Cara Daftar Vaksin Booster di Aplikasi PeduliLindungi

Teknatekno.com – Berikut ini kami akan membahas cara untuk mendaftar vaksin booster di aplikasi PeduliLindungi. Pada Selasa, 12 Januari 2022, pemerintah akan mulai memberikan vaksin booster kepada seluruh masyarakat Indonesia dalam upaya mencegah gelombang ketiga COVID-19.

Pada Selasa (11/1/2022), Presiden Joko Widodo mengumumkan melalui Youtube Sekretariat Presiden bahwa vaksin booster ini diberikan secara gratis kepada masyarakat Indonesia dari semua lapisan sosial ekonomi.

Namun, orang tua dan populasi berisiko lainnya yang menerima dosis vaksin kedua lebih dari enam bulan yang lalu masih menjadi target utama suntikan vaksin.

Mengingat diperkenalkannya beberapa varian baru COVID-19, seperti varian Delta dan Omicron, vaksin booster ini bertujuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan situs resmi COVID-19, covid19.go.id, BPOM telah mengesahkan lima jenis vaksin booster yang berbeda, antara lain Vaksin CoronaVac atau Covid-19 Bio Farma, Vaksin Pfizer, Vaksin AstraZeneca, Vaksin Moderna, dan Vaksin Zifivax.

Kepala BPOM, Penny Lukito, seperti dilansir CNBC Indonesia mengklaim, penyediaan vaksin booster ini sudah direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO).

Data imunogenisitas dari pengamatan uji klinis yang terdiri dari semua vaksin COVID-19 menunjukkan pengurangan substansial dalam tingkat antibodi hingga di bawah 30 persen, terjadi setelah enam bulan vaksin utama (dosis) (dosis).

Oleh karena itu, penting untuk memberikan vaksin booster atau dosis tambahan untuk meningkatkan kembali imunogenisitas yang telah berkurang,” ujarnya.

Jenis Vaksin Booster

Per 10 Januari 2022, Badan POM telah mengesahkan lima jenis vaksin COVID-19 untuk digunakan sebagai booster:

  • CoronaVac atau Sinovac (Vaksin COVID-19 Bio Farma)
  • Vaksin Pfizer
  • Vaksin AstraZeneca
  • Vaksin Moderna
  • Vaksin Zifivax

Masing-masing vaksin ini dapat diklasifikasikan sebagai homolog, heterolog, atau keduanya. Ketika vaksin primer atau vaksin dosis penuh adalah homolog, vaksin tersebut digunakan bersama dengan jenis vaksin booster yang sama dengan vaksin sekunder, sedangkan heterolog adalah vaksin sekunder yang tidak homolog.

Syarat Daftar Vaksin Booster di Aplikasi PeduliLindungi

Sebelum mendaftar untuk vaksin booster, pastikan kamu memenuhi persyaratan untuk vaksin booster. Persyaratan untuk memperoleh vaksin booster adalah sebagai berikut:

  • Masyarakat berusia 18 tahun ke atas
  • Sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap dalam jangka waktu minimal 6 bulan setelah penyuntikan terakhir
  • Vaksin booster diprioritaskan untuk orang lanjut usia dan penderita imunokompromais (sistem imun yang lemah)

Jenis vaksin booster yang diberikan akan disesuaikan dengan riwayat vaksinasi dan ketersediaan stok vaksin.

Cara Daftar Vaksin Booster di Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi atau website PeduliLindungi dapat digunakan untuk mendaftar vaksin booster jika kamu memenuhi persyaratan yang diperlukan.

Daftar di Situs Web PeduliLindungi

Berikut cara menggunakan website CaresLindung untuk registrasi vaksin booster:

  • Kunjungi situs PeduliLindungi ( https://www.pedulilindungi.id/ )
  • Masukkan nama lengkap beserta NIK
  • Klik ‘periksa’
  • Di halaman selanjutnya akan muncul tiket vaksinasi dan status.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button