15 Software Recovery Data Terbaik di PC dan Laptop

Teknatekno.com – Terhapusnya data tanpa disengaja menjadi hal yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Dalam hal ini, tentu saja software recovery data sangat dibutuhkan. Software recovery data sendiri berguna untuk mengembalikan data yang terhapus akibat kelalaian si pemilik data atau karena faktor lainnya.

Rekomendasi Software Recovery Data

Berikut daftar rekomendasi software recovery data untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop atau PC:

1. Recuva

Recuva merupakan salah satu software recovery data terbaik. Software ini memungkinkan kamu untuk mengembalikan file dari hard drive, DVD, CD, memory card, dan juga drive eksternal. Selain itu, software ini juga diklaim bisa mengembalikan file dari disk yang rusak, walaupun tidak seutuhnya.

Nah, untuk kamu yang ingin mengembalikan hampir semua file yang terhapus dari sistem, jangan ragu untuk menggunakan software bernama Recuva. Selain dari versi gratisnya, software ini juga menyajikan versi berbayar untuk tawaran fitur yang lebih lengkap.

Link download : https://www.ccleaner.com/recuva

2. iBeesoft Free Data Recovery

iBeesoft Free Data Recovery merupakan aplikasi pemulihan data yang efektif dimana bisa memulihkan data yang “hilang” dari penghapusan yang tidak disengaja, memformat drive/partisi, operasi yang tidak benar, infeksi virus, dll.

iBeesoft Free Data Recovery mendukung pemulihan data dari PC, perangkat USB, hard drive, kartu memori, kamera digital dan perangkat penyimpanan lainnya. Aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah digunakan yang memungkinkan kamu melakukan pemulihan data di Windows dengan mudah.

iBeesoft Free Data Recovery bisa memindai hard drive berbasis Windows atau hard drive eksternal tanpa merusak data apa pun. iBeesoft Free Data Recovery memungkinkan kamu memulihkan foto, video, dokumen, musik, file arsip, dan pesan email dalam waktu yang singkat.

Link download : https://www.ibeesoft.com/free-data-recovery/

3. TestDisk – Software Recovery Data

TestDisk adalah aplikasi open source yang dibuat dengan tujuan untuk mengembalikan partisi yang hilang dan memperbaiki disk non-booting.

Dilengkapi dengan fitur dan sistem recovery data file yang bisa dengan mudah mengalahkan aplikasi recovery data lainnya, TestDisk memiliki banyak pilihan pengaturan untuk para pemula dan pengguna ahli.

Link download : https://www.cgsecurity.org/wiki/TestDisk_Download

4. Undelete 360

Dengan tampilan khas aplikasi Office yang, Undelete 360 dibangun dengan algoritma yang cepat namun efisien sehingga pengguna bisa membatalkan penghapusan file.

Link download : https://undelete360.com/download.html

5. PhotoRec

Menjadi salah satu aplikasi recovery data terbaik saat ini, PhotoRec secara luas diakui kehebatannya karena bisa me-recovery data file pada berbagai perangkat mulai dari kamera digital hingga hard disk. Aplikasi ini dibuat khusus untuk memulihkan data seperti video, gambar, dokumen, dll, dari hard disk dan CD-ROM.

Link download : https://www.cgsecurity.org/wiki/PhotoRec

6. Pandora Recovery

Aplikasi Pandora Recovery memiliki banyak hal yang ditawarkan kepada penggunanya. Namun sistem pendeteksiannya tidak begitu baik dan perlu ditingkatkan lagi. Aplikasi recovery data yang sangat baik ini juga merupakan aplikasi portabel sehingga tidak akan menghabiskan ruang pada hard disk.

Link download : https://www.pandorarecovery.com/

7. MiniTool Partition Recovery

Jika kamu kehilangan seluruh data, maka kamu mungkin memerlukan aplikasi khusus seperti MiniTool Partition Recovery.

Link download : https://www.minitool.com/free-tools/minitool-partitionrecovery.html

8. Wise Data Recovery

Wise Data Recovery adalah salah satu alat undelete tercepat di antara aplikasi recovery data lainnya. Selain lebih cepat, Wise Data Recovery juga dilengkapi dengan beberapa fitur bagus.

Selain cepat dalam melakukan pemindaian file selama proses recovery data, aplikasi ini juga mendukung mode deep scan yang akan melakukan scan lebih baik.

Link download : http://www.wisecleaner.com/wise-data-recovery.html

9. Puran File Recovery

Dengan menggunakan opsi “Find lost files” Puran File Recovery bisa memulihkan semua file dari partisi yang hilang atau rusak. Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah mengedit daftar scan yang menyimpan daftar file untuk recovery data file yang lebih akurat.

Link download : http://www.puransoftware.com/File-Recovery-Download.html

10. PC Inspector File Recovery

PC Inspector File Recovery bekerja dengan baik pada drive FAT dan NTFS bahkan jika sektor boot telah terhapus atau rusak. Namun, antarmukanya sedikit membingungkan karena tata letaknya yang berantakan. Kamu harus menjalankan aplikasi ini sebagai Administrator “Run As Administrator” agar bisa bekerja.

Link download : http://www.pcinspector.de/index-en.html

11. DMDE – Software Recovery Data

DMDE merupakan salah satu aplikasi recovery data yang memiliki banyak fitur. Tapi terlalu banyaknya pengaturan justru bisa mempersulit proses recovery data.

Link download : https://dmde.com/download.html

12. Glary Undelete

Aplikasi recovery data file ini menyediakan tampilan yang bersih namun mudah digunakan untuk pengguna pemula. Glary Undelete tidak memiliki banyak daya tarik visual namun bisa menjadi solusi bagus untuk mendapatkan kembali file yang terhapus.

Link download : https://www.glarysoft.com/glary-undelete/

13. Disk Drill

Aplikasi Disk Drill merupakan aplikasi yang memiliki tampilan yang bagus. Namun kamu harus membayar visual yang bagus dengan mendownload file setup yang lumayan besar (15 MB).

Link download : https://www.cleverfiles.com/disk-drill-windows.html

14. SoftPerfect File Recovery

Aplikasi recovery data ini sangat cocok bagi kamu yang tidak mau kerepotan memasang aplikasi. Aplikasi SoftPerfect File Recovery juga menawarkan tampilan yang minimalis.

Link download : https://www.softperfect.com/products/filerecovery/

15. Stellar Data Recovery

Stellar Data recovery melakukan pekerjaan yang bagus dalam memulihkan data kamu di PC Windows dan Mac. Jika kamu menyesali keputusan kamu untuk menghapus suatu file, aplikasi Stellar Data recovery data ada di sini untuk membantu kamu mengembalikannya dengan cara yang efektif.

Link download : https://www.stellarinfo.com/

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa software recovery data yang bisa Teknatekno rekomendasikan untuk kamu. Kamu bisa menggunakan salah satu dari software diatas untuk mengembalikan data yang terhapus di laptop maupun PC kamu. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button