10 Aplikasi Desain Rumah 3D PC Terbaik dan Terpopuler

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Apakah kamu sedang mencari aplikasi desain rumah 3D PC yang gratis dan terbaik? Silahkan simak daftarnya dalam artikel berikut ini.

Dahulu, untuk membuat desain rumah atau sebuah bangunan, para arsitek menggambar desainnya secara manual di atas sebuah kertas. Hal tersebut saja akan memakan waktu yang cukup lama dan sang arsitek juga dituntut untuk memiliki ketelitian yang sangat tinggi.

Seiring berkembangnya zaman, kini membuat desain rumah minimalis, interior rumah, atau gedung dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi khusus. Aplikasi untuk mendesain arsitektur ini mendukung rancangan 2D dan 3D dari berbagai macam konstruksi bangunan.

Selain itu, aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur otomatis yang mempermudah penggunanya dalam mendesain bangunan. Dengan kemudahannya tersebut, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pemula yang sedang belajar dunia arsitektur.

Aplikasi Desain Rumah 3D PC Gratis

Nah, bagi Teknozen yang berada di bidang arsitektur atau ingin belajar desain, berikut aplikasi desain rumah 3D PC terbaik yang Teknatekno sarankan untuk kamu. Berbagai aplikasi ini bisa dijalankan secara offline di perangkat PC kamu lho.

1. Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10

Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10 adalah aplikasi yang serba lengkap, semua fitur-fiturnya sangat cocok untuk digunakan desainer interior pemula ataupun profesional. Dengan ribuan model 3D yang bisa dipilih, kini kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari model 3D di Google.

Tidak hanya bisa membuat ruangan dalam rumah menjadi lebih hidup, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk merancang desain berkamu atau dek.

Hasil render 3D pada software ini juga tidak kaleng-kaleng, kualitas teksturnya begitu tajam dan terlihat seperti aslinya. Sisi antarmuka yang menggunakan jendela wizard sungguh memudahkan navigasi bagi yang tidak terbiasa pakai software editing.

Oleh karena itu, wajar saja jika aplikasi ini memiliki kebutuhan spek PC yang tinggi. Setidaknya kamu harus memanfaatkan VGA dedicated dengan RAM 2 GB.

Lebih besar pastinya lebih bagus, karena akan meningkatkan kecepatan dan kualitas hasil rendering model 3D. Jangan lupa untuk pastikan RAM kamu sudah berkapasitas 8 GB, walaupun 4 GB masih terbilang cukup.

Terakhir, aplikasi ini kompatibel dengan platform Windows 7, 8, dan 10 pada arsitektur 64-bit. Sedangkan untuk kapasitas HDD dibutuhkan minimal 10 GB.

Aplikasi Desain Rumah 3D PC Terbaik dan Terpopuler

2. RoomSketcher Pro

RoomSketcher sebenarnya merupakan aplikasi desain rumah 3D PC yang gratis namun menawarkan beberapa paket berbayar. Salah satunya adalah versi Pro yang menyuguhkan semua fitur-fitur VIP ditambah beberapa fitur tambahan.

Versi Pro ini memungkinkan kamu untuk melabeli floor plan dengan nama brand, khusus bagi kamu yang mewakili sebuah perusahaan.

Versi Pro juga punya kustomasi denah 3D yang lebih memukau, serta memungkinkan penggunanya untuk melihat hasil rancangan denah secara 360 derajat.

Fitur eksklusif lainnya juga masih banyak, seperti melakukan kalkulasi pada total area dan pengukuran denah. Aplikasi ini bisa dimiliki dengan membayarkan Rp 1.543.012 per tahunnya, tersedia untuk platform Windows, Mac, serta tablet Android an iOS.

3. Chief Architect Premier

Terkadang sulit bagi arsitek untuk mengkomunikasikan proyek dengan klien, oleh sebab itu Chief Architect Premier hadir sebagai solusi penggambaran desian rumah, lengkap dengan informasi ukuran yang detil serta ilustrasi 3D yang bisa muncul secara otomatis.

Aplikasi ini juga cukup ringan, hanya menggunakan sisa kapasitas 5 GB pada HDD atau SSD kamu. Selain itu, Chief Architect Premier juga tersedia untuk Windows 64 bit (7, 8, dan 10) dan juga MacOS (Catalina, Mojave, Big Sur). Pastikan laptop atau PC kamu memiliki RAM 4 GB dan VGA dengan VRAM 1 GB, ya!

