Apa itu Light Pen? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu tau apa itu Light Pen? Light Pen merupakan suatu alat yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk keperluan menggambar. Karena biasanya, para desainer grafis tidak terlalu mengganggap mouse dan keyboard sebagai cara yang cepat dan teliti untuk menggambar.

Nah, agar kamu lebih mengenal lebih dalam apa itu Light Pen, maka dikesempatan kali ini Teknatekno akan membahas tentang pengertian Light Pen beserta fungsi dan juga cara kerjanya.

Mengenal Apa itu Light Pen

Light Pen adalah suatu input device atau pointer elektronik yang biasanya di gunakan untuk menggambar teknis atau grafis di dalam komputer.

Kamu bisa menjumpai para desainer grafis untuk mengetahui kalau perangkat keras ini sangat berguna sekali untuk menggambar. Perangkat keras ini juga berfungsi atau pengganti dari keyboard dan mouse komputer.

Light Pen ada yang dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer. Setiap sentuhan pena pada area yang bersangkutan, akan menimbulkan denyutan pulsa elektonik.

Pada Light Pen terdapat sebuah kabel yang menghubungkan antara Light Pen dengan monitor, sehingga monitor yang digunakan bukanlah monitor yang biasa dipakai melainkan monitor khusus yang memiliki kabel penghubung dengan Light Pen.

Misalnya Notebook Sharp menghubungkan Light Pen dengan sebuah kabel halus ke komputer dan Light Pen tersebut digunakan untuk menuliskan pada sebuah bidang daftar atau tidak dituliskan ke layar monitor.

Fungsi Light Pen

Light Pen berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light Pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Cara Kerja Light Pen

Pengunaan Light Pen ini biasanya menggunakan program untuk merancang sebuah bangunan, misalnya CAD (Computer Aided Design) atau CAM (Computer Aided Manufacturing).

Para arsitek, banyak yang meletakkan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan Light Pen yang ada ditentukan daerah goresan yang dilaluinya. Dengan demikian, Light Pen akan menempati posisi gambar secara tepat dan teliti. Akhirnya, skema gambar juga muncul melalui monitor.

Light Pen dengan papan gambar ini biasanya disebut sebagai Grapics Tablet. Light Pen ada juga yang digunakan untuk membaca bar-code. Sinar yang dipancarkan akan membaca bar-code, dan kemudian mengubahnya kedalam pulsa elektronik serta mengirimnya ke-CPU.

Kelebihan dan Kekurangan Light Pen

Light Pen memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penggunaanya, yaitu:

Kelebihan Light Pen

Berikut kelebihan dari Light Pen:

  • Direct pointing device (kendali langsung di permukaan layar).
  • Tidak memerlukan koordinasi antara mata dengan tangan.
  • Pengguna bisa langsung mengubah atau memanipulasi sesuatu yang tampak di layar komputer.
  • Sangat berguna sebagai pointing and positioning device.

Kekurangan Light Pen

Sementara kekurangan Light Pen yaitu:

  • Saat menggunakan Light Pen, sebagian layar tertutup oleh tangan.
  • Physical fatigue (kelelahan) atau melelahkan tangan.
  • Tangan jauh dari keyboad.
  • Light Pen harus di angkat.
  • Light Pen dapat mengganggu layar.
  • Gampang rusak atau patah
  • Mudah hilang

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu Light Pen beserta fungsi, cara kerja dan juga kelebihan kekurangan dari Light Pen. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button