Aplikasi untuk Membuat Animasi Bergerak di Laptop

Teknatekno.com – Siapa pun yang tertarik mempelajari cara membuat animasi bergerak tidak lagi harus melakukannya di komputer atau laptop. Aplikasi yang membuat animasi bergerak di ponsel Android mungkin bisa menjadi pilihan yang cukup menguntungkan.

Karena sekarang ada berbagai macam aplikasi yang memberikan fitur dan keunggulan masing-masing. Hal itu bisa dilihat ketika kamu mencoba mencarinya melaui Playstore.

Karakter animasi, terutama yang berjenis Manga, sering digunakan sebagai figur untuk menunjukkan individualitas mereka. Animasi bisa berupa gambar bergerak atau statis yang menggambarkan karakter cerita.

Beberapa orang yang sering menghasilkan animasi bekerja di bidang pembuatan konten, di mana mereka memberikan karakter dan cerita.

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat animasi bergerak bisa dengan mudah didapatkan. Namun tidak semua mempunyai fitur yang mendukung kualitas dari animasi yang dibuat. Misalkan saja fitur untuk mengganti background, membuat teks atau juga memasukkan soundtrack di dalamnya.

Akan tetapi jangan khawatir, karena kami sudah mengumpulkan beberapa aplikasi pembuat animasi untuk pemula dan juga yang sudah pro.

3 Aplikasi untuk Membuat Animasi Bergerak di Android

Membuat animasi sendiri mempunyai banyak manfaat, selain untuk dijadikan alat penghasil uang jika kau termasuk konten kreator Youtube. Misalkan sebagai ajang untuk kreativitas dan bakat, mengeksplorasi imajinasi dan juga mengasah keterampilan.

Dari banyaknya aplikasi yang ada, berikut yang paling kami rekomendasikan untuk kamu coba:

Flipaclip

Sudah diunduh lebih dari 10 juta orang, Flipaclip menyediakan beberapa fitur untuk meningkatkan kreativitas kamu. Fitur yang dimaksud antara lain menghasilkan gambar awal yang selanjutnya digunakan sebagai animasi, dan fungsi storyboard yang bisa mengubah lintasan plot.

Selain itu, kamu bisa dengan cepat membuat lapisan sehingga gambar bergerak terlihat lebih hidup. Antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif sangat penting, terutama bagi mereka yang baru memulai.

Draw Cartoons 2

Tidak bisa menggambar dan menentukan karakter sendiri? Kamu bisa menggunakan Draw Cartoons 2 sebagai aplikasi untuk membuat animasi bergerak. Kamu juga bisa memilih karakter yang sudah disediakan, gratis!

Kamu tinggal menentukan arah pergerakan dari karakter tersebut dengan memanfaatkan fitur layer yang tersedia. Selain itu, terdapat juga fitur voice over untuk mengisi suara dari setiap animasi yang dibuat.

Stick Nodes

Dengan aplikasi Stick Nodes, kamu bisa menggunakan karakter stickman seperti namanya. Apakah kamu tahu apa itu stickman? Yaitu animasi yang berupa bagian penting tubuh saja dengan warna full hitam.

Cara membuatnya juga mudah, karena pada aplikasi yang sudah di download lebih dari 5 juta pengguna ini telah menyediakan karakter tersebut. Kamu tinggal pakai dan menggunakan frame untuk menggerakkannya.

4 Aplikasi untuk Membuat Animasi Bergerak di Laptop

Meskipun keberadaan PC tidak penting seperti dulu semenjak adanya Android, namun kamu bisa juga menjadikannya alternatif untuk membuat animasi keren.

Bahkan untuk beberapa kasus, membuat animasi kartun di PC lebih mudah dibanding di Android. Hal ini tidak lain karena adanya mouse dan keyboard serta tampilan yang lebih lega.

Pencil2D Animation

Di laptop atau komputer desktop, kamu bisa menghasilkan animasi 2D menggunakan aplikasi Pencil2D Animation. Aplikasi ini sepenuhnya gratis dan bisa diunduh untuk sistem operasi Windows, Mac OS X, dan Linux.

Jika kamu masih pemula, jangan khawatir, jangan merasa minder, karena di situs resminya terdapat panduan lengkap yang bisa kamu pelajari. Kunjungi https://www.pencil2d.org sekarang juga dan unduh aplikasinya jika kamu penasaran dan ingin mencobanya.

Animaker

Ingin menggunakan aplikasi untuk membuat animasi yang ringan? Animaker adalah salah satu jawabannya. Tidak perlu perangkat PC yang high-end untuk menggunakannya, cukup dengan memori RAM 2GB dan VGA 1GB sudah bisa menjalankan aplikasi yang satu ini.

Banyak fitur yang tersedia, kamu bahkan bisa memilih gaya animasi yang ingin kamu gunakan. Misalnya untuk memproduksi animasi tipografi, infografis dan animasi 2D. Menariknya, hasil animasi yang kamu hasilkan sudah mendukung resolusi FHD.

Synfig Studio

Synfig Studio, aplikasi untuk membuat animasi bergerak di PC berikutnya, memiliki banyak fitur luar biasa untuk menghasilkan animasi terbaik. Kamu bisa menerimanya secara gratis tanpa biaya apa pun, dan juga tidak perlu mendaftar.

Meskipun banyak keluhan engenai user interface, namun fitur seperti layer, filter, vector DLL sudah cukup menutupi kekurangan tersebut. tidak perlu bingung dan bertanya bagaimana cara menggunakannya, karena pada website resminya sudah disediakan tutorial penggunaan yang cukup lengkap.

Anime Studio

Aplikasi terakhir yang bisa digunakan untuk membuat animasi bergerak yaitu Anime Studio. Sesuai dengan namanya, kamu bisa membuat animasi bergerak dengan cara yang mudah layaknya di studio. Tampilan yang sederhana dan mudah dipahami membuat banyak animator menggunakannya.

Jika kamu pernah melihat animasi keren di Youtube atau media sosial lainnya dengan platform video, mungkin mereka membuatnya dengan aplikasi Anime Studio. Tidak heran, karena banyak fitur bermanfaat yang disediakan gratis.

Kesimpulan

Saat membuat animasi, Teknozen nggak perlu minder ketika hasil yang kamu dapat tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu cukup rajin belajar dan mengasah skill menggunakan beberapa aplikasi pembuat animasi yang telah kami sebutkan diatas. Oke, Semangat! Selamat berkarya!

Pencarian Populer

Website Membuat Video Animasi - Cara Membuat Video Kartun - Cara Membuat Video Animasi Online Gratis - Aplikasi Untuk Membuat Kartun - Aplikasi Untuk Membuat Animasi Bergerak - Aplikasi Untuk Buat Video Animasi - Aplikasi Pembuat Animasi Bergerak Di Android - Aplikasi Pembuat Animasi 2d Android- Aplikasi Membuat Animasi 3d - Apk Pembuat Video Animasi -

Related Articles

Back to top button