Aplikasi Messenger Lite: Perbedaannya dengan Messenger Standar

Teknatekno.com – Facebook diketahui sudah lama memisahkan fitur pesannya dari aplikasi Facebook itu sendiri. Meskipun bertujuan untuk mengoptimalkan fitur pesan, hal ini justru merepotkan. Hingga akhirnya muncul aplikasi Messenger Lite. Aplikasi ringan Messenger dari versi standarnya.

Lalu, apa perbedaan Messenger dan Messenger Lite? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak penjelasan dari Teknatekno berikut ini!

Perbedaan Aplikasi Messenger Lite dengan Messenger Standar

Kelihatannya pihak Facebook memahami keluhan penggunanya karena aplikasi Messenger yang terlalu memakan memori. Terlebih bagi pengguna yang memiliki ponsel dengan spesifikasi rendah. Pada dasarnya kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang sama, namun tentunya terdapat perbedaan diantaranya.

Berikut ini beberapa perbedaan antara aplikasi Messenger lite dengan versi standarnya:

1. Interface

Perbedaan pertama pada kedua aplikasi ini adalah di bagian tampilan atau interfacenya. Di Messenger standar, kamu akan menjumpai menu foto profil di ujung kiri atas. Selain itu, terdapat ikon kamera untuk menggunakan kamera bawaan dari Messenger.

Sedangkan jika ingin membuat pesan, kamu tinggal menekan ikon pensil. Selain itu, pada halaman utama kamu bisa melihat siapa saja yang sedang online dan melihat story-nya. Pada bagian bawah, kamu bisa menemukan jendela obrolan, discover, dan teman.

Sedangkan tampilan utama aplikasi Messenger Lite tentu lebih ringkas dan sederhana. Dibanding versi standar, versi lite hanya menampilkan menu-menu penting saja. Dihalaman awal, kamu akan menjumpai daftar teman yang online dan daftar obrolan.

Di bagian atas layar, terdapat ikon friends, settings, dan balloon chat. Pada menu tersebut kamu bisa berpindah jendela dengan leluasa. Kamu bisa berpindah dari obrolan ke menu lainnya hanya dengan menggeser secara horizontal.

2. Ukuran Aplikasi

Seperti aplikasi lite pada umumnya, tentunya aplikasi Messenger lite ini lebih ringan dibanding versi standarnya. Karena versi lite lebih sedikit menggunakan memori RAM ponsel. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk menginstall aplikasi ini.

Aplikasi Messenger berukuran 37 MB, sedangkan Messenger lite hanya 8,8MB, jauh sekali, bukan? Tidak sedikit yang beralih menggunakan versi lite, terutama jika ponsel yang digunakan seringkali menampilkan notifikasi memori penuh.

3. Fitur

Salah satu pertimbangan seseorang menginstall aplikasi tentu karena fitur yang disediakan. Mungkin versi lite unggul dalam hal ukuran yang lebih ringan. Namun, tentu kekurangannya pada fitur-fitur yang dihilangkan.

Jika kamu tidak masalah dengan fitur yang dihilangkan, mungkin kamu akan lebih memilih versi lite. Lalu, apa saja perbedaan fitur antara Messenger dan Messenger lite?

Messenger Lite Tidak Support Fitur Story FB

Jika kamu sering update story di FB, mungkin akan merasa kesulitan dengan kekurangan versi lite ini. Pada Messenger standar, pengguna masih bisa melihat story yang di update teman.

Namun, Messenger Lite tidak menyediakan fitur tersebut. Artinya, masih harus berpindah aplikasi Facebook untuk melihat story. Namun, jika kamu jarang update atau melihat story teman, tentu kekurangan ini bukan jadi masalah.

Messenger Lite Tidak Support Animasi GIF

Pada dasarnya pengguna versi messenger lite masih bisa menggunakan berbagai stiker lucu dari Facebook. Namun, aplikasi ini tidak mendukung animasi bergerak atau GIF. Meski demikian, kamu tetap bisa mengirim GIF. Sedangkan untuk melihatnya, pengguna harus membuka animasi GIF itu terlebih dahulu.

Sekilas memang tampak merepotkan, namun hal ini terbilang wajar karena aplikasi ini sangat ringan. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur GIF pada keyboard yang dipakai pada ponsel. Dengan demikian, mengirim animasi bergerak pada teman tetap bisa dilakukan.

Messenger Lite Tidak Bisa Main Game

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan berbagai game yang disediakan Facebook. Pada aplikasi Messenger standar, pengguna tetap bisa mengaksesnya. Namun lain halnya bagi pengguna versi lite, fitur games tidak bisa diakses.

Kamu tidak dapat bermain game bersama teman-teman Facebook. Jadi, jika tetap ingin menikmati game di Facebook, sebaiknya menginstall Messenger versi standar saja.

Messenger Lite Tidak Menyediakan Enkripsi End-To-End

Pada dasarnya, aplikasi Messenger lite sudah termasuk aman digunakan untuk berkirim pesan. Namun, sebagian orang mungkin membutuhkan privasi yang lebih optimal di Facebook. Salah satunya bisa menggunakan fitur secret conversation dari aplikasi Messenger.

Sayangnya, fitur ini tidak ditemukan pada Messenger Lite. Dengan demikian, pengguna tidak bisa berkirim pesan dengan enkripsi end-to-end. Padahal fitur tersebut bisa membuat aktivitas berkirim pesan lebih aman dibanding tanpa end-to-end.

Messenger Lite Tidak Menyediakan Fitur SMS

Fitur SMS pada aplikasi Messenger akan memudahkan kamu berkirim pesan tanpa berganti-ganti aplikasi. Artinya, fitur SMS dan Messenger sudah digabungkan dalam satu aplikasi saja. Namun jika tidak ingin disatukan, pengguna bisa memisahkannya dengan mudah.

Jadi, jika kamu ingin menyatukan fitur Messenger dan SMS, sebaiknya install Messenger versi standar. Jika ingin keduanya tetap terpisah, bisa menggunakan Messenger Lite yang lebih ringan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai perbedaan antara aplikasi Messenger Lite dengan Messenger versi standar. Setelah mengetahui beberapa perbedaan diatas, sudah ada bayangan belum ingin pakai yang mana? Kalau Teknozen lebih tertarik dengan versi lite, kamu bisa download aplikasinya di Play store.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button