7 Cara Menjadi Freelance Writer Pemula yang Sukses dan Profesional

Teknatekno.com – Apakah kamu pernah mendengar pekerjaan Penulis Lepas? atau bisa disebut Freelance Writer. Menjadi Freelance Writer adalah pekerjaan yang paling umum saat ini. Mereka yang lebih menyukai pekerjaan yang fleksibel, yang bisa bekerja dari rumah atau pindah-pindah.

Kamu tidak perlu khawatir dengan jumlah uang yang kamu hasilkan karena, jika kemampuan menulis dan bahasa Inggris kamu bagus, kamu mungkin bisa mendapatkan uang dalam dolar yang bernilai besar jika dikonversi ke rupiah.

Mengenal Profesi Freelance Writter

Freelance Writter adalah orang yang memberikan layanan penulisan mandiri atau independen kepada beberapa klien dan diberi kompensasi per proyek penulisan.

Konten yang dibuat dan dikembangkan oleh Freelance writter ini jenisnya berbeda-beda. Berikut adalah berbagai jenis penulis lepas yang harus kamu ketahui.

Mengenal Apa itu Freelance Writer dan Jenis-Jenisnya

Technical Writter

Technical writter adalah penulis yang terbiasa menulis konten untuk buku pegangan tentang cara mengoperasikan perangkat keras, perangkat lunak, dan barang elektronik.

Mereka umumnya akan menjelaskan banyak tentang deskripsi produk, proses penggunaan, dan terminologi umum yang termasuk dalam perangkat yang digunakan dalam genre penulisan ini.

Ghostwriter

Ghoswriter adalah seseorang yang menulis untuk orang lain sambil tetap anonim sehingga orang lain dapat mengambil kredit untuk pekerjaan mereka.

Isi artikel, blog, dan novel biasanya ditangani oleh ghostwriter ini. Beberapa seniman atau individu terkenal kadang-kadang dapat menggunakan penulis bayangan untuk menulis memoar mereka.

Web Content Writer

Jenis penulis lepas terakhir yang harus diperhatikan adalah penulis konten web. Mereka biasanya menulis konten untuk situs web perusahaan, blog, dan akun media sosial.

Tujuan perusahaan mempekerjakan seorang penulis konten adalah untuk menghasilkan lalu lintas ke situs atau untuk membuat pengunjung tertarik untuk membeli barang-barang dari situs.

Seorang penulis konten harus memiliki pengetahuan tentang seo, atau optimasi mesin pencari, selain bisa menulis.

Skill Content Writer

Berikut jenis keahlian konten atau Skill Content Writer dalam Freelance Writer

Copywriter mungkin kata copywriter sudah dikenal oleh para penulis digital tertentu. Mereka sebagian besar akan mengerjakan konten komersial, seperti iklan, yang nantinya akan diunggah di situs web atau platform media sosial.

Tulisan copywriter harus meyakinkan pengguna untuk membuat produk. Untuk menjadi seorang copywriter, kamu harus kreatif, ingin tahu, dan memahami pengalaman pengguna, di antara keterampilan lainnya.

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Freelance Writer

Bussines writer ini adalah jenis penulis lepas yang menulis antara lain pamflet, proposal bisnis, artikel, laporan, dan kertas putih.

Wartawan lepas, perusahaan media seringkali menginginkan jurnalis lepas untuk terus mendapatkan informasi dari lapangan. Media merasa sulit untuk mengumpulkan informasi. Akibatnya, wartawan lepas atau kontributor diharuskan membantu pelaporan.

Skill Set Menjadi Freelance Writer

Dalam hal keterampilan yang harus dimiliki penulis lepas, mereka harus dapat:

Mengedit, keterampilan menulis mengedit juga cukup penting, meskipun keterampilan menulis adalah yang paling penting. Untuk mengembangkan keterampilan mereka, penulis lepas yang sukses dapat menulis dan mengedit secara efektif.

Menulis SEO, keterampilan menulis artikel yang SEO friendly sangat diharapkan dari penulis lepas. Menulis artikel dengan kata kunci tertentu, mengoptimalkan artikel melalui proses update dengan menyertakan backlink, internal link, dan lain sebagainya adalah bagian dari prosedur seo.

Pemasaran digital, pemasaran digital berkisar dari pemasaran media sosial hingga pemasaran bayar per klik, adwords, dan iklan bergambar.

Manajemen Waktu,salah satu soft skill yang dibutuhkan penulis lepas adalah manajemen waktu, terutama jika mereka memiliki beberapa klien atau melakukan ini sebagai karir sampingan.

Tentu saja, kamu harus strategis dalam manajemen waktu kamu agar pekerjaan reguler dan pekerjaan lepas kamu tetap berfungsi dengan baik.

Peluang Karir Menjadi Freelance Writer

Saat ini, Freelance writer adalah salah satu pilihan pekerjaan paling populer, dan akan memiliki lebih banyak peluang dan seterusnya. Persyaratan merek untuk penulisan konten dan pemasaran untuk mengomunikasikan nilai, visi, dan tujuan perusahaan kepada audiens mendukung hal ini.

Penulisan dan konten berkualitas digunakan oleh perusahaan untuk menarik konsumen baru, meningkatkan prospek, dan mengubahnya menjadi penjualan.

