Apa itu MicroStrategy? Haruskah Mempelajarinya?

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas seputar apa itu MicroStrategy, mulai dari pengertiannya, sejarahnya, cara kerjanya serta alasan mengapa MicroStrategy penting untuk dipelajari.

Data adalah salah satu aset terbesar untuk bisnis apa pun di lingkungan saat ini. Dan banyak pemilik bisnis merasa sangat sulit untuk mempertahankan volume besar informasi bisnis.

Pengusaha hari ini mencari untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan kontrol data terkait bisnis untuk mendapatkan nilai terbaik untuk investasi bisnis mereka.

Untuk mempermudah hidup pemilik bisnis, pengembang di seluruh dunia terus-menerus bersaing dengan berbagai alat intelijen bisnis.

Namun, MicroStrategy terbukti menjadi platform yang paling andal, tepercaya, dan aman. Nah, untuk mengurangi rasa penasaran kamu tentang apa itu MicroStrategy, yuk simak penjelasan dari Teknatekno berikut ini.

Mengenal Apa itu MicroStrategy

Mengenal Apa itu MicroStrategy

Jadi, apa itu MicroStrategy? MicroStrategy adalah alat intelijen bisnis, mendukung dasbor interaktif, laporan berformat tinggi, kartu skor, peringatan, kueri ad hoc, distribusi laporan otomatis, dan ambang batas, dll.

Antarmuka MicroStrategy mencakup desktop (untuk pengembang), web, integrasi Microsoft Office serta Mobile Aplikasi.

Tidak seperti kebanyakan OLAP multidimensi kuno, yang dikenal untuk mendukung pelaporan tingkat ringkasan, OLAP relasional MicroStrategy membantu pengguna untuk “mengebor di mana saja” di seluruh database.

MicroStrategy memungkinkan kamu untuk mengakses semua data bisnis kamu, bahkan data yang terkait dengan suatu transaksi.

Bagaimana MicroStrategy Bekerja?

Semua dasbor MicroStrategy dirancang untuk objek bisnis tertentu. Berbagai objek ini bertanggung jawab untuk menentukan cara mengimpor data dari sumber data kamu, cara melakukan perhitungan pada data yang dikumpulkan, dan yang lebih penting, cara menampilkan hasil saat setiap dasbor sedang beraksi.

Saat kamu memasukkan data bisnis kamu ke MicroStrategy Desktop, data disimpan di dalam dasbor. Kumpulan data memungkinkan kamu untuk memanipulasi data yang muncul di dasbor, dan itu juga, tanpa mengimpor data ke kumpulan data yang berbeda.

Alat MicroStrategy memungkinkan kamu untuk melakukan manipulasi berikut pada data kamu tanpa mentransfernya ke kumpulan data baru:

  1. Menampilkan data dengan cepat.
  2. Memfilter data dengan cepat.
  3. Membuat metrik dengan cepat.
  4. Membuat atribut dengan cepat.
  5. Menggabungkan beberapa data atribut menjadi satu item.

Mengapa MicroStrategy Digunakan Secara Luas

Mengapa MicroStrategy Digunakan Secara Luas?

Setelah mengetahui apa itu MicroStrategy, ternyata ada banyak alasan mengapa MicroStrategy digunakan lebih banyak daripada kebanyakan pesaingnya.

Organisasi memilih MicroStrategy daripada alat BI (Business Intelligence) lainnya untuk menyiapkan aplikasi kelas bisnis yang unik dan modern dari semua jenis.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk mempersiapkan aplikasi bisnis tradisional dan modern. Berikut adalah beberapa alasan lain untuk popularitasnya:

