Apa itu Webcam? Definisi, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Sebagian dari kamu mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu webcam. Webcam merupakan gabungan dari kata web dan camera.

Webcam sendiri sebutan bagi kamera real-time bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui internet, program instant messaging seperti Yahoo Messenger, AOL Instant Messenger (AIM), Windows Live Messenger, dan Skype, dan lainnya.

Istilah “webcam” sendiri mengarah pada jenis kamera yang digunakan untuk kebutuhan layanan berbasis web. Webcam sendiri biasanya digunakan untuk keperluan konferensi jarak jauh atau juga sebagai kamera pemantau.

Mengenal Apa itu Webcam

Apa itu webcam? Webcam alias “web camera”, adalah perangkat berupa kamera digital yang dipasang pada komputer atau laptop untuk tujuan mentransmisikan video melalui internet.

Seperti kamera pada umumnya, webcam bisa mengirimkan foto secara langsung dari manapun berada ke seluruh penjuru dunia dengan bantuan internet. Webcam ini dulunya agak mahal.

Namun seiring dengan kemajuan teknologi, sudah ada beberapa laptop yang layarnya sudah dilengkapi dengan webcam. Dan untuk komputer, jarang ada yang secara default dilengkapi dengan webcam, oleh karena itu pemilik komputer harus membelinya terlebih dahulu secara terpisah.

Ada banyak jenis webcam yang terjual di pasaran. Beberapa di antaranya bisa dihubungkan ke komputer dengan menggunakan USB port, namun ada juga yang berjenis wireless. Pada umumnya webcam dilengkapi oleh sejumlah fitur seperti:

  • Mikrofon
  • Kemampuan untuk digeser dan disesuaikan posisinya (sesuai keinginan pengguna)
  • Sensor yang terpasang secara built-in yang bisa mendeteksi pergerakan yang ada di depannya
  • Lampu indikator yang ketika menyala berarti kamera tersebut tengah aktif

Penggunaan webcam menjadi marak belakangan ini karena kebutuhan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan perangkat lunak semakin banyak diminati, contohnya adalah Skype.

Tidak ada yang menyangka bahwa berkomunikasi menggunakan webcam bakal sepopuler sekarang ini. Sejarah mencatat bahwa webcam yang pertama kali diciptakan bernama Xcoffee.

Kamera ini dibuat tahun 1991 oleh Quentin Stafford-Fraser dan Paul Jardetzky yang kemudian baru bisa dihubungkan ke Internet pada tahun 1993 dengan bantuan Daniel Gordon dan Martyn Johnson.

Dalam masa percobaannya, kamera ini dimanfaatkan untuk memonitor sebuah kedai kopi di luar Trojan Room di University of Cambridge. Hal ini dimaksudkan agar orang tak perlu pergi ke kedai kopi ketika stok kopi di kedai tersebut sedang kosong.

Fungsi Webcam

Webcam memiliki banyak fungsi, diantaranya yaitu:

1. Berkomunikasi

Keberadaan webcam memungkinkan pengguna komputer untuk berkomunikasi secara langsung. Tidak hanya itu, kita juga bisa dengan mudah melihat wajah lawan bicara kita.

Saat ini telah banyak perangkat lunak yang menyediakan fitur seperti itu, beberapa diantaranya Skype, Google Hangout, Viber dan lain sebagainya.

Komunikasi dengan memakai webcam ini sangat membantu menghubungkan dua orang atau lebih yang lokasinya saling berjauhan atau ketika kita ingin menghubungi keluarga kita yang berada di luar negeri.

2. Belajar Jarak Jauh

Kamu bisa dengan mudah belajar dengan seseorang meskipun dipisahkan dengan jarak yang jauh, misal kamu di Indonesia, lawan bicara kamu di Amerika. Dengan adanya webcam ini, soal jarak tidak lagi menjadi masalah.

