Rangkaian Tes dan Alur Pendaftaran UM-PTKIN 2022

Teknatekno.com – Pendaftaran UM-PTKIN 2022 atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dibuka mulai Senin, 25 April hingga 4 Juni mendatang. Calon mahasiswa lulusan SMA, SMK, MA, MAK, pesantren mu’adalah, dan sederajat tahun 2020-2022 bisa mendaftar.

Biaya pendaftaran UM-PTKIN 2022 yaitu Rp 200.000. Peserta kelompok ujian IPA dan IPS dapat memilih maksimal 3 prodi di 58 PTKIN se-Indonesia plus 1 PTN Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat.

Kelompok ujian UM-PTKIN ditentukan berdasarkan pilihan prodi peserta. Bila memilih prodi IPA di semua pilihan, maka kelompok ujian peserta adalah IPA, begitu juga sebaliknya untuk IPS. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Peserta UM-PTKIN 2022 bisa memilih lokasi ujian di salah satu PTKIN di Indonesia. Ujian digelar lewat Sistem Seleksi Elektronik (SSE) dengan komputer atau paperless, baik naskah soal maupun lembar jawabannya.

Alur Pendaftaran UM-PTKIN 2022

Ujian UM-PTKIN 2022

Adapun rangkaian tes ujian UM-PTKIN 2022 terdiri dari:

  • Tes Kemampuan Dasar:
    – Tes Potensi Akademik
    – Bahasa
    – Keislaman
    – Al Quran
  • Tes Kemampuan Bidang IPA/IPS

Jadwal UM-PTKIN 2022

Berikut jadwal UM-PTKIN 2022:

  • Pendaftaran dan pembayaran: 25 April – 4 Juni 2022
  • Finalisasi pendaftaran: 25 April – 4 Juni 2022
  • Pelaksanaan uji coba SSE: 07 – 10 Juni 2022
  • Pelaksanaan ujian: 14 – 17 Juni 2022
  • Pengumuman: 30 Juni 2022

Alur Pendaftaran UM-PTKIN 2022

Unutk melakukan pendaftaran, ikuti alur-alur dibawah ini:

  1. Buka situs um-ptkindotacdotid, lakukan pendaftaran dan isi biodata hingga mendapat nomor Slip Instruksi
  2. Pembayaran (SIP), informasi nominal yang harus dibayarkan, serta tata cara pembayaran.
  3. Bayar Pendaftaran Rp 200.000 melalui:
    – Bank BNI: pembayaran di Kantor Cabang, dengan ATM, SMS Banking, dan Keagenan Bank BNI dengan menggunakan nomor SIP.
    – Selain Bank BNI: transfer ke Virtual Account BNI melalui Kantor Pos atau bank apa saja di Indonesia yang mendukung transfer antar bank, tunjukkan nomor SIP sebagai nomor Virtual Account BNI kamu. Cara ini dapat dikenakan biaya tambahan.
  4. Simpan Bukti Pembayaran
  5. Log in kembali di um-ptkindotacdotid dengan NISN/NISS dan password, lalu pilih kelompok ujian, program studi, dan panitia lokal ujian
  6. Cetak Kartu Ujian
  7. Ikuti ujian UM-PTKIN menggunakan Aplikasi SSE.

Penutup

Demikianlah informasi dari Teknatekno.com mengenai rangkaian tes dan alur pendaftaran UM-PTKIN 2022. Untuk informasi selengkapnya tentang pendaftaran UM-PTKIN 2022 bisa kamu lihat di um-ptkindotacdotid. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like