Apa itu Sales dan Jenis Pekerjaan di Bidang Sales

Jenis Pekerjaan di Bidang Sales

Setelah kita mengenal apa itu sales, berikut ini beberapa pekerjaan yang ada di bidang sales:

1. Sales Representative

Posisi pertama dalam dunia penjualan menurut The Balance Careers adalah representative. Dalam tim penjualan, ini adalah posisi entry level.

Mereka adalah kekuatan pendorong di balik penjualan. Jika berhasil di posisi ini, maka opsi untuk naik ke posisi yang lebih tinggi akan terbuka.

Berikut ini adalah varian istilah yang sangat lazim untuk pekerjaan sales representative di perusahaan: agen penjualan, account representative, advertising representative, brand ambassador, dan lain sebagainya.

2. Sales Management

Kedua, ada manajemen penjualan. Naik satu tingkat dari perwakilan penjualan, ini adalah posisi. Seperti halnya supervisor, yang mengawasi beberapa perwakilan penjualan di bawahnya, manajer penjualan berada pada level yang sama dengan keduanya.

Tim penjualan perusahaan berada di bawah arahan manajer penjualan. Mereka yang menetapkan target dan menilai penjualan.

Mungkin perlu bagi posisi ini untuk memiliki hubungan kerja yang kuat dengan pelanggan terbesar perusahaan untuk mendapatkan loyalitas mereka.

Berikut adalah sebutan untuk posisi sales manager yang umum di perusahaan: account manager, area manager, business development manager, franchise development manager, dan lain-lain.

3. Sales Administrative

Tim administrasi umumnya akan membantu tim penjualan dalam hal administrasi. Siapkan pembeli pemasaran untuk pembeli, siapkan penawaran dan hitung serta kelola manfaat loyalitas, untuk menyebutkan beberapa contoh saja.

Tim penjualan dan tim pemasaran dapat bekerja sama sebagai unit yang kohesif dalam organisasi tertentu.

Berikut adalah sebutan untuk posisi administratif penjualan di sebuah perusahaan: business development representative, enterprise representative, financial assistant, dan industry representative.

4. Account Executive

Posisi ini pada dasarnya mirip dengan manajer penjualan, kecuali tugasnya jauh lebih besar. Secara umum, tujuan AE adalah untuk mengembangkan hubungan antara perusahaan dan kliennya dan memelihara hubungan dengan klien saat ini.

Jadi tujuan utamanya bukan untuk mendapatkan klien baru. Secara umum, seorang AE dituntut untuk memiliki pengetahuan produk yang mendalam.

Selain itu, mereka juga memiliki kesadaran yang lebih baik terhadap tren industri. Dengan pengetahuan ini, pekerjaan AE sering kali membuat mereka dekat dengan pembeli reguler.

Berikut ini adalah sebutan untuk pekerjaan account executive yang biasanya terlihat di perusahaan: channel partner executives, account handles, client executives, dan lain-lain.

5. Executive-Level Management

Secara umum, posisi ini mendefinisikan dan mengarahkan tujuan penjualan suatu perusahaan. Ini jelas merupakan tujuan jangka panjang.

Selain itu, mereka bertanggung jawab untuk merancang strategi untuk mengembangkan kemitraan jangka panjang antara perusahaan dan pembelinya.

Untuk memegang posisi ini, 10 tahun atau lebih pengalaman penjualan biasanya diperlukan.

Tentu saja, pengetahuan sebelumnya tentang pasar dan barang yang dijual kepada pembeli diperlukan untuk mendukung pengalaman ini.

Berikut ini adalah sebutan untuk posisi manajemen tingkat eksekutif: sales director, chief sales officer, hingga chief financial officer.

Kesimpulan:

Penjualan adalah kegiatan menjual barang, barang, dan jasa kepada pembeli. Di beberapa perusahaan, aktivitas ini membentuk divisi berbeda yang terdiri dari beberapa tanggung jawab.

Tanggung jawab utama tenaga penjual dan audiens yang dituju ditentukan oleh keadaan dan persyaratan perusahaan secara keseluruhan.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like