Cara Analisis Teknikal Crypto yang Mudah untuk Pemula

Hal lain yang juga dapat diprediksi jika sumbu di atas diperpanjang adalah informasi mengenai harga cryptocurrency pada hari itu cenderung mahal.

Seiring dengan ketersediaan informasi ini, banyak pedagang akan dapat menjual kepemilikan cryptocurrency mereka pada hari yang bersangkutan, menurunkan harga keseluruhan. Mengamati grafik candlestick membantu kamu membuat keputusan untuk menjual atau membeli cryptocurrency.

Jika kamu masih belum faham tentang candlestick, kamu bisa mempelajari lebih dalam tentang pola candlestick dan jenis-jenis candlestick terlebih dahulu.

2. Pilih Time Frame

Informasi yang ditunjukkan oleh grafik atau trend sangat erat kaitannya dengan waktu pergerakan suatu harga. Selang waktu tentu saja akan memberikan hasil yang berbeda. Jangan sampai time frame yang salah membawa kamu pada kerugian. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut kamu harus memperhatikan time frame.

Saat mempelajari cara memperdagangkan mata uang kripto, sangat penting bagi pedagang baru untuk memahami dasar-dasar pasar dan berbagai kerangka waktu yang tersedia bagi mereka. Kerangka waktu antar pedagang cenderung bervariasi dari satu pedagang ke pedagang lainnya.

Beberapa pilihan secara umum untuk pilihan time frame adalah selama 15 menit, satu jam, empat jam, mingguan bahkan bulanan. Tergantung pada gaya trading kamu, kamu mungkin ingin menggunakan kerangka waktu yang berbeda. Dalam kebanyakan kasus, satu jam setara dengan satu candlestick.

Kerangka waktu harian adalah pilihan paling umum untuk pedagang harian, yang menggunakannya untuk melacak perubahan harga mata uang kripto selama satu hari. Swing Trader akan menggunakan kerangka waktu harian, mingguan, dan bahkan bulanan.

Scalper Trader adalah trader dengan time frame terpendek yang digunakan untuk menganalisa cryptocurrency, pada umumnya mereka menggunakan time frame 1 menit hingga 30 menit.

Menentukan time frame biasanya dapat dilakukan dengan menentukan rasio 1:1 atau 1:3. Jika kamu memilih 1:1, ini berarti ketika kamu menentukan untuk memperdagangkan waktu yang kamu sisihkan selama 15 menit, maka kamu juga menganalisis grafik candlestick dari setidaknya 15 menit ke belakang.

Jika kamu memilih untuk menggunakan rasio 1:3, ini berarti bahwa ketika kamu meninggalkan waktu untuk berdagang selama 1 jam, maka data yang kamu analisis setidaknya 3 jam ke belakang.

Apakah kamu seorang pedagang jangka pendek atau jangka panjang akan tercermin dalam pilihan kerangka waktu kamu. Sebagai pemula di dunia cryptocurrency, sangat penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep kerangka waktu untuk menentukan strategi perdagangan yang efektif.

3. Kapan Sebaiknya Jual atau Beli Cryptocurrency

Setelah informasi yang kamu dapatkan dengan membaca grafik candlestick, langkah selanjutnya adalah mengambil keputusan untuk menjual atau membeli. Keputusan seperti ini terkadang membuat para trader ragu untuk waktu yang lama.

Untuk mendapatkan kesepakatan terbaik pada mata uang kripto, kamu harus membeli pada harga pasar saat ini atau sesuai dengan kerangka waktu yang kamu pilih. Kemudian untuk memilih saat terbaik untuk menjual adalah saat harga mencapai di atas garis yang terbentuk dari harga saat ini atau pada saat observasi.

Itulah beberapa hal yang harus dipahami dan dilakukan trader pemula dalam analisa teknikal. Mengembangkan strategi trading cryptocurrency yang sukses dimulai dengan memahami dasar-dasarnya, yang diikuti dengan menerapkan dunia baru kamu ke dalam tindakan.

Dengan demikian kamu akan menjadi seorang trader yang ahli dalam menentukan strategi dan keputusan dalam berinvestasi di cryptocurrency.

Kesimpulan

Analisis teknikal crypto merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk memprediksi pergerakan harga crypto. Dalam jenis analisis ini, harga atau data historis pada grafik atau grafik harga diprioritaskan untuk dideteksi.

Dasar-dasar analisis teknis pertama-tama harus dipahami untuk menyusun strategi perdagangan yang efektif.  Analisis teknikal adalah cara termudah yang dapat dilakukan oleh seorang trader atau investor, baik ahli maupun pemula.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like