  1. MicroStrategy adalah satu-satunya platform yang memungkinkan analitik perusahaan serta mobilitas.
  2. Sangat baik dalam menggabungkan kecerdasan bisnis tradisional, tetapi berharga dengan analitik modern, mutakhir, teknologi cloud, dan teknologi seluler.
  3. Ini membantu bisnis untuk memaksimalkan nilai informasi dan untuk mempercepat bisnis dengan membangun dan menerapkan aplikasi bisnis yang revolusioner.
  4. Teknologi unik MicroStrategy dirancang secara organik, sehingga semua bagiannya bekerja secara terpadu tanpa masalah.
  5. Ini adalah salah satu dari sedikit platform yang terintegrasi dengan sangat mudah dengan sebagian besar vendor teknologi terkemuka dan alat sumber terbuka. Jadi, menjadi lancar untuk mengelola aplikasi, proses, atau alur kerja apa pun dengan analitiknya yang unggul.
  6. Pelaporan MicroStrategy saat ini adalah salah satu yang terbaik dalam bisnis ini.
  7. Fitur seperti Intelijen Bisnis Seluler, teknologi cloud perusahaan, dan analitik data besar memastikan pengiriman aplikasi lebih cepat.
  8. Ini memungkinkan organisasi untuk mengganti alat BI (Business Intelligence) tradisional dengan lencana digital untuk menyampaikan data telemetri yang berharga dan real-time.

Sejarah MicroStrategy

MicroStrategy didirikan oleh Michael J. Saylor dan Sanju Bansal pada tahun 1989. Keduanya adalah mahasiswa di Massachusetts Institute of Technology.

Perusahaan memulai dengan memproduksi perangkat lunak penambangan data dan intelijen bisnis dengan menggunakan matematika nonlinier.

  • Pada tahun 1992, MicroStrategy menulis kesepakatan $ 10 juta dengan McDonald’s yang terbukti menjadi kesepakatan terobosan bagi perusahaan.
  • Pendapatannya terus meningkat 100% setiap tahun antara tahun 1990 dan 1996.
  • Pada tahun 1998, MicroStrategy diubah menjadi perusahaan publik.
  • Unit penelitian dan pengembangan perusahaan dimulai di Alarm.com pada tahun 2000.
  • Pada Februari 2009, MicroStrategy menandatangani kesepakatan senilai $27,7 juta untuk menjual Alarm.com dengan ABS Capital Partners. Pada tahun yang sama, perusahaan datang dengan layanan OLAP dengan cache dan data bersama.
  • Pada 2010, perusahaan mulai mengembangkan perangkat lunak BI (Business Intelligence) untuk platform seluler seperti iPhone dan iPad.
  • Pada tahun 2011, MicroStrategy memperkenalkan layanan berbasis cloud yang disebut “MicroStrategy Cloud”.
  • Pada tahun 2014, perusahaan mengumumkan kolaborasinya dengan Facebook dan muncul dengan fitur baru yang disebut PRIME (Parallel Relational In-Memory Engine).
  • Pada Juni 2015, MicroStrategy mengumumkan ketersediaan MicroStrategy 10.
  • Pada Januari 2019, MicroStrategy 2019 diperkenalkan.
  • Pada bulan Februari 2020, perusahaan mengumumkan versi terbaru dari MicroStrategy, MicroStrategy 2020. Ini dikenal dengan alat analitik dan Hyper Intelligence.

Arsitektur MicroStrategy

Sistem keseluruhan MicroStrategy dirancang di sekitar Arsitektur MicroStrategy tiga tingkat atau empat tingkat:

  • Tingkat pertama : Ada dua database. Data warehouse berisi informasi yang dianalisis oleh pengguna, dan metadata MicroStrategy, yaitu tentang informasi yang terkait dengan proyek MicroStrategy.
  • Tingkat kedua : Dari arsitektur berisi MicroStrategy Intelligence Server yang dikenal untuk mengeksekusi laporan, dokumen, dan berkas kamu terhadap gudang data.
  • Tingkat ketiga : Yaitu MicroStrategy Web atau Mobile Server, yang mengirimkan laporan kepada klien.
  • Tingkat keempat : Klien Web MicroStrategy, klien Desktop, klien Perpustakaan, klien Workstation, atau aplikasi MicroStrategy Mobile. Ini berfungsi untuk menyediakan dokumen dan laporan yang relevan kepada pengguna perangkat lunak.

Apa Saja Fitur MicroStrategy

Apa Saja Fitur MicroStrategy?

