Perbedaan Finance dan Accounting: Definisi dan Tugas

Fungsi dan Tugas Accounting

Fungsi dan tugas seorang ahli accounting dalam suatu organisasi atau perusahaan adalah sebagai berikut:

Mengukur Kontribusi Sumber Dana

Jika finance merupakan sumber ide dari mana dana dapat diperoleh, maka tugas accounting adalah menilai seberapa besar setiap sumber menambah pendapatan perusahaan.

Dana kemudian dapat menentukan apakah akan mengubah alokasi pendanaannya atau berubah menjadi perjanjian baru setelah mendapat klarifikasi lebih lanjut di perusahaan ini.

Mengelola Liabilitas Perusahaan

Tidak ada cara untuk memisahkan kegiatan perusahaan dari hutang, kewajiban pajak, dan tanggung jawab lainnya.

Tim accounting di dalam perusahaan memiliki tugas penting untuk memastikan bahwa semua tagihan ini dibayar tepat waktu, serta memastikan bahwa tenggat waktu yang diberikan tidak merugikan perusahaan.

Menentukan Pemenuhan Kontrak

Kontrak adalah rangkaian tugas dan fungsi accounting berikutnya yang terkait. Banyak kontrak yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan.

Hal yang sama berlaku ketika berurusan dengan berbagai jenis klien, seperti konsumen atau kreditur. Di sinilah tugas penting profesional accounting, yaitu memastikan apakah kontrak telah selesai atau belum.

Menjaga Transparansi

Accounting bertanggung jawab untuk mengungkapkan data keuangan tentang perusahaan kepada masyarakat umum dan pemerintah.

Transparansi merupakan fitur penting dalam dunia usaha, oleh karena itu akuntansi harus mampu menyajikan gambaran yang akurat tentang status keuangan perusahaan.

Finance dan accounting adalah dua bidang studi yang berbeda. Keduanya, di sisi lain, saling menguatkan dan mendukung. Mungkin saja kedua fungsi finance dan accounting bekerja dengan baik, tetapi tidak selalu demikian.

Kesimpulan

Profesional di bidang accounting terutama memiliki karir di perbankan investasi, layanan manajemen keuangan, perencanaan, dan analisis keuangan. Accounting mencakup semua aktivitas yang terlibat dalam melacak, mengelola, dan mengungkapkan informasi tentang transaksi keuangan perusahaan.

Tugas profesional finance adalah memastikan bahwa ada dana (modal) yang sesuai dalam keadaan apa pun. Bahkan lebih penting daripada menghasilkan dana adalah memastikan bahwa mereka didistribusikan dengan benar.

Previous page 1 2

Related Articles

Back to top button