Aplikasi Untuk Edit Subtitle Gratis di PC atau Laptop

Teknatekno.com – Subtitle merupakan keterangan yang biasa ditemukan di bagian bawah objek yang menerjemahkan perkataan karakter. Untuk membantu kamu membuat atau edit subtitle, kami mengumpulkan aplikasi pembuat subtitle atau editor subtitle yang bisa menjadi referensi kamu untuk edit subtitle.

Rekomendasi Aplikasi Untuk Edit Subtitle Gratis

Bagi kamu yang tidak memiliki bakat sebagai penerjamah/translator, kamu bisa memanfaatkan aplikasi dibawah ini untuk mengedit subtitle pada video yang sedang kamu tonton. Berikut ini daftar rekomendasi aplikasi untuk edit subtitle:

1. Subtitle Edit

Subtitle Edit sangat efisien dalam membuat, menyesuaikan, menyinkronkan, dan menerjemahkan baris subtitle. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menyesuaikan subtitle jika tidak sinkron dan membuat subtitle baru dari timeline, waveform atau spectrogram. Aplikasi ini mendukung ratusan format subtitle dan tersedia dalam puluhan bahasa.

2. VisualSubSync

Pembuat subtitle ini adalah salah satu pendukung terbaik untuk format subtitle SRT dan SSA atau ASS. Representasi bentuk gelombang audio adalah dasar dari aplikasi subtitle ini.

Selain itu, dengan aplikasi ini kamu bisa memeriksa kesalahan, mendapatkan saran jaringan, dan menggunakan indikator kecepatan yang tentunya bisa meningkatkan ketepatan subtitle kamu.

3. Subtitle Workshop

Seperti yang bisa diduga dari namanya, Subtitle Workshop adalah salah satu aplikasi pembuatan subtitle paling fasilitatif dalam arti bahwa tidak ada format dan fitur yang tidak akan kamu temukan di dalamnya.

Kamu bisa mendapatkan tampilan yang mudah digunakan, alat untuk baca dan tulis, alat penyesuaian, pemeriksa ejaan, alat perbaikan, operasi terkait teks dan waktu, pratinjau video (dan apa pun yang mungkin kamu inginkan) di satu tempat.

4. SubtitleCreator

Jika kamu berpikir untuk membuat subtitel baru untuk DVD yang memiliki copyright, aplikasi ini bisa menjadi salah satu editor subtitle yang kuat di daftar kamu. Pembuat subtitle ini memiliki wizard built-in untuk Authoring DVD yang akan membantu kamu melampirkan subtitel di bagian DVD.

Kamu bisa menambahkan subtitle tanpa kehilangan keaslian menu DVD. Selain itu SubtitleCreator mendukung fitur pratinjau DVD, pergeseran atau perubahan warna, sinkronisasi, editor WYSIWYG, tag, dll.

5. Aegisub Advanced Subtitle Editor

Aegisub Advanced Subtitle Editor sangat membantu dalam pembuatan subtitle film menggunakan audio atau video. Aegisub adalah salah satu editor subtitle teknologi lintas platform yang mutakhir.

Penampil canggih ini mendukung terjemahan dalam hampir 30 bahasa yang berbeda. Aegisub Advanced Subtitle Editor memiliki 3 versi berbeda untuk 3 sistem operasi yang berbeda antara lain untuk Windows, OS X, dan Unix.

6. DivXLand Media Subtitler

DivXLand Media Subtitler adalah salah satu yang terbaik untuk membuat, mengedit, dan memperbaiki file subtitle eksternal untuk semua jenis video. DivXLand Media Subtitler sangat cocok untuk membuat subtitle dari file teks biasa.

DivXLand Media Subtitler dirancang untuk membantu kamu dengan pratinjau instan, pemformatan teks dasar, beberapa mode subtitling, pemeriksa ejaan multi-bahasa, mengimpor dan mengekspor format subtitle, shortcut keyboard, penentuan waktu teks otomatis, dll.

Aplikasi ini mendukung format seperti Adobe Encore, SAMI, SubViewer 2.0, DKS, JACOSub 2.7, OVR Script, ZeroG, FAB Subtitler dan banyak lagi lainnya.

7. WinSubMux

WinSubMux bisa mengedit dari SVCD atau CVD yang disembunyikan. Aplikasi ini dikembangkan dengan banyak fitur, termasuk Graphical User Interface, menyimpan file SUB, scan file SVCD, pengaturan waktu, modifikasi palet bitmap subtitle dll. WinSubMux cocok untuk subtitle dengan gambar yang besar.

8. AHD Subtitles Maker

AHD Subtitles Maker Adalah solusi lengkap untuk semua operasi pada subtitle. AHD Subtitles Maker adalah pembuat subtitle terbaik jika digunakan untuk format subtitle berbasis teks yang bisa ditransmisikan sebagai file tunggal.

Dengan menggunakan alat profesional ini, kamu bisa secara otomatis membuat subtitle dengan cara yang paling akurat dan efisien tanpa menggunakan skrip. AHD telah mengintegrasikan aplikasi yang dikenal sebagai tag editor id3 AHD untuk mengedit dan menyimpan Tag ID3 versi 1 dan 2.

9. SubEdit Player

Dengan menggunakan SubEdit Player, kamu bisa menambahkan subtitle dengan begitu mudah. Kamu bisa menambahkan subtitle secara langsung atau bahkan mengimpornya dari situs download subtitle atau aplikasi tertentu.

SubEdit Player mendukung banyak format termasuk DIVX, VOB, WMA, WMV, WAV, M1V, MID, AC3, ASF dan banyak lagi lainnya.

10. Subtitle Editor

Subtitle Editor adalah aplikasi pembuatan subtitle yang bagus yang bisa mengedit, membagi, menggabungkan dan menerjemahkan subtitle untuk GNU atau Linux atau BSD.

Subtitle Editor mendukung fungsi undo atau  redo, drag-and-drop, GStreamer, pratinjau dengan pemutar video eksternal, menyortir subtitle dan banyak lebih. Aplikasi ini dapat bekerja dengan banyak format populer seperti Adobe Encore DVD, Spruce STL, BITC, TTAF, Plain-Text, dll.

Kesimpulan

Nah itulah, sederet rekomendasi aplikasi yang bisa kamu jadikan referensi untuk edit subtitle di PC atau laptop dari Teknatekno. Kamu juga bisa mengedit subtitle di Android dengan aplikasi pengedit subtitle yang tersedia di Playstore. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu ya!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button