Pengumuman Seleksi Administrasi PPG 2022, Begini Cara Cek Hasilnya

Teknatekno.com – Pengumuman hasil seleksi administrasi PPG (Pendidikan Profesi Guru) Dalam Jabatan 2022 sudah bisa dicek mulai Selasa 8 Maret 2022.

Selain hasil seleksi administrasi PPG, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi juga telah mengumumkan informasi seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022. Sebelumnya, Kemendikbud sudah sudah membuka pendaftaran pada tanggal 12 Februari hingga 4 Maret 2022 lalu.

Bagi pendaftar yang ingin mengecek hasil pengumuman seleksi PPG, hasilnya bisa diakses melalui situs ppg.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) di ponselnya masing-masing.

Sejumlah Guru Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi PPG

Hasil seleksi PPG 2022 sebelumnya dilakukan secara daring melalui aplikasi SIMPKB. Dari seleksi tersebut sejumlah 391.530 guru yang dinyatakan lulus.

“Guru yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi maka selanjutnya dapat mengikuti seleksi akademik sesuai jadwal sebagaimana terlampir,” tulis pada laman PPG Kemendikbud.

Bagi guru yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi PPG, diharapkan untuk melengkapi beberapa data berikut ini:

  • Pemutakhiran nomor telepon seluler (WhatsApp)
  • Pasfoto
  • Tautan belajar.id pada profil SIMPKB masing-masing

Untuk seleksi akademik akan dilakukan secara daring berbasis pada domisili, yang bisa dilihat pada situs ppg.kemdikbud.go.id dan akun SIMPKB masing-masing.

Cara Cek Hasil Pengumuman Seleksi Administrasi PPG

Berikut ini cara mengecek hasil pengumuman seleksi PPG 2022 melalui situs ppg.kemdikbud.go.id:

  1. Masuk ke laman ppg.kemdikbud.go.id
  2. Pilih login SIMPKB
  3. Masukkan alamat email dan kata sandi peserta
  4. Klik “Masuk”

Hasil pengumuman bisa dilihat pada masing-masing akun peserta.

Jadwal Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG 2022

Berikut ini jadwal pelaksanaan seleksi akademik PPG 2022:

  • Cetak kartu peserta seleksi akademik 12-13 Maret 2022
  • Koordinasi peserta dengan pengawas (melalui grup whatsapp) 14 Maret 2022
  • Instalasi mandiri oleh peserta 14 Maret 2022
  • Uji coba aplikasi bersama pengawas 15-27 Maret 2022
  • Pembagian jadwal uji coba 15-27 Maret 2022
  • Seleksi akademik (daring domisli) 16-30 Maret 2022

Apa itu PPG

PPG adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik menjadi guru. Dengan persyaratan khusus, PPG dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi guru di dalam melakukan aktivitas mengajar.

Bagi guru yang mengikuti PPG dan belum menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan memiliki peluang yang lebih besar untuk lolos selesksi CPNS.

Dan bagi guru PNS yang mengikuti program PPG bisa mendapatkan gelar baru dan sertifikasi. Diketahui, ketika guru memiliki tunjangan sertifikasi akan mendapatkan tambahan penghasilan bulanan.

Manfaat PPG

Guru yang mengikuti PPG akan meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam melakukan aktivitas mengajar. Di dalam PPG, guru akan mendapatkan pelatihan serta bimbingan terkait dunia belajar dan mengajar. Diharap dengan adanya tambahan kemampuan setelah PPG maka guru-guru akan lebih mudah lolos sertifikasi guru.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai cara mengecek hasil pengumuman seleksi administrasi PPG 2022. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button