Pendaftaran UMPTKIN 2022 Resmi Dibuka! Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Teknatekno.com – Pemerintah telah resmi membuka pendaftaran UMPTKIN 2022 mulai hari Senin 25 April 2022 hingga 4 Juni 2022. Link pendaftaran UMPTKIN 2022 bisa disimak di um-ptkindotacdotid.

Bagi kamu yang berminat atau tertarik untuk melanjutkan studi di kampus Keagamaan Islam Negeri ini, kamu bisa mendaftar dan menyimak apa saja persyaratan yang dibutuhkan. Berikut syarat dan tata cara pendaftaran UMPTKIN 2022.

Jadwal Pelaksanaan UMPTKIN 2022

Syarat dan Ketentuan Umum Pendaftaran UMPTKIN 2022

Dikutip dari situs resmi UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), berikut ini sejumlah persyaratan umum bagi peserta UMPTKIN 2022:

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah/PDF/PKPPS atau yang setara tahun 2020, 2021 dan 2022
  2. Lulusan tahun 2020 dan 2021 harus sudah memiliki Ijazah. Sedangkan lulusan tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Surat Pengumuman Lulus dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah/PDF/PKPPS dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah/PDF/PKPPS.
  3. Membayar biaya UM-PTKIN melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia Nasional.
  4. Kelompok ujian UMPTKIN terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu :
    – Tes Kemampuan Dasar/TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman, Al Quran)
    – Tes Kemampuan Bidang IPA
    – Tes Kemampuan Bidang IPS
  5. Ketentuan kelompok program studi dan jumlah pilihan adalah sebagai berikut:
    – Kelompok ujian peserta akan ditentukan berdasarkan pilihan prodi peserta. Apabila peserta memilih prodi IPA di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPA atau jika peserta memilih prodi IPS di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPS
    – Semua kelompok ujian (IPA/IPS) bisa memilih minimal 1 prodi dan maksimal 3 prodi
    – Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan
    – Setiap peserta bebas memilih lokasi ujian di salah satu PTKIN seluruh Indonesia
  6. Ujian hanya terdiri daru satu tipe ujian yaitu :
    Sistem Seleksi Elektronik (SSE), yaitu ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. SSE ini tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

Jadwal Pelaksanaan UMPTKIN 2022

Adapun jadwal pelaksanaan UMPTKIN 2022 yaitu:

  • Pendaftaran atau Pembayaran : 25 April – 4 Juni 2022
  • Finalisasi Pendaftaran : 25 April – 4 Juni 2022
  • Pelaksanaan Ujicoba SSE : 07 – 10 Juni 2022
  • Pelaksanaan Ujian : 14 – 17 Juni 2022
  • Pengumuman : 30 Juni 2022

Jadwal Ujian

Pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN tercantum pada masing-masing Kartu Tes peserta dan dilaksanakan di rumah masing-masing dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 (Dua Ratus Ribu Rupiah). Belum termasuk biaya tambahan jika transaksi menggunakan Virtual Account.

Alur Pendaftaran UMPTKIN

Adapun alur pendaftaran UMPTKIN 2022 yaitu sebagai berikut:

  1. Calon peserta mendaftar Akun UM-PTKIN:
    – Pilih Daftar NISN Bagi Calon Pendaftar yang memiliki NISN dan belum memiliki akun SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN.
    – Pilih NISS Bagi Calon Pendaftar yang tidak memiliki NISN dan belum memiliki akun SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN.
    – Username/NISN/NISS dan Password didapat setelah melakukan pendaftaran dan dikirim melalui email yang dicantumkan saat pendaftaran akun UM-PTKIN.
  2. Pilih Login. Gunakan Username/NISN/NISS dan Password.
  3. Mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id hingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), Informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.
  4. Calon peserta melakukan pembayaran di Bank BNI atau Selain BNI dengan ketentuan sebagai berikut :
    – Melalui Bank BNI, pembayaran bisa dilakukan di seluruh Kantor Cabang, ATM, SMS Banking (Aplikasi Android/IOS), Keagenan Bank BNI dengan menunjukkan atau memasukkan nomor SIP.
    – Selain Bank BNI, pembayaran bisa dilakukan dengan cara transfer ke Virtual Account BNI melalui Bank manapun di seluruh Indonesia yang mendukung transfer antar bank dengan menunjukkan nomor SIP sebagai nomor Virtual Account BNI kamu. (ada tambahan biaya tergantung mitra).
  5. Peserta mendapat bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apapun.
  6. Peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan melakukan Login kembali menggunakan NISN/NISS dan Password untuk memilih kelompok ujian, program studi dan Panitia Lokal ujian hingga cetak kartu ujian.
  7. Mengikuti ujian UM-PTKIN menggunakan Aplikasi SSE.

Ikuti panduan pendaftaran UMPTKIN 2022 yang sesuai agar proses pendaftaran berhasil.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai pendaftaran seleksi UMPTKIN tahun 2022 yang resmi dibuka oleh Pemerintah mulai 25 April sampai dengan 1 Mei 2022 mendatang.

Bagi Teknozen yang tertarik untuk melanjutkan studi di kampus Keagamaan Islam Negeri, bisa langsung mendaftarkan diri dengan mengunjungi link resmi um-ptkin.ac.id serta mengikuti rangkaian tes seleksi UMPTKIN 2022 yang ditentukan.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like