Melalui webcam ini, para murid atau pelajar bisa bertanya pada guru mereka jika ada pertanyaan atau hal mengganjal seputar mata pelajaran sekolah. Webcam juga memungkinkan dilakukannya pelatihan atau training lewat Internet. Bahkan, sejumlah pihak menawarkan jasa webinar atau seminar lewat web.

3. Konferensi Jarak Jauh

Ada kalanya perusahaan menggunakan webcam untuk melangsungkan konferensi jarak jauh. Mereka yang ada di lokasi jauh pun tak menjadi masalah dan tidak akan ketinggalan konferensi yang berlangsung.

Selain itu, dengan adanya konferensi video lewat webcam ini, antara manajer dan karyawan tidak harus berada di lokasi yang sama jika sedang diadakan meeting atau rapat.

Cara Kerja Webcam

Webcam merupakan sejenis kamera kompak yang bisa dipasang ke komputer atau laptop guna menyiarkan video secara real-time alias live.

Mirip dengan kamera digital pada umumnya, webcam bekerja dengan menangkap cahaya lewat lensa berukuran kecil di bagian depan dengan bantuan detektor cahaya mikroskopik yang terpasang pada microchip penerima gambar, yang umumnya berteknologi Charge-Couple Device (CCD) atau CMOS image sensor.

Gambar yang didapat pun langsung bisa diolah secara digital dan disebarluaskan melalui internet. Hanya saja, berbeda dengan kamera digital, sebuah webcam tidak dilengkapi keping memori atau flash memory card.

Webcam dirancang untuk tidak perlu “menyimpan” gambar karena fungsi utamanya hanya merekam dan mengirimkan gambar yang diperoleh secara langsung. Itu sebabnya salah satu jenis webcam ada yang menggunakan kabel USB di bagian belakang.

Kabel USB ini menyuplai listrik ke webcam dari komputer dan mengambil informasi digital yang ditangkap oleh sensor webcam untuk diteruskan ke komputer. Setiap webcam memiliki fitur dan kemampuan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan harga belinya.

Beberapa webcam ada yang hanya bisa menangkap gambar diam setiap 30 detik, ada juga yang memberikan fitur video streaming dengan kecepatan 30 gambar per detik. Webcam mudah ditemui dan tersedia hampir di semua toko komputer dan retailer elektronik besar

Jenis-Jenis Webcam

Setelah mengetahui apa itu webcam serta fungsi dan cara kerjanya, selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis webcam. Ada beberapa jenis webcam saat ini, diantaranya:

1. Serial and Parallel Port WebCam

WebCam jenis ini sudah terlalu tua dan jarang ditemukan lagi, karena sudah tidak ada yang memproduksi. Selain itu, kamera jenis ini menghasilkan kualitas gambar yang rendah dan frame rate yang rendah pula.

2. USB WebCam

WebCam jenis ini merupakan solusi bagi pengguna baru dan amatir. Mendukung fasilitas PnP ( Plug and Play ) dan bisa dihubungkan ke port USB tanpa harus mematikan komputer, tetapi syaratnya sistem operasi komputer harus mendukung fasilitas USB port.

3. Firewire and Card Based WebCam

Firewire adalah salah satu teknologi video capture device yang diperlukan bagi kamera yang mendukungnya. Pada umumnya WebCam yang membutuhkan video capture device harganya mahal, akan tetapi bisa menghasilkan frame rate tinggi, yaitu 24 sampai 30 frame per second ( fps ).

4. Network and Wireless Camera

Network Camera adalah perangkat kamera yang tidak memerlukan sama sekali fasilitas komputer, karena bisa langsung terhubung ke jaringan melalui modem. Transfer gambar dan suara langsung menuju jaringan LAN atau line telepon via modem.

Software Webcam Gratis

Webcam memang kini menjadi salah satu layanan yang lumayan digandrungi para netter, apalagi chat yang ada webcamnya atau yang biasa dikenal free web cam viewing.

