Cara Membuat Subtitle Sendiri di Android, PC atau Laptop

Teknatekno.com – Subtitle memiliki peranan penting ketika kamu sedang menonton film dengan bahasa asing. Namun, apakah kamu pernah berpikir bagaimana sih cara membuat subtitle sendiri untuk film atau video sendiri? Terlebih lagi untuk film yang belum ada subtitlenya.

Siapa saja ternyata bisa membuat subtitle sendiri di film atau video mereka. Karena memang cara membuatnya sangat mudah dan bahkan kamu bisa mencobanya melalui laptop ataupun hp android saja.

Selain itu kamu bisa pergi ke situs download subtitle indonesia, namun bagaimana jika tidak tersedia juga? Pasti sangat menyebalkan.

Dengan mengetahui cara membuat subtitle sendiri pasti akan sedikit membantu kamu untuk memberikan subtitle indonesia ke film atau video yang kamu inginkan. Berikut cara yang bisa kamu coba untuk membuat subtitle.

Cara Membuat Subtitle Sendiri di Laptop atau PC

Ada dua cara membuat subtitle film yang bisa kamu coba di komputer atau laptop. Pertama adalah kamu bisa membuat subtitle sendiri tanpa software, dan yang kedua adalah dengan bantuan software.

Menggunakan Notepad

Notepad merupakan aplikasi bawaan windows, jadi setiap komputer atau laptop pastinya sudah memiliki aplikasi notepad ini. Notepad ternyata juga bisa digunakan sebagai pembuat subtitle video. Berikut cara membuat subtitle film menggunakan notepad:

  1. Buka notepad lalu ketikkan angka 1 di baris pertama.
  2. Tekan Enter untuk membuat baris baru.
  3. Dibawahnya masukkan waktu subtitle tersebut dimulai dan berakhir dalam format jam:menit:detik,milidetik. Misal: 00:00:30,000
  4. Tekan Enter untuk baris baru dan masukkan subtitle tepat di bawah format waktu.
  5. Ulangi secara berurutan untuk melanjutkan subtitle yang berikutnya.
  6. Catatan: Agar lebih mudah dan akurat, ketikkan subtitle dengan menonton film atau videonya juga. Berikan juga jarak satu baris pemisah untuk lanjutan subtitle agar lebih rapi.

Setelah kamu sudah berhasil membuat subtitle sendiri menggunakan cara notepad di atas, simpan file tersebut dalam bentuk .srt dan encoding UTF-8. Kamu dapat langsung memasukkan subtitle yang kamu buat ke dalam video dengan cara menggesernya atau mengubah nama subtitle.

Menggunakan Aegisub

Cara membuat subtitle sendiri untuk film dan video yang selanjutnya adalah menggunakan bantuan software aegisub. Berbeda dengan notepad, aplikasi ini mampu memberikan efek subtitle seperti warna dan bentuk font dengan mudah.

Aplikasi ini dapat kamu gunakan secara gratis dan cukup ringan digunakan di laptop. Disana kamu dapat memilih font, warna, ukuran, tata letak dari subtitle yang akan kamu buat. Aplikasi ini juga memberikan preview sehingga kamu tidak akan mengalami kesalahan dalam proses membuat subtitle.

Jika kamu ingin mencoba aegisub sebagai pembuat subtitle di film atau video kamu, berikut cara membuat subtitle sendiri menggunakan Aegisub:

1. Buka Video

Buka software Aegisub lalu klik menu Video > Open Video. Selanjutnya pilih video yang ingin kamu buat subtitle nya. Jangan lupa untuk memasukkan audio dari video tersebut agar lebih mudah dalam pembuatan subtitle. Cukup dengan cara klik di menu Audio > Open Audio from Video.

2. Mengatur Tampilan

Berikutnya adalah dimana kamu dapat mengatur tampilan warna, ukuran, gaya font dari subtitle. Kamu dapat mengatur teks subtitle dengan bebas, namun pastikan agar lebih nyaman untuk dibaca.

Cukup dengan cara klik menu subtitle lalu pilih Styles Manager. Disana kamu akan melihat opsi untuk mengatur tampilan font dengan mudah.

3. Ketikkan Subtitle

Langkah selanjutnya adalah mengetikkan subtitle untuk video kamu. Untuk memasukkan subtitle, cukup pergi ke menu Audio box. Untuk menampilkan dua baris teks dalam satu subtitle, kamu harus memasukkan \N sebagai pemisah garis subtitle. Jika selesai, tekan Enter atau tombol Commit untuk langsung menyimpannya.

Pastikan kamu mengatur posisi subtitle dengan benar. Kenyamanan dalam membaca teks subtitle di dalam film atau video merupakan poin yang penting.

4. Simpan Subtitle

Tahap terakhir adalah tentunya kamu harus menyimpan hasil akhir pembuatan subtitle milik kamu. Caranya cukup mudah, cukup dengan klik menu File > Save Subtitle atau langsung tekan CTRL+S pada keyboard.

Format subtitle yang dihasilkan aegisub bisa digunakan untuk media player video apapun. Bahkan kamu bisa memasukkan subtitle hasil dari aegisub ke dalam video di youtube.

Cara Membuat Subtitle Sendiri di Android

Umumnya orang-orang membuat subtitle bahasa indonesia sendiri menggunakan komputer atau laptop. Namun ternyata ada aplikasi untuk hp android yang bisa kamu gunakan sebagai cara membuat subtitle dengan mudah.

Aplikasi ini cukup ampuh untuk membuat subtitle di video atau film yang akan kamu tonton di android. Selain itu aplikasi ini juga dapat mengubah subtitle yang jelek menjadi selaras dengan video. Berikut cara membuat subtitle sendiri di hp android:

  1. Pertama, instal aplikasi Easy Subtitles melalui Playstore.
  2. Buka aplikasi yang sudah kamu instal tersebut.
  3. Masukkan video yang ingin kamu edit atau tambahkan subtitle.
  4. Kamu bisa langsung mengatur subtitle sesuai keinginan kamu.
  5. Selesai.

Cara Menerjemahkan Subtitle Bahasa Asing

Apakah kamu pernah mencari subtitle untuk sebuah film, namun yang tersedia hanyalah subtitle untuk bahasa inggris saja atau bahasa asing lainnya? Kamu bisa menggunakan fitur dari Google Translate untuk menerjemahkan subtitle dari berbagai bahasa dengan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cari subtitle dengan bahasa asing terlebih dahulu.
  2. Buka file subtitle tersebut menggunakan notepad.
  3. Copy semua isi teks yang ada di dalam subtitle.
  4. Terjemahkan teks tersebut di Google Translate Indonesia.
  5. Buat file notepad baru lalu copas hasil terjemahan.
  6. Simpan ke dalam format .srt dan encoding UTF-8.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno tentang cara membuat subtitle film dan video sendiri menggunakan notepad, aegisub, dan aplikasi di hp android. Kamu dapat memilih metode mana yang paling mudah bagi kamu.

Yang terpenting adalah pastikan kamu membuat subtitle film dengan bahasa yang baik dan penempatan teks yang ideal agar mendapatkan kenyamanan ketika menonton film atau video.

Related Articles

Back to top button