Apa itu Touchpad? Definisi, Fungsi Jenis dan Cara Kerjanya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu tau apa itu touchpad? Touchpad bukanlah hal yang asing, terutama bagi para pengguna laptop. Sebab touchpad selalu menjadi bagian penting yang terdapat pada laptop.

Penggunaan laptop akan sulit tanpa adanya atau tanpa berfungsinya touchpad, meskipun masih bisa menggunakan mouse.

Sebenarnya touchpad bukan hanya bisa digunakan pada laptop. Komputer jenis lain pun juga bisa menggunakan touchpad. Sebab tersedia touchpad portable serta touchpad kabel yang bisa disambungkan ke komputer. Touchpad juga terdapat pada beberapa media portable player serta PDA (Personal Digital Assistant).

Mengenal Apa itu Touchpad

Touchpad atau biasa disebut juga trackpad adalah suatu bidang datar sebagai permukaan kontrol untuk memindahkan kursor dan bisa membaca perintah lain yang diisyaratkan oleh sentuhan, gerakan dan jari penggunanya melalui sensor khusus yang melapisi permukaannya.

Pada dasarnya touchpad merupakan pengganti fungsi mouse. Biasanya digunakan untuk ruang gerak yang lebih sempit dan sulit bagi ruang gerak mouse.

Touchpad sangat membantu bagi orang yang bekerja dengan ritme kebutuhan penggunaan mouse yang berlebihan. Biasanya ini dialami oleh penulis, designer, dan bidang-bidang khusus lainnya.

Fungsi Touchpad

Ide awal touchpad ini dimulai oleh Alan Kay dari Xerox pada tahun 1970. Alan Kay ingin menciptakan komputer yang bisa dipindah-pindahkan. Idenya terus dikembangkan hingga akhirnya terciptalah suatu perangkat yang berfungsi untuk menggantikan peran mouse terutama pada perangkat-perangkat portabel.

Sebenarnya, fungsi utama touchpad adalah sebagai pengganti kerja mouse. Namun, ada beberapa fungsi lain dari touchpad, seperti:

1. Untuk Menggerakkan Kursor

Kursor atau pointer pada komputer umumnya bergambar anak panah yang berfungsi untuk mengklik suatu objek yang ada di layar monitor.

2. Untuk Scrolling

Jika pada mouse terdapat alat berbentuk roda untuk scrolling atau menggerakkan halaman yang ada di layar ke atas dan bawah dengan cara memutar atau menggerakkan roda tersebut.

Sedangkan pada touchpad adalah dengan cara meletakkan satu jari pada area paling kanan pada bidang datarnya, atau bisa juga dengan cara meletakkan 2 jari di bagian tengah bidang datar touchpad, lalu gerakkan ke bawah atau ke atas.

3. Untuk Klik Kiri (Single Click)

Klik kiri pada touchpad bisa dilakukan dengan cara mengetuk bidang datar satu kali. Bisa juga dengan cara menekan tombol kiri di bagian bawah bidang datar touchpad.

4. Untuk Klik Kanan

Untuk klik kanan atau menampilkan shortcut dengan cara menekan tombol sebelah kanan yang ada di bawah bidang datar touchpad.

5. Double Click (Klik Ganda)

Untuk double klik pada touchpad bisa dilakukan dengan cara mengetuk bidang datar dua kali dengan cepat untuk fungsi double klik, atau dengan menekan tombol sebelah kiri yang ada di bagian bawah bidang datar touchpad dua kali dengan cepat pula.

6. Untuk Zoom In

Untuk melakukan zoom in, letakkan dua jari dengan rapat pada bidang datar touchpad, lalu renggangkan kedua jari tersebut.

7. Untuk Zoom Out

Cara melakukan zoom out pada touchpad adalah kebalikan dari cara untuk zoom in. Yaitu dengan cara meletakkan dua jari dalam keadaan renggang, kemudian rapatkan kedua jari tersebut.

8. Untuk Drag And Drop Objek atau File

Drag and drop atau menyeret suatu objek atau file untuk memindahkan dan menempatkanya ke tempat atau folder lain. Caranya dengan satu jari menekan tombol kiri di bagian bawah bidang datar touchpad dan satu jari lainnya menyentuh bidang datar touchpad untuk klik objek atau file yang akan dipindahkan.

Selanjutnya geserkan kursor ke tempat atau file yang dituju untuk menempatkan file atau objek tersebut dengan satu jari tetep menekan tombol kiri. Lalu lepaskan jari dari touchpad dan tombol kiri setelah kursor menyentuh folder tujuan.

Drag and drop juga bisa dilakukan dengan cara menyentuh bidang datar touchpad dua kali dengan kursor tepat pada objek atau file yang mau dipindahkan, lalu geserkan dan arahkan objek atau file tersebut ke tempat atau folder tujuan.

Jenis-Jenis Touchpad

Terdapat tiga jenis touchpad dengan fungsinya masing-masing, diantaranya:

1. Touchpad

Jenis yang pertama adalah touchpad. Touchpad jenis inilah yang biasanya terdapat pada laptop. Umumnya merupakan part atau bagian yang menyatu pada laptop itu sendiri. Ukuran maksimumnya 40 cm2.

Fungsinya sama sebagaimana fungsi mouse untuk mengatur dan memindahkan kursor, hanya ini berupa bidang datar. Biasanya ada tambahan dua tombol di bagian bawahnya yang digunakan sebagai fungsi klik kiri dan klik kanan seperti pada mouse. Jenis touchpad ini banyak terdapat pada produk berbasis Windows.

2. Multi-Touchpad

Jenis multi-touchpad ini mempunyai kelebihan pada sisi sensitivitasnya yang lebih tinggi jika dibanding jenis yang pertama (touchpad). Untuk fungsi pada umumnya sama saja. Hanya dengan kelebihannya tersebut menjadikan pekerjaan lebih efisien. Multi-Touchpad banyak digunakan oleh produk dari Apple.

3. Trackball Touchpad

Trackball Touchpad merupakan touchpad generasi awal. Umumnya berbentuk seperti bola untuk menggerakan kursor dan ditambah dengan dua tombol yang berfungsi sebagaimana fungsi tombol pada mouse. Fungsi pada umumnya sama saja dengan fungsi touchpad di masa sekarang.

Cara Kerja Touchpad

Fungsi touchpad memang sama dengan fungsi mouse, namun cara kerja keduanya berbeda. Cara kerja touchpad bergantung pada susunan sekumpulan matrik pada papan kota touchpad pada lapisan kedua yang fungsinya untuk mengetahui atau mendeteksi gerakan jari pada permukaan bidang datarnya.

Sistem matrik dipisahkan oleh isolator sehingga bentuk terpisah seperti grid. Aliran listrik yang mengalir akan mendeteksi pergerakan jari. Pergerakan jari akan dibaca menjadi kode-kode fungsi yang bisa dimengerti oleh sistem komputer.

Lalu diproses oleh prosesor untuk dibaca atau diterjemahkan dan kemudian ditampilkan pada layar monitor berupa pergerakan pointer atau kursor. Pergerakan ini secara teknis menggunakan rumus yang rumit dan kompleks.

Akan tetapi piranti proses pada komputer bekerja ekstra cepat membuat pergerakan pointer atau kursor seolah sama dengan pergerakan jari pada permukaan bidang datar touchpad.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu touchpad beserta fungsi, jenis-jenis touchpad serta cara kerja touchpad yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button