Aplikasi untuk Membuat Animasi Kartun di Laptop

Teknatekno.com – Di bawah ini Teknozen akan menemukan pilihan aplikasi gratis terbaik untuk membuat animasi kartun 2D di komputer atau laptop kamu. Beberapa aplikasi untuk membuat animasi kartun ini mampu membuat animasi 2D dengan sangat baik.

Semua aplikasi ini mudah digunakan. Bahkan meskipun kamu baru terjun di dunia animasi 2D, beberapa aplikasi dibawah ini akan sangat mudah untuk kamu pelajari dalam penggunaannya.

Aplikasi untuk Membuat Animasi Kartun

Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat animasi 2D di laptop kesayangan kamu:

Plastic Animation Paper

Plastic Animation Paper adalah aplikasi sederhana, efisien, dan salah satu aplikasi terbaik untuk membuat animasi 2D atau kartun dalam 2D.

Plastic Animation Paper memiliki berbagai fungsi yang bermanfaat, seperti: menggambar area, menyisipkan gambar berwarna, menyesuaikan kecepatan bingkai, fitur zoom, menambahkan musik, dll.

Plastic Animation Paper ini bisa menyimpan animasi sebagai file gambar dan video menggunakan format umum, seperti: Gif, Png , Tiff, Avi, Tga, dll.

Link Download : https://animationpaper.com/download-pre-release/

Pencil

Pencil merupakan perangkat lunak yang memungkinkan kamu membuat animasi 2D dengan mudah menggunakan beberapa alat dan fitur sederhana.

Mengatur frame rate, mengimpor gambar dan suara, dan menambahkan warna termasuk dari beberapa fitur yang tersedia.

Aplikasi Pencil bisa mengekspor hasil animasi dengan format SWF (Flash Video), X Sheet, Movie, dll. Pencil juga merupakan aplikasi open source, portabel dan cross-platform ( tersedia untuk Mac, Linux dan OS lainnya).

Link Download : https://sourceforge.net/projects/pencil-planner/

Synfig Studio

Synfig Studio adalah aplikasi untuk membuat animasi 2D gratis dengan banyak fitur unggulan. Tampilan utamanya dibagi menjadi empat jendela yang berbeda, yaitu: tools window, navigator window, editing window, dan parameters window.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat animasi kartun dan video 2D dengan kualitas yang sangat baik. Synfig Studio juga merupakan aplikasi open source dan cross-platform (tersedia untuk Mac OS dan Linux).

Link Download : https://www.synfig.org/

Tupi Open 2D Magic

Tupi Open 2D Magic adalah aplikasi animasi 2D dengan banyak fitur dan alat untuk membuat animasi 2D. Beberapa alat untuk membuat animasi yang berguna: Pencil, Color, Tweening, dll. Tupi Open 2D Magic juga dapat mengimpor file gambar “SVG” kedalam animasi.

Selain itu, aplikasi ini bisa mengekspor animasi untuk banyak format gambar dan video seperti: Flash video, MPG, AVI, PNG array, JPG array, dll. Tupi Open 2D Magic adalah aplikasi luar biasa yang juga bisa diakses untuk Linux, Mac OS, dan lainnya. Kamu juga bisa melihat-lihat galeri animasi di situs resminya.

Link Download : https://sourceforge.net/projects/tupi2d/

Vectorian Giotto

Vectorian Giotto adalah program yang sangat baik dan kaya fitur untuk membuat animasi kartun 2D yang kompleks. Vectorian Giotto menyediakan berbagai alat, efek, dan kemampuan yang sangat membantu untuk membuat animasi.

Beberapa alat yang tersedia meliputi: shapes, pencil, brush, text tool, eye dropper, dll. Kamu juga bisa menyisipkan gambar, suara, adegan, waktu, dll. Perlu diketahui Vectorian Giotto memiliki ukuran yang cukup kecil dengan file setup hanya sekitar 8 MB.

Link Download : https://www.majorgeeks.com/files/details/vectorian_giotto.html

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari Tekntekno mengenai beberapa aplikasi untuk membuat animasi kartun di laptop. Perlu Teknozen ingat, bahwa aplikasi-aplikasi diatas pastinya memiliki fitur dan kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda.

Jadi pilihlah aplikasi yang cocok untuk kamu dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button