Berikut ini beberapa fitur yang terdapat pada MicroStrategy:

Cloud

MicroStrategy Cloud menghadirkan kecerdasan bisnis sebagai layanan, bukan sebagai fitur. Ini memberi pengguna kinerja Analytics Enterprise yang komprehensif seperti analisis terperinci, kemampuan analisis seluler, dan pelaporan canggih, dll.

Jika kamu bertanya-tanya, mengapa MicroStrategy digunakan begitu luas, ini adalah salah satu alasan terkuat. Sebagai pengguna, kamu mendapatkan opsi untuk meng-host gudang data kamu di tempat serta di cloud aman MicroStrategy.

Fitur cloud dibangun untuk kinerja tinggi serta keandalan yang konsisten. Ini direkayasa dengan kerangka keamanan yang kuat sesuai dengan kontrol standar industri untuk memastikan data bisnis kamu yang berharga aman tidak seperti sebelumnya.

Mudah Digunakan dan Dirawat

MicroStrategy jelas merupakan alat BI (Business Intelligence) yang sangat canggih. Tapi itu mudah diakses oleh semua orang berkat analitiknya yang canggih. Baik kamu seorang administrator bisnis atau analis, kamu bisa dengan mudah terhubung, memadukan, serta menyiapkan data bisnis tanpa aplikasi pihak ketiga.

Terbukti di Perusahaan

MicroStrategy adalah platform bisnis pada intinya. Sangat mudah untuk mengintegrasikannya ke dalam lanskap bisnis yang lebih besar, karena memungkinkan untuk berintegrasi dengan hampir semua jenis sistem data atau aplikasi bisnis.

Bisnis bisa menggabungkan fungsionalitas MicroStrategy dengan aplikasi dan sistem perusahaan yang sudah ada, serta alat yang akan datang dan yang diperbarui.

Analisis Layanan Mandiri

MicroStrategy membantu pengguna bisnis menjadi mandiri dengan menawarkan kemampuan layanan mandiri yang tidak dimiliki platform BI (Business Intelligence) lainnya. Kamu bisa dengan mudah terhubung ke berbagai sumber data, dan itu juga, tanpa intervensi TI pihak ketiga.

MicroStrategy memudahkan kamu membuat dasbor menggunakan fitur “seret dan lepas” yang sederhana. Kamu bisa melakukannya tanpa memodifikasi atau mengubah data kamu.

Pelaporan Perusahaan

Pelaporan MicroStrategy membantu kamu membuat laporan perusahaan dengan analisis yang lebih elegan. Ini menawarkan kamu metrik level, metrik bersyarat, metrik gabungan, serta metrik transformasi.

Selain itu, kamu mendapatkan opsi untuk membuat filter lanjutan seperti kualifikasi atribut-ke-atribut, daftar elemen gabungan, filter yang diminta, dan filter hubungan antara lain.

Pelaporan perusahaan dari MicroStrategy juga sangat baik untuk mengatur grup kustom untuk membangun hubungan antar atribut.

Juga, ini membantu kamu untuk melakukan matematika tingkat baris dengan menggunakan konsolidasi. Kamu juga bisa membuat jalur bor untuk setiap laporan menggunakan fitur peta bor khusus.

Skalabilitas

Baik itu tentang mendukung tim bisnis kecil atau mengelola ribuan karyawan, MicroStrategy membuatnya sangat mudah untuk memberikan informasi kepada setiap individu.

Ini dirancang untuk mengakses dan menangani kumpulan data terbesar di dunia. Jadi, bisnis bisa dengan mudah dan cepat menghitung penerapan mereka tanpa mengorbankan kinerja.

Keamanan dan Administrasi yang Kuat

MicroStrategy membuat penerapan analitik begitu sederhana melalui antarmuka yang kuat dan terkonsolidasi. MicroStrategy mengintegrasikan kontrol keamanan tingkat grup, platform, dan pengguna yang bisa dikelola melalui mode kontrol daya.

Dengan kombinasi yang kuat dari MicroStrategy dan Usher Technology, sekarang nyaman bagi organisasi untuk menerapkan lapisan keamanan tambahan ke data bisnis mereka yang berharga.

