Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Windows 8

Teknatekno.com – Meski bukan komponen utama, namun kehadiran aplikasi kamera atau webcam tak lepas dari sebuah laptop. Webcam dengan berbagai resolusi dan fitur kini tersedia di hampir semua windows 8.

Kamera pada laptop sendiri memiliki berbagai fungsi, bisa untuk foto atau untuk merekam video. Panggilan video melalui layanan seperti Skype, Zoom, dan Google Meet juga biasa dilakukan menggunakan kamera.

Setiap laptop biasanya dilengkapi dengan aplikasi kamera bawaan. Namun sayangnya aplikasi kamera untuk laptop terkadang hanya memiliki beberapa fitur saja. Selain itu, gambar dan video yang diambilnya memiliki kualitas di bawah standar.

Nah, kali ini Teknatekno akan mengulas daftar aplikasi kamera atau webcam yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan aplikasi bawaan. Berbagai aplikasi tersebut dapat kamu unduh dan gunakan secara gratis, salah satunya pada OS Windows 8.

10 Aplikasi Kamera Webcam Terbaik untuk Laptop

Berikut rekomendasi aplikasi kamera dari kami yang bisa kamu unduh untuk Windows 8 kamu:

1. YouCam

Jika kamu mencari aplikasi kamera untuk PC atau laptop kamu, kami menyarankan YouCam sebagai opsi. Aplikasi yang dapat bekerja pada sistem operasi Windows ini cukup menarik dimana kamu dapat menggunakan sekitar 200 efek untuk mendapatkan bidikan yang unik.

Memang benar bahwa YouCam hadir dengan serangkaian fitur yang berguna untuk membuat hidup sedikit lebih mudah bagi penggunanya. Misalnya ada fitur HDR dan panorama yang bisa menghasilkan gambar lebih bagus. Selain untuk selfie, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam video.

Kekurangannya, aplikasi ini membutuhkan laptop atau PC yang cukup berat, minimal harus menggunakan Intel Core i5 atau setara, menggunakan RAM 4 GB, dan juga Windows 8 ke atas.

Aplikasi YouCam cukup murah hati karena menawarkan versi uji coba gratis sebelum kamu membelinya. Jika kamu menyukainya setelah uji coba gratis, kamu dapat membelinya seharga $ 34,99.

Link download aplikasi YouCam : https://filehippo.com/download_cyberlink-youcam/

2. Windows Camera

Windows Camera, aplikasi Microsoft, adalah pilihan yang baik untuk pengguna Mac. Dengan aplikasi yang satu ini, kamu bisa memotret dengan mudah dan sederhana. Alasan untuk ini adalah bahwa antarmuka pengguna Windows Camera jauh lebih mudah daripada aplikasi pesaing.

Selain itu, ada banyak efek menyenangkan yang tersedia di Windows Camera yang dapat menyempurnakan foto kamu. Bahkan, kamu juga bisa memilih rasio 16:9 atau 4:3 untuk foto.

Oh ya, aplikasi ini juga bisa merekam video lho. Karena ini adalah aplikasi resmi dari Microsoft, aplikasi ini gratis untuk digunakan, tetapi hanya tersedia di Windows 10.

Link download aplikasi Windows Camera : https://www.microsoft.com/en-in/p/windows-camera/9wzdncrfjbbg?activetab=pivot:overviewtab

3. Logitech Capture

Ingin merekam dengan lebih dari satu webcam? Kamu bisa menggunakan Logitech Capture! Tapi tunggu dulu, apa sih keuntungan merekam dari dua webcam? Kamu bisa melakukan review suatu produk sekaligus menunjukkan wajah dan produk tersebut misalnya, atau kamu bisa melakukan tutorial sambil melakukan review.

Fitur multi-source ini juga berlaku tidak hanya untuk webcam tetapi juga untuk menampilkan windows di PC, semacam screencasting. Perlu juga dicatat bahwa kamu memiliki kendali penuh atas lingkungan, memberikan kesan bahwa kamu berada di studio rekaman.

Logitech Capture memungkinkan kamu melakukan semuanya, berupa menyesuaikan kecerahan, menerapkan filter, menambahkan tanda air, dan menambahkan hamparan teks.

Selain itu, aspek rasionya tidak hanya landscape tapi juga bisa portrait (9:16), cocok untuk kamu yang suka memposting cerita secara profesional.

Hanya ada beberapa model webcam yang didukung oleh aplikasi ini, antara lain C920 HD PRO, C920s HD PRO, 1080P PRO STREAM, C922 PRO STREAM, C922X PRO STREAM, STREAMCAM, STREAMCAM PLUS, BRIO 4K PRO, BRIO STREAM, dan C930e.

Link download aplikasi Logitech Capture : https://www.logitech.com/en-us/software/capture.html

4. ManyCam

Sebaiknya unduh ManyCam jika kamu mencari aplikasi kamera PC dengan banyak stiker dan efek. Aplikasi yang berguna ini memungkinkan kamu mengedit dan menambahkan berbagai macam stiker ke foto kamu.

Dengan aplikasi ManyCam, kamu dapat merekam video selain foto. Tak tanggung-tanggung, pengguna bisa merekam video dengan berbagai resolusi, 240p, 480p, HD, Full HD, dan masih banyak pilihan lainnya.

Aplikasi ini tampaknya cukup intensif sumber daya. Seperti yang diharapkan, mengingat luasnya kemampuannya. Setidaknya disarankan untuk menggunakan Intel Core i5 (coba generasi ke-6 atau lebih untuk fitur Virtual Background), juga menggunakan VGA tambahan.

Aplikasi ini tersedia untuk Windows 10, macOS, dan bahkan Android dan iOS. Jadi, apakah kamu masih ragu untuk mencoba ManyCam?

Link download aplikasi ManyCam : https://manycam.com/download/

5. Debut Video Capture

Debut Video Capture adalah aplikasi kamera laptop berikutnya. Software ini dapat merekam video melalui webcam laptop, webcam eksternal, atau merekam layar desktop. Rekaman kemudian akan disimpan dalam AVI, WMV, dan format lainnya.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Debut Video Capture juga dapat menjadwalkan perekaman video pada waktu-waktu tertentu. Banyak opsi lain, seperti mengubah skema warna atau gaya bingkai, juga tersedia untuk disesuaikan. Menariknya, kamu juga bisa menambahkan filter dan teks pada foto dan video yang kamu ambil.

Selain menyediakan versi gratis, tidak ada salahnya membeli versi berbayar! Biaya versi Home adalah sekitar $20, sedangkan Edisi Pro lebih mahal lagi, yaitu $25 per tahun. Tertarik dengan aplikasi Windows dan Mac OS X ini?

Link download aplikasi Debut Video Capture : https://www.nchsoftware.com/capture/index.html

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

1 2Next page
Back to top button