Apa itu Scalping? Pengertian, Cara Kerja Serta Analisis Pasar

Teknatekno.com – Sebenarnya apa itu scalping? Ketika berbicara tentang investasi, tidak pernah ada kekurangan topik untuk dibicarakan. Perdagangan saham sebagai instrumen investasi tidak dapat dipisahkan dari objeknya.

Berbicara tentang perdagangan saham, diketahui bahwa ada banyak strategi yang diterapkan dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan.

Setiap trader saham memiliki kebijaksanaan dan kebijakan masing-masing dalam menerapkan strategi trading. Akibatnya, strategi yang digunakan oleh satu pedagang saham mungkin berbeda dari yang lain.

Namun, idenya tetap sama, yaitu mencapai tingkat keuntungan yang diproyeksikan. Salah satu strategi perdagangan saham yang banyak digunakan adalah scalping, dimana pelaku dari strategi ini disebut scalper. Lalu, apa itu scalping? Dan bagaimana cara kerjanya? Berikut penjelasannya.

Apa itu Scalping?

Alih-alih berfokus pada memaksimalkan keuntungan pada setiap perdagangan, scalping adalah strategi trading jangka pendek yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari volume transaksi yang dibuat daripada perdagangan individu itu sendiri.

Perdagangan saham adalah di mana strategi scalping paling umum digunakan, dan ini mencerminkan pendekatan perdagangan jangka pendek. Dengan demikian, pasar dipenuhi oleh para pedagang yang berusaha mendapatkan sedikit keuntungan dari produk yang ditawarkannya.

Strategi scalping juga dikenal sebagai teknik perdagangan hari, khususnya teknik perdagangan hari ketika investor membeli dan menjual ekuitas individu berkali-kali di hari yang sama.

Pada kenyataannya, scalping bukanlah pendekatan atau strategi trading baru, tetapi salah satu yang telah digunakan selama beberapa waktu. Karena keuntungan harian dalam saham atau sektor, strategi ini semakin populer.

Scalper mengacu pada pedagang atau pedagang yang menggunakan strategi scalping. Scalper dapat berdagang di mana saja tanpa batas volume perdagangan dalam satu hari.

Mereka biasanya berusaha untuk membuat keuntungan kecil pada setiap perdagangan. Oleh karena itu, strategi scalping cenderung minim risiko dibandingkan strategi trading lainnya.

Cara Kerja Scalping

Scalping bekerja dengan cara yang sama seperti strategi trading saham lainnya: pedagang menjual saat harga tinggi dan membeli saat harga rendah.

Namun, strategi scalping tidak sesederhana itu, karena strategi ini melibatkan perhatian yang tinggi dalam mengamati pergerakan grafik sekecil apa pun dan reaksi cepat agar dapat membuka dan menutup posisi saat perdagangan bergerak sesuai keinginan atau bahkan bergeser ke arah sebaliknya.

Dalam perdagangan saham, volatilitas harga saham tidak dapat dihindari. Akibatnya, calo harus memperhatikan setiap fluktuasi untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk menjual dan kapan harus membeli.

Strategi scalping dalam praktiknya terutama difokuskan pada pencapaian tujuan dengan jumlah keuntungan yang relatif kecil dalam waktu yang lebih singkat. Karena penilaian harus dibuat dalam rentang lima menit hingga satu jam, scalping memerlukan kemampuan intelektual yang kurang umum dalam strategi lain.

Akibatnya, istilah “scalping” mengacu pada perdagangan pendek dan cepat. Saat kami mengatakan “cepat”, kami mengacu pada seberapa cepat order dibuka dan ditutup. Sedangkan istilah “short” digunakan untuk menggambarkan kisaran posisi pembukaan saat ini.

Ketika pada posisi awal Anda telah menghasilkan keuntungan, maka sebisa mungkin untuk menutupnya segera, tanpa menunggu pergerakan di masa depan. Intinya, calo membuka perdagangan dengan intensitas reguler, tidak mengejar banyak pendapatan dalam satu pembukaan perdagangan.

Pages: 1 2

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like