Istilah Penting yang Digunakan dalam MicroStrategy

Istilah Penting yang Digunakan dalam MicroStrategy

Setelah mendapatkan gambaran rinci tentang apa itu MicroStrategy, sekarang penting untuk memahami beberapa istilah penting yang digunakan di dalamnya:

Fakta

Ini adalah objek MicroStrategy di mana metrik dirancang. Ada dua karakteristik fakta: numerik dan agregat. Saldo akun, inventaris, dan pendapatan adalah beberapa contoh utama dari Facts.

Kamu akan menemukan Fakta di gudang data platform. Tabel fakta terdiri dari berbagai kolom, masing-masing kolom ini terdiri dari informasi tertentu. Agregasi SQL seperti SUM dan AVG dikelola pada Fakta pada tabel database.

Atribut

Berfungsi sebagai pemegang informasi, dan memungkinkan pengguna untuk menambahkan konteks pada fakta dalam sebuah laporan. Singkatnya, atribut menyediakan kategori yang berbeda untuk meringkas data bisnis.

Elemen Atribut

Ini adalah data yang ditampilkan dalam laporan. Kamu bisa menyebutnya sebagai sub-level atribut. Di gudang data, atribut direpresentasikan dalam tabel dengan kolom, sedangkan baris mewakili elemen atribut.

Metrik

Perhitungan analitis terhadap data atau fakta dikenal sebagai metrik. Ini dilakukan untuk menghasilkan hasil yang bisa dianalisis untuk pengambilan keputusan atau dibaca sebagai bahan status.

Metrik memainkan peran penting dalam pelaporan MicroStrategy. Mereka sangat mirip dengan rumus yang kamu lihat di perangkat lunak spreadsheet.

Metrik adalah representasi dari ukuran bisnis dan indikator kinerja yang penting. Melalui metrik, MicroStrategy bisa menghitung jumlah karyawan, tingkat inventaris, pendapatan, atau bisa mengunjungi halaman web.

Prompts

Prompt sangat berguna untuk mengubah konten laporan. Perintah memungkinkan kamu menentukan objek yang akan diambil untuk pelaporan dan untuk melaporkan kondisi pemfilteran. Juga, kamu memiliki pilihan untuk membuat pilihan cepat yang berbeda sesuai dengan laporan kamu.

Laporan

Ini adalah objek MicroStrategy penting yang dikenal mewakili permintaan untuk data terformat yang dikumpulkan dari gudang data. Laporan adalah tujuan akhir dari setiap intelijen bisnis. Laporan membantu pengguna mencapai wawasan bisnis yang lebih baik dengan bantuan analisis data.

Apa Saja Komponen dalam Platform MicroStrategy

Apa Saja Komponen dalam Platform MicroStrategy?

Berikut ini beberapa komponen yang terdapat pada MicroStrategy:

Metadata MicroStrategy

Arsip yang menyimpan definisi objek MicroStrategy dan detail yang terkait dengan gudang data.

MicroStrategy Intelligence Server

Server analitis yang dirancang untuk kueri bisnis, analisis OLAP, dan pelaporan.

Pengembang MicroStrategy

Lingkungan modern khusus Windows yang dirancang untuk menyediakan rangkaian lengkap fungsi analitis yang dibuat untuk memfasilitasi penyebaran laporan.

Web MicroStrategy

Lingkungan pengguna yang mudah dirawat, tetapi sangat interaktif yang dirancang khusus untuk mempelajari analisis dan pelaporan MicroStrategy.

Proyek MicroStrategy

Ini memungkinkan kamu untuk merancang serta menyimpan semua objek skema bersama dengan informasi yang kamu perlukan untuk membuat objek aplikasi seperti laporan. Ini memfasilitasi lingkungan yang fleksibel untuk pelaporan.

Arsitek MicroStrategy

Dirancang di sekitar antarmuka terpusat, alat desain proyek membantu kamu untuk menentukan semua komponen yang diperlukan dari proyek kamu.

Manajer Integritas MicroStrategy

Alat otomatis untuk membandingkan berbagai dokumen dan laporan.

