9 Aplikasi Desain 3D Terbaik untuk Android dan iOS

Teknatekno.com – Saat ini, aplikasi desain 3D Android telah tersedia untuk setiap orang. Terlebih lagi, tidak perlu memiliki komputer dengan model terkini. Memiliki gadget dengan aplikasi khusus sudah cukup.

Dunia yang kita tinggali ini memiliki tiga dimensi. Bukan rahasia lagi bahwa teknologi saat ini telah mengajarkan orang bagaimana membangun lingkungan 3D virtual. Berikut ini beberapa aplikasi desain 3D terbaik untuk Android dan iOS. Simak penjelasannya dibawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Desain 3D Android dan iOS

Aplikasi desain 3D Android dan iOS ini akan beroperasi dengan cara yang hampir sama jika berasal dari pengembang yang sama. Beberapa aplikasi dibawah ini memiliki beragam fitur dan antarmuka karena berasal dari beragam pembuat. Mari kita lihat aplikasi desain 3D yang tercantum di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Desain 3D Terbaik Android

1. AutoCAD – DWG Viewer & Editor

Aplikasi desain 3D Android pertama yang memungkinkan kamu menemukan dunia 3D virtual disebut AutoCAD. Aplikasi ini dianggap sebagai pemimpin di antara aplikasi desain 3D lainnya.

Aplikasi ini terkenal dengan pembuatan model 3D-nya. Dengan demikian, ini akan sangat cocok untuk arsitek, insinyur, profesional konstruksi.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan bisa membuat model tingkat kesulitan apa pun. Kamu juga bisa menggambar atau mengedit bentuk yang tersedia.

Saat membuat model, kamu bisa memindahkan, memutar, dan menskalakan objek. Dijamin kamu akan merasakan kebebasan penuh untuk berkarya.

Untuk kenyamanan kamu, aplikasi ini memiliki fitur seperti Blok. Jadi, kamu bisa menggunakan, memindahkan, dan menduplikasi blok yang sudah ada. Tidak bisa dipungkiri bahwa aplikasi desain 3D ini akan banyak menyederhanakan proses kerja.

Satu lagi fitur yang membuat aplikasi ini luar biasa adalah lapisan. Kamu bisa mengelolanya sesuai keinginan, yaitu membuat yang baru, mengedit warna lapisan, mengunci, mengganti nama, dan menghapus.

Selain itu, jika kamu membuka model dalam format 2D, model tersebut akan tersedia untuk mengukur suatu area pada berbagai parameter.

Hal lain yang pasti kamu sukai adalah aplikasi ini bisa disinkronkan dengan AutoCAD LT di laptop atau PC kamu. Jadi kamu akan selalu memiliki akses ke seluruh informasi dan perubahan dari perangkat kamu begitupun sebaliknya.

2. 3DC.io – Education

Aplikasi 3DC.io – Education ini akan sangat ideal untuk pemula dalam pemodelan 3D dan bahkan untuk anak-anak. Selain itu, bahkan direkomendasikan untuk digunakan di sekolah-sekolah dalam proses pendidikan.

Meskipun antarmuka pengguna tidak rumit sama sekali, alat ini mampu membuat model yang paling sulit sekalipun.

Dengan begitu, kamu akan memiliki akses ke lusinan bentuk dasar (kubus, bola, silinder, kerucut, dan banyak lagi) yang siap dimodifikasi, dipindahkan, diputar, aktif atau tidak aktif. Seiring berjalannya waktu, kamu akan menambahkan lebih banyak detail ke model 3D kamu.

Hanya dengan menggunakan jari, akan sangat mudah untuk memutar kamera untuk melihat model kamu. Untuk memperbesar atau memperkecil, kamu hanya perlu mengatur jarak antara dua jari.

Aplikasi Desain 3D Terbaik untuk Android dan iOS

3. Prisma3D – Pemodelan 3D, Animasi, Rendering

Prisma3D adalah aplikasi desain 3D Android dan iOS yang banyak dipuji oleh seluruh komunitas Google Play. Aplikasi ini adalah alat yang sangat baik untuk membangun model 3D.

Akan ada lusinan tindakan yang tersedia untuk dilakukan dengan objek. Dengan demikian, kamu bisa membuat model tanpa kesulitan. Selain itu, aplikasi ini mampu mengubah warna dan bahkan tekstur objek.

Selain fungsi desain 3D standar, aplikasi ini memiliki sejumlah fitur unik yang tidak terlihat di aplikasi serupa lainnya.

Yang pertama fitur Animasi Objek, yang bisa diakses untuk mengatur dan menghapus keyframe untuk objek apapun. Animasi akan memiliki kualitas tertinggi berkat Smooth Keyframe Interpolation, yang didukung aplikasi.