Namun tak semua orang menyukai chatting dengan webcam otomatis karena itu software Webcam merupakan salah satu dari banyak program yang seharusnya kamu install, apalagi jika kamu menggunakan laptop, tentunya sesekali kamu akan menggunakan webcam untuk memotret dan juga untuk merekam video.

Terlebih lagi jika kamu ingin membuat security dirumah atau ditempat kerja kamu tentunya ingin mendapatkan hasil dan layanan yang bagus. Untuk kali ini kita akan membahas beberapa software webcam yang sifatnya freeware namun menyediakan fitur yang menarik.

Berikut ini 5 Software Webcam Gratis yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik hasil rekaman web camera kamu dan juga bisa digunakan untuk streaming dan security melalui komputer kamu.

1. ManyCam

ManyCam adalah salah satu software webcam yang bisa kamu gunakan, dengan tampilan yang menarik aplikasi ini memungkinkan kamu untuk chating dengan menggunakan Skype, MSN, dan Youtube.

Kamu juga bisa menambahkan ribuan efek yang keren untuk menghiasi webcam kamu seperti mengubah wajah kamu, mata, rambut dan juga bisa menambahkan accesoris menarik lainnya. Selain itu juga bisa mengatur audio dengan menambahkan efek audio serta bisa juga untuk mengatur tinggi rendahnya suara kamu.

2. Vitamin D

Nah yang satu ini juga tidak kalah dengan yang pertama tadi, bahkan aplikasi ini juga disebut-sebut sebagai salah satu software webcam populer.

Bagi kamu yang ingin membuat keamanan dirumah kamu menggunakan camera, Vitamin D bisa menjadi salah satu software yang kamu gunakan. Karena keunggulan utama dari software ini adalah bisa mendeteksi benda yang bergerak atau orang dalam video stream.

Yang lebih hebatnya lagi dia juga mengirimkan email ketika ada benda bergerak yang melewati batas yang sudah ditentukan, misalnya ada orang yang melewati jendela yang sebelumnya sudah diatur kalau ada yang melewati jendela maka software ini akan mengirimkan pesan kepada kamu.

Selain tersedia untuk versi gratis, software ini juga tersedia untuk versi berbayar yang tentunya dengan penambahan fitur.

3. Play Camera

Play Kamera juga bisa menjadi salah satu alternatif buat kamu yang menggunakan sistem operasi Windows. Program ini memungkinkan kamu untuk mengambil gambar dan juga merekam video menggunakan kamera sebagai sumbernya.

Dengan ditambahkannya pengaturan “Kamera Properties” kamu bisa menyesuaikan beberapa parameter seperti kecerahan, kontras, warna, saturasi, ketajaman, gamma dan white balance.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur resolusi, video dan pengaturan perangkat audio yang tentunya ini akan sangat berguna ketika kamu melakukan video streaming.

4. Home Camera

Hampir mirip dengan Vitamin D keunggulan utamanya bisa digunakan untuk memantau benda bergerak yang ditangkap oleh kamera. Dengan software ini kamu bisa menghubungkan 4 kamera sekaligus ke komputer dan secara bersamaan kamu bisa memantau keempat kamera tersebut.

Selain itu kamu juga bisa memberikan akses internet kepada software ini sehingga kamu bisa memantau tangkapan kamera kamu darimana saja. Sama dengan Vitamin D juga dia juga bisa mengirimkan pesan kepada kamu untuk ketika ada pergerakan yang mencurigakan yang ditangkap oleh kamera kamu.

5. Yawcam

Nah untuk yang ini juga salah satu perangkat lunak gratis yang bisa kamu coba. Seperti hal software yang lain Yawcam juga dilengkapi dengan Motion Detection, dan Video Streaming melalui internet.

Selain itu, Yawcam juga mendukung modus Stealth. Dalam mode ini, Yawcam akan mulai setiap kali PC kamu mulai, dan segera akan mulai merekam tanpa orang lain tahu.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu webcam beserta fungsi, cara kerja, dan juga jenis-jenis web cam yang beredar saat ini. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button