Sayangnya, Chief Archiect Premier memiliki harga yang mahal. Kamu bisa membelinya seharga Rp 42.004.233 atau menyewanya seharga Rp 3.101.611 per bulan.

4. TurboFloorPlan Home & Landscape Pro 2019 Mac

Kalau kamu sedang mencari aplikasi desain rumah 3D PC untuk MacBook atau Mac, kamu bisa mengandalkan TurboFloorPlan Home & Landscape Pro 2019. Keunggulan utama yang difokuskan pada aplikasi ini adalah penggunannya yang mudah.

Penemu aplikasi ini menyatakan bahwa meskipun memiliki embel-embel Pro atas namanya, pada kenyataannya, pengguna pemula juga dapat menggunakannya tanpa kemampuan khusus sama sekali.

Untuk dapat menginstalnya pada Mac atau MacBook kamu, pastikan MacBook kamu berada di versi 10,9 ke atas. Aplikasi ini bisa dibeli dengan harga Rp 2.337.742.

5. FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro with Lightworks

Floor Plan 2020 Home & Landscape Pro adalah aplikasi yang berperan sebagai “simulasi” rumah. Dengan aplikasi ini Teknozen tidak perlu bingung membayangkan akan seperti apa hasil desain yang telah kamu buat, karena tersedia fitur 360 degree Online Viewer.

Dengan begitu, kamu bisa menjelajahi isi rumah dan punya gambaran visual yang jelas. Aplikasi ini memang diperuntukkan bagi arsitek profesional, namun bagi kamu yang baru belajar juga bisa nikmati fitur-fiturnya.

Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah 3D Terbaik di PC

Pasalnya, pihak Turbo CAD menyuguhkan antarmuka drag and drop untuk memudahkan penggunaan. Selain itu, ada ratusan video Training Center dan beberapa tips dan drik untuk mengembangkan kemampuan kamu dalam menggunakan aplikasi ini.

Harganya agak tinggi, yaitu di kisaran Rp 3.117.041. Namun dengan berbagai fiturnya yang advanced seperti performa 2D Engine yang tinggi serta kemampuan export dan import dalam format DWG dan DXF, aplikasi ini cukup worth it dan sayang untuk dilewatkan.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi desain rumah 3D PC ini, pastikan laptop kamu memiliki kartu VGA khusus dengan VRAM minimal 64 MB.

Sedangkan untuk CPU-nya, bebas pakai apa saja asalkan di atas 1 GHz dan berjalan pada arsitektur 64 bit. Oh iya, aplikasi ini juga khusus untuk beberapa versi Windows terbaru seperti 7, 8, dan 10.

6. SketchUp Pro

Kalau kamu ingin lebih bebas mendesain dari mana saja, mengapa tidak gunakan SketchUp Pro? Aplikasi ini memiliki fitur yang dinamakan web-based 3D Modelling, sehingga kamu bisa melakukan desain rumah secara 3D melalui browser.

Selain itu, SketchUp Pro juga cocok bila kamu membutuhkan saran dalam penataan ruang, karena fitur PreDesign akan memberikan rekomendasi desain berdasarkan tipe bangunan dan cuaca.

SketchUp Pro juga menyertakan dukungan untuk berbagai jenis file, misalnya, bisa mengimpor file dari Photoshop, JPG, PNG, file PDF, dan banyak lagi. Kamu bisa menggunakan software canggih ini dengan berlangganan Rp 4.660.209 per tahun.

SketchUp Pro tersedia untuk sistem operasi Windows 10 dan MacOS (Big Sur, Catalina, Mojave). Untuk pengguna Windows, usahakan untuk memiliki VGA discrete (bukan onboard) dengan memori 1 GB.

Lalu pastikan hardisk laptop punya sisa 700 MB untuk menampung program. Oh iya, pihak pengembang juga menyarankan kamu punya CPU 2 GHz dan RAM minimal 4 GB.

7. Lands Design

Kalau kamu sedang bosan membangun desain rumah, sesekali cobalah mendesain rancang bangun lanskap dengan menggunakan Lands Design. Segala bentuk gambar bangunan 2D maupun 3D dapat dihasilkan dengan menggunakan beragam tool di aplikasi ini.

