Apa itu Audacity? Pengertian dan Fiturnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas tentang apa itu Audacity beserta fitur-fiutrnya. Audacity baru-baru ini dibeli oleh Muse Group yang juga mereka memperbarui kebijakan privasinya. Banyak pengguna Audacity mengkhawatirkan perubahan ini.

Bahkan ada yang menuduh bahwa alat pengeditan audio telah menjadi spyware. Namun, perusahaan membantah bahwa Audacity bukan salah satu software spyware.

Mengenal Apa itu Audacity

Apa itu Audacity? Audacity adalah aplikasi perekaman dan pengeditan audio open source gratis, yang juga tersedia untuk Windows dan Mac.

Audacity adalah editor dan perekam audio multi-track yang mudah digunakan untuk Windows, macOS, GNU atau Linux, dan sistem operasi lainnya. Dikembangkan oleh sekelompok sukarelawan sebagai open source.

Tersedia library yang sangat lengkap serta memperhatikan privasi, tapi karena banyaknya pro dan kontra mengenai aplikasi ini. Banyak penggunanya yang meninggalkan Audacity karena masalah privasi tersebut.

Staf Media Studio saat ini sedang menyelidiki dan menguji alat perekaman dan pengeditan audio baru. Kalau kamu mendapatkan keganjilan dari aplikasi tersebut, kamu langsung bisa memberikan feedback kepada Staf Media Studio tersebut Guys.

Audacity dimulai pada musim gugur 1999 oleh Dominic Mazzoni dan Roger Dannenberg di Carnegie Mellon University dan dirilis pada 28 Mei 2000.

Pada 26 Juli 2021, ini adalah unduhan paling populer dari FossHub, dengan lebih dari 110,6 juta unduhan sejak Maret 2015.

Sebelumnya, unduhan terhubung dari Google Code dan SourceForge, dengan total gabungan lebih dari 200 juta unduhan. Audacity memenangkan SourceForge 2007 dan 2009 Community Choice Award untuk Proyek Terbaik untuk Multimedia.

Fitur-Fitur Audacity

Setelah mengenal apa itu Audacity, selanjutnya adalah mengenal fitur-fitur yang ditawarkan oleh Audacity ini, diantaranya:

Rekaman

Perangkat lunak ini memungkinkan kamu merekam audio langsung dengan mudah melalui mixer atau mikrofon. Kamu juga bisa mendigitalkan rekaman dari media lain. Yang lebih menarik adalah kamu bisa menangkap audio streaming pada setiap versi Windows terbaru.

Impor dan Ekspor

Alat ini memungkinkan kamu untuk juga mengimpor, mengedit dan bahkan menggabungkan rekaman lama dengan rekaman baru dan ketika kamu selesai, kamu kemudian bisa mengekspor rekaman kamu dalam berbagai format file.

Mengedit

Audacity memberi kamu kemampuan untuk memotong, menyalin, menempel, dan menghapus. Lebih baik lagi, ini memberi kamu opsi Redo dan Undo berurutan tak terbatas. Kmu juga bisa mengedit dan mencampur sejumlah besar trek.

Kamu bisa menggunakan platform untuk mengubah frekuensi menggunakan Bass dan Treble, Equalization, High atau Low pass dan Notch filter effects.

Dan menggunakan kompresor, kamu bisa memperkuat, memudarkan in atau out atau memperkuat volume. Platform ini juga menawarkan dukungan untuk plugin dan memiliki pemulihan kerusakan built-in.

Audacity juga baru-baru ini memperkenalkan beberapa fitur baru dan menarik, termasuk rhythm track, efek distorsi baru, dan impor data sampel.

Kompatibel

Audacity kompatibel dengan sistem operasi Mac OS X atau macOS, Windows dan GNU atau Linux.

Harga

Seperti disebutkan di atas, alat ini benar-benar gratis dan yang membuatnya lebih menarik adalah fakta bahwa ia menawarkan fitur dan kualitas keluaran yang hampir sama dengan banyak aplikasi berbayar premium.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu Audacity serta fitur-fitur yang ditawarkannya. Buat kamu yang ingin mengedit atau merekam audio, aplikasi ini mungkin bisa menjadi alat yang berguna untuk kamu gunakan.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button