Freelance writter harus terus belajar dan memperbarui keterampilan mereka agar tetap relevan di lapangan. Analisis bakat dan kekurangan kamu, lalu mulailah menulis, menyusun portofolio, dan membagikan apa yang telah kamu pelajari.

Tips Cara Menjadi Freelance Writer Pemula dengan Banyak Proyek

Tips Cara Menjadi Freelance Writer Pemula dengan Banyak Proyek

Jika kamu lebih yakin ingin menjadi Freelance writter, berikut adalah beberapa cara untuk menjadi Freelance Writer:

1. Siapkan Portofolio Tulisan Kamu

Sebagian besar perusahaan akan merekrut penulis lepas berdasarkan pengalaman atau keterampilan mereka. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyiapkan portofolio tulisan terbaik kamu sehingga mereka dapat melihat contoh tulisan kamu sebelumnya.

2. Penguasaan Tata Bahasa

Langkah selanjutnya untuk menjadi penulis lepas adalah mempelajari kebiasaan menulis dengan tata bahasa, tanda baca, dan keterampilan menulis bahasa Inggris yang tepat.

kamu juga harus nyaman menggunakan tambahan alat tulis, seperti Grammarly untuk mengedit teks, Canva untuk menulis grafik dan tipografi, Google Docs untuk menulis makalah, dan sebagainya.

3. Memulai Sebuah Blog

Jika kamu memiliki pengalaman di industri lain, seperti memasak, pendidikan anak, atau aplikasi kosmetik, kamu dapat memulai blog di bidang itu.

Mengelola blog kamu sendiri mungkin merupakan kegiatan menulis yang menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan menulis kamu, mengembangkan gaya kamu, dan tumbuh sebagai penulis.

Ini juga dapat membantu kamu menunjukkan keberadaan online kamu dan meminimalkan waktu yang diperlukan agar profil kamu muncul di situs pencarian, sehingga memudahkan calon pelanggan untuk menemukan kamu.

4. Tingkatkan Manajemen Waktu

Sesuai permintaan pelanggan, setiap karya tulis memiliki batasan waktu. Mereka mungkin hanya menugaskan satu bulan untuk menulis sebuah artikel singkat.

Pelanggan lain, di sisi lain, hanya memberinya waktu tiga hari untuk menyelesaikan 2.000 kata. Alhasil, sebagai penulis lepas, kamu harus bisa mengatur waktu secara efektif.

kamu dapat memperkirakan berapa banyak pekerjaan yang dapat kamu ambil dan berapa banyak yang harus kamu tolak untuk menyelesaikan semua komitmen kamu tepat waktu.

Cara Menjadi Freelance Writer Pemula

5. Karakteristik Unik Freelance Writer

Saat pertama kali mulai menulis untuk sebuah karya, pengetahuan kamu masih cukup luas. Namun, seiring waktu, kamu akan dapat memahami dan menguasai hal-hal yang paling kamu sukai.

Misalnya, kamu ingin menulis tentang topik otomotif atau kuliner. Ketika kamu berspesialisasi dalam genre tertentu, kamu mendapatkan nilai lebih karena kamu dapat memberikan rekomendasi terbaik kepada pembaca.

6. Meningkatkan Jumlah Tautan dan Jaringan

Pekerjaan kamu sebagai penulis lepas akan lebih mudah jika kamu memiliki kontak dan jaringan.

kamu akan memiliki kesempatan untuk menunjukkan keahlian kamu dan meningkatkan peluang kamu untuk terlibat dalam berbagai proyek atau posisi jika kamu dapat terhubung dengan agensi, firma, atau komunitas penulis.

Akibatnya, kamu harus mempertimbangkan cara menjual dan memproyeksikan diri kamu di portal pekerjaan yang berbeda, terutama di situs seperti LinkedIn.

7. Lamaran Kerja Menjadi Freelance Writer

Jika kamu siap bekerja menjadi Freelance Writer, ada pekerjaan situs freelance lokal dan internasional yang bisa kamu pilih.

Seorang penulis lepas membutuhkan pengalaman selain tujuh prinsip yang tercantum di atas. Oleh karena itu, lebih baik memaksimalkan potensi kamu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang copywriting, lihat video di bawah ini. Saya tidak sabar untuk terus mempelajari semua yang perlu diketahui!

Kesimpulan

Freelancing adalah salah satu pekerjaan sampingan yang paling populer saat ini. Jika kemampuan menulis dan bahasa Inggris kamu bagus, kamu bisa mendapatkan penghasilan dalam bentuk dollar dengan nilai yang fantastis jika dikonversikan ke dalam rupiah.

Kenali tipe-tipe Freelance Writer yang perlu kamu ketahui. Freelance Writer adalah salah satu pilihan karir paling populer saat ini, dengan peluang yang lebih besar ditahun sebelumnya

Keterampilan penting yang harus dimiliki penulis lepas adalah keterampilan menulis dan mengedit pemasaran digital, termasuk keahlian di media sosial, pemasaran bayar per klik, adwords hingga iklan bergambar, kamu juga bisa mencari rekomendasi ide di aplikasi membaca novel terbaik

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like