Perbedaan Sales dan Marketing yang Perlu Diketahui

Selain itu, pelanggan setia akan tertarik jika layanan dan daya tanggap tim penjualan konsisten dengan kualitas tinggi produk dan pelanggan yang dilayani.

Fungsi tim penjualan adalah untuk menemui pelanggan dalam mencari produk yang mereka butuhkan dan kemudian menjual barang tersebut kepada mereka.

Adanya perbedaan penjualan dan pemasaran dalam fungsi dan prioritas inilah yang kemudian membantu keduanya bersinergi satu sama lain.

Aktivitas dan Tujuan Kerja

Sebelum membuat perbedaan antara penjualan dan pemasaran, penting untuk memahami pembagian peran tujuan dan target. Beberapa contoh mudah yang menonjolkan perbedaan antara kedua sikap saat melakukan aktivitasnya.

Misalnya, di sebuah startup, tim penjualan akan menghubungi calon pelanggan secara langsung hingga mereka mencapai kesepakatan kerja.

Sementara itu, tim pemasaran sebelumnya memastikan kualitas produk atau jasa yang diberikan terjamin sehingga tim penjualan bisa mengusungnya.

Memiliki tenaga kerja yang beragam diperlukan karena perbedaan peran penjualan dan pemasaran. Dengan aktivitas pemasaran yang sebagian berada di belakang layar, Anda yang lebih suka menganalisa memiliki prospek yang cukup luas di bidang ini.

Sedangkan bagi Anda yang ingin berhubungan langsung dengan pelanggan dan tidak ragu untuk bersikap baik setiap saat dengan (calon) klien atau pelanggan, bergabung dengan tim penjualan akan semakin mengasah potensi Anda.

Bekerja sebagai Sales sekaligus Marketing

Sangat mudah untuk melihat bagaimana penjualan dan pemasaran memiliki tugas dan divisi terpisah berdasarkan beberapa perbedaan yang disebutkan di atas.

Namun, terkadang integrasi fungsi penjualan dan pemasaran tidak dapat dihindari. Ini sangat penting bagi perusahaan baru atau mereka yang baru saja mulai basah.

Salesperson lebih berfokus pada strategi untuk mendapatkan revenue secara langsung dan berorientasi pada keadaan sekarang.

Sementara itu, marketer menyusun rencana agar informasi dan branding perusahaan menjangkau target audiens, sehingga produk dan aktivitas pemasaran lainnya dapat bertahan lebih lama di pasar.

Dari perbedaan antara penjualan dan pemasaran ini, jika sebuah perusahaan memiliki masalah dalam menyeimbangkan fungsi keduanya, hal itu membutuhkan waktu dan sumber daya tertentu agar pejabatnya dapat mempelajari kedua bidang tersebut.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda dibekali dengan pengalaman yang matang di setiap bidang untuk menjalankan kedua bidang ini secara bersamaan. Dengan begitu, Anda akan mengetahui cara kerja kedua divisi tersebut.

Perbedaan antara penjualan dan pemasaran dalam hal tugas, prioritas, proses, dan aktivitas sekarang sudah lebih dipahami, seperti target yang diharapkan untuk dicapai oleh setiap divisi.

Memang benar bahwa penjualan dan pemasaran tidak berjalan dengan baik dengan sendirinya. Jika tim pemasaran tidak dapat memahami dengan benar tuntutan dan budaya pasar untuk produk yang diinginkan, tim penjualan akan kehilangan fokus.

Mengetahui perbedaan antara dua profesi ini akan memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang tepat tentang jalur bidang masa depan Anda.

Kesimpulan:

Pemasaran lebih bersifat jangka panjang, sedangkan penjualan lebih bersifat jangka pendek. Adanya perbedaan penjualan dan pemasaran dalam fungsi dan prioritas membantu keduanya bersinergi satu sama lain.

Mengetahui perbedaan antara penjualan dan pemasaran akan memungkinkan Anda untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi tentang jalur karir masa depan Anda.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like