TikTok Jalin Kemitraan dengan Audius Music, Platform Musik Bertenaga Crypto

Teknatekno.com – Aplikasi berbagi video terpopular saat ini, TikTok, telah melakukan kemitraan dengan Audius Music, layanan streaming musik terdersentralisasi. Ini merupakan langkah yang hebat, karena perusahaan sekelas TikTok pun sudah melirik inovasi terbaru dari blockchain.

Dengan Audius, para musisi bisa memaksimalkan bayaran melalui monetisasi. Audius Music adalah layanan streaming musik terdesentralisasi dengan komponen media sosial yang memungkinkan mengunggah lagu mereka ke aplikasi dan menghubungkan penggemar secara langsung dengan artis dan musik baru yang eksklusif.

Sejarah Awal Tiktok Bermitra Dengan Audius

Sejarah Awal Tiktok Bermitra dengan Audius Music

Mitra di antara keduanya berawal dari kritik terkait kompensasi atau bayaran yang tidak adil bagi para musisi atau pencipta lagu. Padahal, dengan ratusan juta pengguna dan pendapatan tahunan yang mencapai puluhan milyar Dolar AS, Tiktok seharusnya mendapatkan untung yang tidak sedikit.

Namun kompensasi yang diberikan mendapat kritikan. Dengan menjalin kerja sama bareng Audius Music, TikTok tampaknya akan dapat segera menyelesaikan polemik ini dan memberikan keuntungan yang memuaskan bagi semua pihak yang terkait.

Audius akan memungkinkan para musisi menyediakan karya mereka ke TikTok dalam sekali klik. Selain itu, para pengikut musisi di TikTok juga dapat terhubung dengan mereka di Audius.

Dengan kemampuan kripto dan blockchain, Audius Music bertujuan untuk memberikan para musisi dan pencipta lagu kemampuan untuk lebih memaksimalkan monetisasi.

“Setiap artis dapat mengambil lagu yang sudah mereka miliki di Audius dan mengekspornya ke TikTok dalam satu klik,” kata Forrest Browning, salah satu Pendiri dan Kepala Produk Audius, dilansir dari Rolling Stone, Senin 16 Agustus 2021.

Sekilas Tentang Audius Music

Audius Music adalah platform musik online yang menyediakan layanan streaming musik dan menjadi alternatif bagi para musisi independen untuk mengunggah karya musik mereka.

Platform ini berfokus pada mendukung karya musik independen dan menawarkan fitur yang memungkinkan para musisi untuk memonetisasi karya mereka dengan lebih mudah.

Dalam Audius Music, para musisi dapat mengunggah dan mendistribusikan musik mereka secara langsung ke pendengar tanpa harus melalui label rekaman atau distribusi musik tradisional. Audius Music juga menawarkan fitur-fitur lain seperti kemampuan untuk membuat playlist, mengikuti artis, dan berinteraksi dengan penggemar.

Audius Music juga menggunakan teknologi blockchain untuk memberikan transparansi dalam proses pembagian royalti. Hal ini memungkinkan para musisi untuk menerima pembayaran secara langsung dan adil berdasarkan jumlah putaran lagu mereka di platform.

Sebagai platform musik independen yang baru, Audius Music semakin populer dan menarik perhatian para musisi dan pendengar musik. Platform ini telah berhasil menarik perhatian para investor dan mendapatkan dukungan dari beberapa perusahaan besar di industri musik, termasuk Katy Perry, Nas, dan Timbaland.

Download Aplikasi Audius Music di Android dan iOS

Nama AplikasiAudius Music
PengembangAudius Inc.
Tanggal Rilis4 Feb 2020
Download500.000+ download
Rating kontenRating 12+
VersiAndroid 1.1.386
iOS 1.1.63
KompatibilitasAndroid 6.0 and up
iPhone: iOS 12.4 or later.
iPod touch: iOS 12.4 or later.
Mac: macOS 11.0 or later and a Mac with Apple M1 chip or later.
DownloadPlay Store

App Store

Cara Mendapatkan Token AUDIO

Selain mendapatkan kemampuan untuk meningkatkan monetisasi di TikTok, Audius Music juga memiliki program untuk berbagi hadiah kepada para pengguna di platformnya. Berdasarkan informasi dari situs resmi, hadiah akan berupa kripto asli Audius, yaitu token AUDIO.

Untuk mendapatkan hadiah tersebut, pengguna hanya perlu mengunggah akun terverifikasi pertama mereka di Audius. Jika ingin lebih, karya pengguna harus masuk ke daftar “5 Lagu Tren Mingguan Teratas”, “5 Daftar Putar Tren Teratas” dan “Aplikasi API 10 Bulanan Teratas.”

Detail untuk syarat dan cara klaim juga dapat ditemui di situs resmi Audius, yaitu blogdotaudiusdotco

Selain itu, sebelumnya, Audius juga telah mengawali bulan ini dengan menggandeng Solana NFT. Dengan dipadukannya Solana NFT, ini akan memungkinkan pengguna platform untuk menampilkan berbagai NFT dari ekosistem Solana. Audius sebelumnya juga sudah menampilkan NFT dari ekosistem Ethereum.

