TikTok Jalin Kemitraan Dengan Audius, Platform Musik Bertenaga Crypto

Teknatekno.com – Aplikasi berbagi video terpopular saat ini, TikTok, telah melakukan kemitraan dengan Audius, layanan streaming musik terdersentralisasi.

Ini merupakan langkah yang hebat, karena perusahaan sekelas TikTok pun sudah melirik inovasi terbaru dari blockchain. Dengan Audius, para musisi bisa memaksimalkan bayaran melalui monetisasi.

Audius adalah layanan streaming musik terdesentralisasi dengan komponen media sosial yang memungkinkan mengunggah lagu mereka ke aplikasi dan menghubungkan penggemar secara langsung dengan artis dan musik baru yang eksklusif.

Sejarah Awal Tiktok Bermitra Dengan Audius

Mitra di antara keduanya berawal dari kritik terkait kompensasi atau bayaran yang tidak adil bagi para musisi atau pencipta lagu. Padahal, dengan ratusan juta pengguna dan pendapatan tahunan yang mencapai puluhan milyar Dolar AS, Tiktok seharusnya mendapatkan untung yang tidak sedikit. Namun kompensasi yang diberikan mendapat kritikan.

Dengan menjalin kerja sama bareng Audius, TikTok tampaknya akan dapat segera menyelesaikan polemik ini dan memberikan keuntungan yang memuaskan bagi semua pihak yang terkait.

Audius akan memungkinkan para musisi menyediakan karya mereka ke TikTok dalam sekali klik. Selain itu, para pengikut musisi di TikTok juga dapat terhubung dengan mereka di Audius.

Dengan kemampuan kripto dan blockchain, Audius bertujuan untuk memberikan para musisi dan pencipta lagu kemampuan untuk lebih memaksimalkan monetisasi.

“Setiap artis dapat mengambil lagu yang sudah mereka miliki di Audius dan mengekspornya ke TikTok dalam satu klik,” kata Forrest Browning, salah satu Pendiri dan Kepala Produk Audius, dilansir dari Rolling Stone, Senin 16 Agustus 2021.

Sejarah Awal Tiktok Bermitra Dengan Audius

Mendapatkan Token AUDIO

Selain mendapatkan kemampuan untuk meningkatkan monetisasi di TikTok, Audius juga memiliki program untuk berbagi hadiah kepada para pengguna di platformnya. Berdasarkan informasi dari situs resmi, hadiah akan berupa kripto asli Audius, yaitu token AUDIO.

Untuk mendapatkan hadiah tersebut, pengguna hanya perlu mengunggah akun terverifikasi pertama mereka di Audius. Jika ingin lebih, karya pengguna harus masuk ke daftar “5 Lagu Tren Mingguan Teratas”, “5 Daftar Putar Tren Teratas” dan “Aplikasi API 10 Bulanan Teratas.”

Detail untuk syarat dan cara klaim juga dapat ditemui di situs resmi Audius, yaitu https://blog.audius.co

Selain itu, sebelumnya, Audius juga telah mengawali bulan ini dengan menggandeng Solana NFT. Dengan dipadukannya Solana NFT, ini akan memungkinkan pengguna platform untuk menampilkan berbagai NFT dari ekosistem Solana. Audius sebelumnya juga sudah menampilkan NFT dari ekosistem Ethereum.

Kesimpulan

Jalinan kemitraan antara TikTok dengan Audius berawal dari kritik terkait kompensasi atau bayaran yang tidak adil bagi para musisi atau pencipta lagu. Melalui Audius, para musisi bisa memaksimalkan bayaran melalui monetisasi.

Selain memaksimalkan monetisasi di TikTok, Audius juga memiliki program untuk berbagi hadiah berupa token AUDIO kepada para pengguna di platform-nya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button