Faktanya, aplikasi Lands Design lebih cocok untuk menciptakan ruang hijau seperti taman, karena menawarkan lebih dari 1800 spesies model tanaman yang bisa dikustomasi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan beragam pengaturan pada terrain alias medan tanah.

Kalau kamu masih pelajar atau mahasiswa, bisa lho mendapatkan software ini dengan harga yang lebih terjangkau. Ya, hanya perlu membayarkan Rp 1.480.668 untuk dapat Student License baik itu untuk aplikasi Rhino maupun AutoCAD. Sedangkan untuk beli Commercial License, lisensi ini bisa didapatkan seharga Rp 12.390.859.

Untuk system requirement-nya, Lands Design dapat dijalankan pada laptop yang sudah memiliki AutoCAD 2015 ke atas atau Rhino 6 ke atas. Sementara untuk sistem operasinya, aplikasi ini mendukung Windows 7 SP1, 8.1, dan 10.

Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah 3D PC

8. Home Designer Pro

Tidak masalah jika kamu bukan seorang profesional di bidang desain interior atau arsitektur. Berkat Home Designer Pro, kamu tetap bisa mendesain secara profesional.

Kamu akan merasa seperti seorang arsitek profesional dengan semua fitur-fiturnya. Selain itu, karena diperuntukkan bagi non-profesional, maka navigasi serta cara pengoperasiannya pun akan terasa begitu mudah.

Baik itu mendesain rumah, melakukan remodeling, renovasi, dan menghitung perkiraan biaya, Home Design Pro hadir untuk menyelesaikan permasalahan kamu seputar membangun rumah.

Kamu bisa membelinya untuk Windows (7, 8, 10) atau Mac (Big Sur, Catalina, Mojave) seharga Rp 7.715.063, atau bisa juga menyewa produk ini seharga Rp 919.573 per bulan.

Sebelum instal, diperlukan setidaknya ruang sebesar 5 GB di HDD serta VGA bermemori 1 GB yang mendukung OpenGL 3.3 ke atas (Windows) atau 4.1 ke atas (Mac). Kalau soal ukuran RAM, hanya dibutuhkan setidaknya kapastias 4 GB saja.

9. Sweet Home 3D

Seperti namanya, Sweet Home 3D akan menawarkan efek 3D saat kamu sedang membuat desain rumah. Awalnya tentu kamu akan membuat sketsa desain dasar rumah, dimulai dari kontur bangunan, atap, dinding dan lain-lain.

Setelah struktur sudah dibuat dengan tepat, barulah kamu bisa memulainya dengan membuat interior atau bagian dalam rumah. Misalnya, kamu ingin memberi warna pada dinding, membangun pintu dan jendela, hingga menambahkan furnitur. Pokoknya, semua bisa kamu lakukan dengan mudah di Sweet Home 3D.

10. HGTV Home and Landscape Platinum Suite

Jika kamu berencana untuk mendekorasi ulang, kamu mungkin sudah memiliki beberapa kesempatan untuk mengambil beberapa foto bagian dalam rumah untuk referensi. Sekarang, kamu bisa mengunggah foto-foto ini ke aplikasi Home & Landscape Platinum Suite.

Nantinya, desain interior yang ada di foto bisa kamu “utak-atik” seperti mengubah warna cat dinding, hingga menaruh pajangan dinding.

Tentunya aplikasi ini juga memiliki fitur lain yang tidak kalah menarik, seperti Kitchen and Bathroom Bulder Wizard yang mungkin bisa membantu kamu mendesain ulang isi dapur dan kamar mandi. Tidak perlu khawatir susah, karena antarmukanya menggunakan drag and drop. Kamu bisa beli aplikasi HGTV ini seharga Rp 623.284.

Kesimpulan

Nah itulah 10 aplikasi desain rumah 3D PC terbaik yang bisa Teknatekno sarankan untuk kamu. Aplikasi diatas bisa dijalankan secara offline di perangkat PC kamu lho.

Pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu, karena harga dari software desain ini tidak terbilang murah maka kamu harus memilih aplikasi yang tepat dengan apa yang kamu butuhkan.

Kamu juga perlu menyesuaikan aplikasinya dengan performa PC. Jika performa PC dirasa kurang gahar, pilihlah aplikasi yang paling ringan. Selamat berkarya!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like