Daftar Platform Musik Online Selain Audius Music

Kini saatnya bagi kamu untuk mengeksplorasi pilihan lainnya yang bisa menemani aktivitas mendengarkan musik kamu. Berikut ini adalah daftar platform musik online selain Audius Music yang bisa kamu jelajahi untuk menemukan katalog musik yang sesuai dengan selera kamu:

  1. Spotify – Platform musik online yang sangat populer dengan katalog musik yang sangat luas dan beragam. Platform ini menawarkan layanan streaming musik, podcast, dan radio internet.
  2. Apple Music – Layanan streaming musik yang dikembangkan oleh Apple Inc. Apple Music menawarkan katalog musik yang sangat besar dan dapat diakses melalui aplikasi di perangkat iOS dan Android.
  3. Deezer – Platform musik online yang menawarkan katalog musik dengan lebih dari 73 juta lagu dan juga menyediakan podcast dan radio internet.
  4. Tidal – Layanan streaming musik yang menawarkan katalog musik dengan kualitas audio yang tinggi dan juga fitur editorial yang mengulas berita dan informasi terbaru dari dunia musik.
  5. Amazon Music – Platform musik online yang dikembangkan oleh Amazon. Amazon Music menawarkan katalog musik yang besar dan dapat diakses melalui aplikasi di perangkat iOS dan Android.
  6. SoundCloud – Platform musik independen yang memungkinkan para musisi untuk mengunggah dan mendistribusikan karya musik mereka secara langsung ke pendengar.
  7. YouTube Music – Platform musik online yang dikembangkan oleh Google yang menawarkan layanan streaming musik dan juga video musik yang bisa dinikmati secara gratis.
  8. Bandcamp – Platform musik independen yang memungkinkan para musisi untuk mengunggah dan mendistribusikan karya musik mereka secara langsung ke pendengar dan juga menawarkan fitur untuk memonetisasi karya mereka.
  9. iHeartRadio – Platform musik online yang menawarkan layanan streaming musik dan radio internet dari berbagai stasiun radio di seluruh dunia.
  10. Pandora – Layanan streaming musik yang menawarkan fitur stasiun radio internet yang disesuaikan dengan selera musik pengguna.
  11. Joox – Platform musik online yang dikembangkan oleh Tencent Music Entertainment Group yang menawarkan katalog musik regional dan internasional.
  12. Gaana – Platform musik online yang menawarkan katalog musik Bollywood, regional India, dan juga musik internasional.
  13. QQ Music – Layanan streaming musik yang menawarkan katalog musik yang besar dan populer di China.
  14. KKBOX – Platform musik online yang menyediakan katalog musik dengan fokus pada musik Asia.
  15. NetEase Cloud Music – Platform musik online yang menawarkan katalog musik dengan fokus pada musik regional dan indie di China.
  16. Yandex.Music – Layanan streaming musik yang menawarkan katalog musik dengan fokus pada musik Rusia dan internasional.
  17. 8tracks – Platform musik online yang menawarkan fitur untuk membuat playlist musik dan juga mengikuti playlist buatan pengguna lainnya.
  18. Mixcloud – Platform musik online yang menawarkan fitur untuk mengunggah dan mendengarkan mixtape musik dari berbagai genre.
  19. Last.fm – Layanan streaming musik yang menawarkan katalog musik dengan fokus pada artis dan lagu yang disesuaikan dengan selera musik pengguna.
  20. NTS Radio – Platform musik online yang menawarkan stasiun radio internet yang menampilkan berbagai genre musik dari seluruh dunia.
  21. Mixlr – Platform musik online yang menawarkan fitur untuk mengunggah dan mendengarkan siaran langsung musik, termasuk konser dan acara musik lainnya.
  22. Beatport – Platform musik online yang menawarkan katalog musik dengan fokus pada genre musik elektronik seperti techno, house, dan dance.
  23. Qobuz – Layanan streaming musik yang menawarkan katalog musik dengan kualitas audio Hi-Res yang tinggi.
  24. Napster – Platform musik online yang menawarkan layanan streaming musik dan fitur untuk membuat playlist musik.
  25. Highresaudio – Platform musik online yang menawarkan katalog musik dengan kualitas audio Hi-Res yang tinggi dan cocok untuk para pecinta musik yang ingin menikmati kualitas suara terbaik.

Kesimpulan

Jalinan kemitraan antara TikTok dengan Audius Music berawal dari kritik terkait kompensasi atau bayaran yang tidak adil bagi para musisi atau pencipta lagu. Melalui Audius Music, para musisi bisa memaksimalkan bayaran melalui monetisasi.

Selain memaksimalkan monetisasi di TikTok, Audius Music juga memiliki program untuk berbagi hadiah berupa token AUDIO kepada para pengguna di platform-nya.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like