OpenSea Marketplace NFT Pertama dan Terbesar di Dunia

Teknatekno.com – Jika kita berbicara tentang NFT (Non-Fungible Token), kita tidak bisa mengabaikan OpenSea marketplace NFT terbesar di dunia. Kini NFT semakin populer di kalangan masyarakat, terutama di kalangan anak muda.

Seseorang dapat membeli dan menjual NFT di OpenSea melalui jaringan peer-to-peer. OpenSea tidak hanya mengklaim platformnya sebagai yang pertama, tetapi juga menjadi marketplace NFT terbesar di dunia pada platformnya.

Tercatat bahwa saat ini ada lebih dari 300.000 pengguna dengan lebih dari 34 juta NFT di pasar OpenSea. Faktanya, volume transaksi di OpenSea melebihi US$4 miliar!

OpenSea: Terinspirasi oleh CryptoKitties

Pada tahun 2017, CryptoKitties menarik perhatian dunia sebagai aplikasi terdesentralisasi berbasis blockchain. Namun, pada saat itu, CryptoKitties diarahkan untuk populasi massal.

Meskipun demikian, sebagian besar individu memiliki rasa kehadiran yang kuat dengan Cryptokitties. Karena sekarang dapat dimiliki oleh siapa saja, blockchain yang sebelumnya hanya dapat diakses oleh satu pihak sekarang dapat ditransfer secara bebas dan benar-benar dimiliki.

Hal ini ternyata mempengaruhi Devin Finzer dan Alex Atallah. Menurut situs resmi OpenSea, keduanya memulai proyek beta OpenSea mereka pada Desember 2017 setelah bergabung dengan grup pengguna awal CryptoKitties di Discord.

Kehadiran OpenSea bertepatan dengan CryptoKitties di tahun yang sama. Namun, OpenSea hadir sebagai pasar terbuka pertama untuk semua token yang sebelumnya tidak dapat ditukar di blockchain Ethereum.

Apakah OpenSea Hanya Menggunakan ETH?

Mayoritas perdagangan NFT di OpenSea sering dilakukan menggunakan ETH. Meskipun demikian, Ethereum (ETH), WETH, USDC, dan DAI semuanya disebutkan oleh OpenSea sebagai mata uang utama di platform mereka.

Selain itu, ada lebih dari 150 token pembayaran lainnya, termasuk $UNI dan $WHALE. OpenSea, di sisi lain, masih tidak dapat menerima mata uang non-cryptocurrency seperti USD dan EUR.

Pada dasarnya, Ethereum, atau ETH, adalah cryptocurrency asli dari blockchain Ethereum. Di blockchain Ethereum, ETH digunakan untuk membayar biaya transaksi (kadang-kadang dikenal sebagai “biaya gas”).

Menurut keterangan perusahaan, OpenSea tidak ikut menghitung biaya gas. Anda lihat, biaya gas ditentukan oleh penawaran dan permintaan dan perubahan berdasarkan penggunaan jaringan.

Oh benar-benar. ETH dan WETH memiliki nilai yang sama persis. Keduanya dapat ditukar hanya dengan membuka profil OpenSea Anda. Sementara itu, Anda dapat menambahkan ETH ke dompet Anda dengan mengklik “Tambah Dana” pada ikon dompet.

Pages: 1 2

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like