MicroStrategy Object Manager

Alat manajemen siklus hidup yang dirancang untuk lingkungan MicroStrategy, dan membantu kamu menyalin berbagai objek di dalam proyek atau di berbagai proyek terkait.

Apa Saja Objek MicroStrategy

Apa Saja Objek MicroStrategy?

Objek MicroStrategy dibagi menjadi tiga kategori, diantaranya:

Objek Skema

Ini adalah objek yang biasanya dibuat oleh perancang proyek. Ini mencakup hal-hal seperti atribut, fakta, hierarki, dan transformasi, dll. Objek Skema seperti objek blok bangunan dan digunakan untuk membuat objek aplikasi.

Objek Aplikasi

Pengguna menggunakan objek aplikasi untuk membuat laporan. Objek ini biasanya dibuat oleh desainer laporan dan disiapkan dari objek skema.

Objek Laporan dan Dokumen

Laporan dirancang dari objek aplikasi. Objek laporan dan dokumen menampilkan hasil yang dikumpulkan dari data kamu untuk dianalisis. Seorang desainer laporan biasanya membuat laporan dan dokumen.

Apa Saja Aplikasi MicroStrategy

Ada berbagai aplikasi MicroStrategy.

  • Ini memberi kamu pengaruh untuk menghasilkan laporan waktu nyata dan data pemantauan.
  • Membantu kamu untuk memanipulasi database dalam satu paket.
  • MicroStrategy memudahkan kamu membuat pelaporan perusahaan, dasbor, kartu skor, dan pemberitahuan, dll.
  • MicroStrategy dikemas dengan beberapa fitur ambang batas dan peringatan lanjutan.
  • Platform BI (Business Intelligence) ini membuat distribusi laporan otomatis menjadi sangat nyaman.
  • Membantu dalam membuat keputusan bisnis yang diinformasikan dengan benar.
  • Melakukan analitik terperinci pada berbagai data, termasuk data penggajian, penjualan, dan inventaris. Dan membuat keputusan bisnis menjadi mudah tidak seperti sebelumnya.

Mengapa Harus Belajar MicroStrategy

Mengapa Harus Belajar MicroStrategy?

Setelah memahami apa itu MicroStrategy, berikut ini beberapa alasan pentingnya mempelajari MicroStrategy:

  • Hal ini ternyata menjadi inti dari intelijen bisnis hari ini. MicroStrategy membantu kamu memahami konsep dan penerapan kecerdasan bisnis untuk berhasil mencapai tujuan bisnis kamu.
  • Kamu bisa mempelajari aplikasi intel bisnis seperti analitik data tingkat lanjut, pembentukan, dan pembuatan laporan, menghubungkan MicroStrategy ke database dan gudang data yang relevan, dan sebagainya.
  • Menurut firma riset bisnis terkemuka, Gartner, MicroStrategy adalah penantang teratas untuk administrasi segmen intelijen bisnis dan analitik.
  • Melalui MicroStrategy, kamu bisa menunjukkan keterampilan bisnis kamu dengan lebih kuat dan menarik.
  • Ini adalah era persaingan yang ekstrim. Dan MicroStrategy membantu kamu untuk tidak hanya menjadi wirausahawan yang terampil, tetapi juga membantu kamu menjalankan bisnis dengan cara yang lebih terorganisir dan bermanfaat.
  • Kamu bisa menunjukkan keterampilan intelijen bisnis kamu. Keterampilan kamu ini akan dituntut oleh bisnis di seluruh dunia yang sudah mendapatkan yang terbaik dari intelijen bisnis.

Kesimpulan

MicroStrategy menjadi salah satu Business Intelligence Platform skala Enterprise yang menjadi salah satu leader di dunia analytics yang mendukung berbagai macam fitur analisa dari Data Discovery, OLAP Report, Predictive Analytics, Geo-Spatial Analysis, Mobile Analysis, dan sebagainya.

Pencarian Populer

Microstrategy Beli Bitcoin - Microstrategy Bitcoin - Microstrategy Indonesia - Microstrategy Overview - Microstrategy Resource - Microstrategy Sec - Microstrategy Support- Microstrategy Twitter -

Related Articles

Back to top button