengembalian Tinggi.

Rawan Kejahatan Cyber

Cryptocurrency sendiri berbasis teknologi, oleh karena itu investasi ini sangat rentan terhadap ancaman dunia maya. Jika itu terjadi, Anda akan kesulitan mendapatkannya jika crypto Anda hilang atau dicuri.

Ada klaim bahwa beberapa pembeli kehilangan investasi mereka karena diretas. Coba cari insiden pembobolan bursa di banyak negara, khususnya di tahun 2019, di perantara jika Anda ingin mencari tahu lebih banyak.

Minim Regulasi

Di Indonesia, regulasi cryptocurrency masih dalam tahap awal. Meski aturan ini memberikan legalitas agar investasi ini kokoh di Indonesia, ada juga sejumlah batasan yang mungkin bisa membahayakan nasabah.

Mampu memahami konsep ini cukup berguna. Di balik kesederhanaan dan keuntungan berinvestasi jelas ada bahaya, tapi bukan berarti tidak bisa dihindari atau dikurangi.

Untuk berinvestasi lebih aman dan nyaman, Anda harus terlebih dahulu memahami manfaat, keuntungan, dan kerugian yang terkait dengan setiap jenis investasi.

Kesimpulan:

Cryptocurrency atau investasi crypto adalah jenis investasi yang memberikan keuntungan tinggi. Cryptocurrency sendiri adalah uang digital yang hanya ada dan mungkin dihabiskan di dunia maya.

Jumlah orang Indonesia yang berinvestasi dalam uang kripto kini telah melampaui jumlah investor saham. Penyimpanan bitcoin atau aset kripto dilakukan di ‘wallet’. Investor dapat menggunakan dompet yang disediakan bursa atau membawa dompet mereka sendiri.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like