Kriteria Produk yang Berkualitas dan Menarik Konsumen

Teknatekno.com – Produk merupakan esensi dalam sebuah bisnis. Kelangsungan bisnis sangat bergantung pada produk yang berkualitas. Oleh karena itu, menentukan produk yang hendak diproduksi atau dijual merupakan langkah yang sangat krusial sebelum menjalankan bisnis kamu.

Lalu, bagaimana cara menentukan produk yang hendak kamu jual? Syarat pertama dan utama adalah produk tersebut haruslah berdaya guna serta menjawab kebutuhan dari target pasar kamu.

Namun, syarat ini saja tidak cukup. Produk kamu juga harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut agar bisa dikatakan sebagai produk yang berkualitas dan disukai konsumen.

Ciri-Ciri Produk yang Berkualitas

Berikut ini adalah syarat dan ciri-ciri produk yang berkualitas dan baik:

1. Mudah Digunakan

Ciri pertama produk yang berkualitas dan baik adalah mudah digunakan oleh konsumen kamu. Produk tersebut juga harus ditunjang dengan fitur yang mumpuni agar dapat menjalankan fungsinya dengan lancar.

Misalnya saja busana, konsumen tentu lebih menyukai pakaian yang nyaman dan memerlukan perawatan yang mudah. Untuk menghindari kesulitan bagi konsumen yang tidak mengetahui cara menggunakan dan merawat produk tersebut, berikanlah buku manual pengguna.

2. Umur Produk Panjang

Tidak ada konsumen manapun yang ingin membayar untuk produk yang mudah rusak. Semakin panjang umur produk, semakin baik.

Untuk itu, merupakan tugas kamu untuk membuat produk dari material berkualitas agar memiliki daya tahan selama mungkin. Kualitas material ini akan mempengaruhi modal dan harga produk, sehingga diperlukan kecermatan dalam menentukan modal, kualitas, serta target pasar yang berdaya beli.

3. Mudah Diperbaiki

Hal terakhir yang ingin dilakukan konsumen ketika suatu produk gagal adalah membeli yang baru, terutama jika produk tersebut memiliki harga yang mahal.

Dari sudut pandang sebagai produsen, mungkin hal ini tampak baik karena artinya konsumen harus melakukan pembelian ulang. Namun, dalam jangka panjang, hal ini akan menimbulkan kekecewaan konsumen dan menurunkan ekuitas dan kredibilitas bisnis kamu.

Untuk mengantisipasinya, kamu perlu membuat produk yang mudah diperbaiki ataupun layanan purnajual yang responsif dan terpercaya.

4. Ramah Lingkungan

Zaman sekarang, produk yang ramah lingkungan memiliki nilai plus di mata konsumen. Selain tidak merusak alam, produk yang ramah lingkungan juga cenderung terbuat dari bahan-bahan yang alami dan aman. Dalam proses produksinya pun, produk ramah lingkungan tidak menghasilkan banyak limbah.

Produk seperti ini tentunya memiliki potensi pemasaran lebih baik di masa depan karena semakin banyak konsumen yang peduli lingkungan.

5. Kemasan Menarik

Produk yang berkualitas dan baik harus disertai dengan kemasan yang baik pula. Peran kemasan tidak hanya untuk melindungi produk dan menawarkan informasi, tetapi juga untuk mendorong konsumen untuk membelinya. Maka dari itu, kemasan yang menarik akan memberi nilai plus bagi produk kamu.

Kesimpulan

Nah itulah 5 ciri produk yang berkualitas. Dan jangan lupa bahwa meskipun suatu produk memiliki lima aspek ini, tujuan utama sebuah produk untuk menjawab kebutuhan konsumen tetap tidak boleh diabaikan. Jadi, sudah tidak bingung untuk menentukan produk yang hendak kamu jual bukan?

Pencarian Populer

Apa Saja Ciri Ciri Produk Yang Mempunyai Kualitas Unggul Brainly - Bagaimana Cara Menentukan Karakteristik Produk - Cara Membuat Produk Yang Berkualitas - Contoh Produk Berkualitas - Jelaskan Apa Saja Kriteria Yang Harus Dipenuhi Untuk Sebuah Mobil Yang Dikatakan Berkualitas- Jelaskan Seperti Apakah Karakteristik Produk Yang Diinginkan Konsumen - Produk Berkualitas Adalah - Sebutkan Ciri Ciri Produk -

Related Articles

Back to top button