Apa itu RAM? Definisi, Fungsi dan Jenisnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas tentang apa itu RAM beserta fungsinya pada komputer maupun HP. Sering kita jumpai, ketika ingin membeli sebuah gadget, kita pasti akan memperhatikan berapa jumlah RAM-nya.

Padahal di gadget seperti komputer ataupun HP, masih ada beberapa bagian lain selain RAM yang perlu diperhatikan juga. Bahkan ada CPU sebagai perangkat otak yang sering lupa untuk kita perhatikan.

Jadi, sebenarnya apa itu RAM? Apa saja fungsi dari RAM ini? Untuk lebih jelasnya, yuk perhatikan penjelasan di bawah ini!

Apa itu RAM?

RAM bisa didefinisakan sebagai memori yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan sementara pada komputer atau HP. Secara lengkap, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu tahu tentang apa itu RAM.

Dari Struktur katanya, RAM itu singkatan untuk kata Random Access Memory. Struktur kata tersebut berasal dari tiga kata: Random berarti acak, Acces berarti akses dan Memory berarti penyipanan.

Dari situ bisa diterjemahkan bahwa RAM adalah suatu memori atau tempat penyimpanan yang sifatnya sementara, yang bisa diakses secara acak (random).

Menurut Wikipedia, RAM didefinisikan sebagai sebuah bentuk penyimpanan yang ada di komputer atau Hp yang dapat diakses dalam waktu tetap tanpa memperdulikan letak dari data tersebut. RAM kebalikan dari memori urut, seperti disk, tape magnetik, dan drum, di mana mereka mengakses data secara berurutan.

RAM itu berfungsi mempercepat kecepatan komputer, tetapi bukanlah komponen utama yang dapat memiliki fungsi mempercepat kinerja komputer atau laptop.

Itu artinya, yang membuat komputer atau HP punya proses yang cepat tidak hanya RAM saja, melainkan ada juga CPU. RAM hanya membantu proses kinerja processor dalam mengelola data.

Semakin besar ukuran sebuah RAM semakin baik dalam prosesnya. Maka tak salah bila setiap beli gadget, kamu bertanya berapa ukuran RAM-nya. Dari ukuranya, ada RAM berukuran 2GB, 4GB, 16GB, 32GB, 64GB, dan sebagainya.

Sedangkan dari jenisnya, ada RAM DDR 2, DDR 3, DDR 4, dan DDR 5. Anehnya, semakin tinggi jenis RAM harganya makin murah, tapi justru performanya dan kualitasnya makin baik.

Hanya saja, tidak semua komputer dan HP mendukung ukuran RAM besar. ukuran RAM biasanya ditentukan oleh mainboard, Sistem Operasi yang memberi batasan berapa ukuran RAM yang bisa digunakan. Begitu juga dengan jenis RAM, tidak semuanya bisa digunakan untuk semua jenis komputer dan HP.

Fungsi RAM

Tidak mungkin ada sebuah komponen diterapkan di dalam sebuah komputer atau laptop, tanpa memiliki fungsi tertentu. begitu juga dengan RAM. Bahkan fungsinya sangat penting dalam komputer dan laptop. Berikut beberapa fungsinya:

1. Input Area

RAM memiliki fungsi sebagai input area. Ia adalah tempat dimana data yang masuk akan ditampung untuk kemudian diolah. Ia adalah area yang menerima imput yang kamu masukkan. Misalnya kamu mengetik huruf tertentu pada komputer atau laptop, bahkan HP. Semuanya akan diinput oleh RAM.

2. Program Area

RAM juga berfungsi sebagai tempat program area. Artinya, setiap program yang kamu jalankan akan ditampung oleh RAM untuk kemudian digunakan memproses data yang masuk. Ini semacam kelanjutan dari fungsi input area.

3. Working Area

Begitu program dibuka dan perintah diinput, maka berikutnya Ram akan bekerja sebagai working area atau tempat dimana pengolahan data akan dikerjakan. Jadi semacam gabungan dari input area dan program area.

4. Output Area

Setelah input kamu masukkan, program kamu jalankan dan program telah mengolah data yang masuk, maka berikutnya RAM akan menampung hasil pengolahan data. Artinya, RAM itu memiliki fungsi yang saling berurutan meski bisa diakses secara acak.

Secara garis besar, fungsi RAM yaitu sebagai tempat dimana data dan program yang kamu buka akan disimpan. Begitu kamu buka program tertentu atau aplikasi tertentu, saat itulah RAM bekerja untuk membuat input yang kamu lakukan segera terproses dengan cepat.

Jenis-Jenis RAM

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, RAM itu memiliki beberapa jenis. Beberapa jenis RAM tersebut adalah:

  • DDR RAM

DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) yang merupakan kelanjutan dari RAM jenis SDRAM. DDR memiliki kelanjutan DDR2 (Double Data Rate generation 2) dan DDR3 (Double Data Rate generation 3), sampai dengan DDR5.

  • EDORAM

EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory), yaitu jenis RAM yang menggunakan sistem pentium. Jenis ini sudah bisa menyimpan sekaligus mengambil data dari memori secara bersamaan.

  • RAM (Dynamic RAM)

RAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data di dalamnya tidak menghilang.

  • RDRAM

RDRAM (Rambus Dynamic Access Memory) adalah jenis RAM yang lebih baik ketimbang SDRAM. RAM ini digunakan untuk Pentium 4 (empat).

  • SDRAM

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM kelanjutan dari DRAM yang memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM.

  • SRAM

SRAM (Static Random Access Memory) jenis RAM yang tidak perlu penyegaran dari CPU, yang memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM maupun SDRAM.

Merek-Merek RAM

Ada beberapa jenis merek RAM untuk Laptop atau PC yang beredar di pasaran, contohnya:

  • Apacer
  • Corsair
  • Crucial Technology
  • exilir
  • Hynix
  • Infineon
  • Kingston
  • Micron
  • PNY
  • Rambus
  • Samsung
  • Valueram
  • Visipro

Dan masih banyak lagi rekomendasi merek RAM untuk Laptop atau PC yang beredar di pasaran.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu RAM beserta fungsi dan jenis-jenisnya. Jadi ketika kamu membeli gadget, yang perlu kamu perhatikan tidak hanya berapa ukuran RAM nya saja, karena jenis RAM juga akan mempengaruhi kualitasnya.

Related Articles

Back to top button