Sedangkan untuk fitur Rendering bisa diakses untuk merekam proses produksi model 3D secara lengkap. Kamu pasti akan menyukai Fast Rendering yang akan membuat video kamu semakin menarik.

Sedangkan untuk kualitas video akan tersedia berbagai resolusi hingga 4K. Setelah itu, kamu bisa mengekspor video kamu ke MP4 secara instan. Atau, kamu bisa menyimpan video ke Cameraroll dan membagikannya melalui media sosial.

4. Sketch 3D

Pengguna aplikasi desain 3D Sketch 3D Android dan iOS siapa pun bisa membuat model 3D, termasuk yang rumit, dengan cara yang alami. Kamu bisa dengan cepat membuat burung, hewan, manusia, dll.

Gunakan warna dan bentuk dasar, bahkan jika Anda bukan ahlinya. Pembuat aplikasi merekomendasikannya sebagai alat pengajaran yang berguna bagi siswa dan instruktur yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemodelan tiga dimensi. Aplikasi ini kompatibel dengan perangkat seluler Android dan iPhone.

5. eDrawings

Dengan menggunakan aplikasi desain 3D android dan iOS ini, kamu bisa membuat model 3D untuk referensi stkamur serta untuk Augmented Reality.

Kamu bisa melihat model yang kamu buat di bagian AR dan terlihat seperti di dunia nyata. Selain itu, kamu juga bisa memilih tempat menyimpan model 3D dan file CAD berupa Google Drive, OneDrive, dll.

6. AB3D

AB3D adalah aplikasi desain 3D Android dan iOs paling mudah dan ringan dari AD3DLab. Aplikasi ni terutama berfokus pada pemula yang suka membuat model dan patung 3D untuk dicetak 3D.

Ada “tampilan kubus” yang membantu dalam mempelajari bagaimana model tiga dimensi ada. Aplikasi ini tersedia di platform Android dan iOS.

Daftar Aplikasi Desain 3D Terbaik di Android dan iOS

7. Pemodelan 3D Qubism

Pemodelan 3D Qubism Satu lagi aplikasi desain 3D kreatif disebut pemodelan 3D Qubism. Ini dinilai sangat luar biasa. Alasannya adalah fitur yang membedakannya. Masalahnya adalah desain kamu akan didasarkan pada blok konstruksi digital yang disebut ‘qubes’.

Kamu juga bisa menggunakan Bentuk Lereng dan Bentuk Lengkung. Bagaimanapun, desainnya akan luar biasa. Seperti dalam aplikasi biasa semacam itu, kamu akan bisa melakukan apa pun dengan objek yang kamu inginkan: bergerak, meregang, kemiringan, bentuk, putar, dan warna.

8. Gravity Sketch

Apa yang membuat aplikasi Gravity Sketch cukup istimewa? Yang pertama, aplikasi ini akan memberi kamu alat paling mutakhir untuk digunakan. Dengan demikian, kamu bisa membuat model 3D apa pun yang kamu inginkan.

Setelah itu akan ada 3 cara untuk penggunaan selanjutnya. Pertama, kamu bisa membagikan gambar model 3D kamu melalui media sosial dari aplikasi secara langsung.

Kedua, itu akan tersedia untuk mengekspor file dalam format .obj untuk digunakan di aplikasi lain dengan alat yang lebih canggih. Terakhir, hal yang paling menarik adalah kamu bisa mencetak model 3D kamu. Dengan mengetuk hanya satu tombol, kamu akan langsung mengirim sketsa kamu ke printer 3D.

9. Putty 3D

Aplikasi desain 3D Android terakhir adalah Putty 3D. Dengan menggunakannya, kamu akan merasakan diri kamu sebagai pematung profesional.

Seperti biasa, kamu bisa membuat model 3D dengan alat bawaan aplikasi. ‘Sculpting’ akan sangat sensitif, jadi kamu akan mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Fitur pembeda utama adalah akan tersedia untuk memilih di antara berbagai bahan seperti Plastik, Keramik, Emas, dll.

Setelah selesai membuat, kamu akan bisa mengambil beberapa foto dan video model kamu dalam resolusi tinggi. Sebagai alternatif, model 3D kamu bisa diekspor dalam format OBJ atau STL untuk digunakan lebih lanjut dalam perangkat lunak serupa atau bahkan untuk pencetakan 3D.

Kesimpulan

Aplikasi desain 3D Android dan iOS yang disebutkan di atas berisi fitur luar biasa untuk pemodelan yang sedang kamu kerjakan, atau untuk sekedar belajar desain. Tinggal kamu sesuaikan dengan gaya, fitur dan kerumitan antar muka yang kamu sukai.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi desain 3D untuk PC dan Laptop bagi kamu yang terbiasa membuat medel 3D di komputer. Selamat berkarya!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like