Apa itu Altcoin? Cara Kerja, Jenis dan Bedanya dengan Bitcoin

Jenis Altcoin

Aset kripto ini memiliki berbagai macam, diantaranya:

Berdasarkan penambangan

Aset kripto ini memiliki mekanisme penambangan di mana koin baru dibuat dengan memecahkan masalah sulit untuk dibuka. Mereka lebih sebanding dengan Bitcoin daripada altcoin lainnya.

Pada awal tahun 2020, mayoritas altcoin terkemuka akan sesuai dengan deskripsi ini. Ethereum adalah altcoin berbasis penambangan paling populer pada Februari 2020.

Stablecoin

Stablecoin berusaha untuk meningkatkan Bitcoin dengan menurunkan volatilitas. Pada kenyataannya, nilai koin terkait dengan mata uang yang ada.

Dolar AS, euro, dan emas semuanya merupakan jaminan umum untuk aset kripto ini. Libra Facebook sejauh ini merupakan stablecoin paling terkenal, tetapi belum diluncurkan hingga Januari 2020.

Security Token

Aset kripto ini terkait dengan bisnis, dan biasanya diluncurkan dalam penawaran koin awal (ICO) (ICO). Token keamanan mirip dengan ekuitas konvensional karena menjanjikan dividen, seperti pembayaran, atau kepemilikan di perusahaan. Token keamanan menjadi lebih populer.

Utility Token

ICO dapat mencakup penjualan token utilitas, yang mewakili klaim atas suatu layanan. ICO terkadang menyertakan token utilitas, dan Filecoin adalah ilustrasi yang bagus. Filecoin dirancang untuk digunakan sebagai media pertukaran untuk pembelian ruang penyimpanan file yang terdesentralisasi.

Perbedaan Altcoin dengan Bitcoin

Ketika Bitcoin pertama kali dikembangkan, tujuan utamanya adalah sebagai pengganti mata uang fiat. Apakah Anda memilih untuk menyebutnya dolar atau euro, semuanya sama saja. Dengan demikian, Bitcoin dirancang sebagai transaksi dasar dengan mekanisme perjanjian peer-to-peer.

Pendekatan ini dinilai berpotensi memperkuat jaringan yang sudah ada. Verifikasi kolektif atas transaksi juga dilakukan dengan menambahkan ‘rantai’ yang muncul sebagai bagian dari urutan transaksi dalam satu blok.

Sampai saat ini, Bitcoin belum dapat menandingi kenyamanan dan kecepatan kartu kredit atau metode pembayaran elektronik lainnya. Verifikasi transaksi membutuhkan penambangan yang intensif sumber daya dan seringkali mahal.’

Di sinilah altcoin masuk dengan sistem baru. Tujuannya tak lain untuk menurunkan biaya dan kerumitan penambangan. Aset kripto ini akan dapat menangani lebih banyak transaksi per detik dengan cara ini.

Menggunakan kontrak pintar, beberapa altcoin menyediakan teknologi terbaru. Melalui metode ini, aset kripto mampu membangun aplikasi unik di blockchain. Koin seperti Ripple dan Dash, di sisi lain, memberikan sudut pandang baru tentang kecepatan pembayaran dan kemungkinan transaksi.

Ripple dirancang untuk memungkinkan transaksi lintas batas terpusat antara institusi besar dan perusahaan.

Sementara itu, Dash berjanji untuk memiliki kecepatan transaksi serendah 1 detik per transaksi, berfokus pada keamanan yang kuat, dan ekosistem yang memudahkan investor untuk menangani uang mereka sendiri.

Dari penjelasan di atas, sepertinya aset kripto yang satu ini sedang berusaha keras untuk mengatasi kesulitan yang sering dihadapi Bitcoin. Kesan pertama, ini membuat Altcoin lebih unggul karena dianggap lebih baik daripada Bitcoin, raja komoditas kripto.

Kenyataannya, peredaran Bitcoin masih mendominasi pasar aset kripto sehingga tidak mungkin menggeser posisi raja begitu saja.

Kesimpulan:

Altcoin, sering dikenal sebagai aset kripto, bertujuan untuk menjadi versi Bitcoin yang lebih baik. Mata uang digital peer-to-peer mengikuti jejak pendahulunya. Nilai aset kripto ini cenderung berfluktuasi sejalan dengan harga bitcoin.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like