Aplikasi Pembuat Formulir Online Terbaik

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Buat kamu yang sedang mencari situs atau aplikasi pembuat formulir untuk keperluan tugas sekolah, bisnis atau lainnya, Teknatekno akan memberikan rekomendasi terbaik untuk kamu dibawah ini.

Aplikasi pembuat formulir (Form Builders) adalah aplikasi cloud yang bisa membantu kamu untuk mengembangkan formulir khusus pekerjaan yang bisa disesuaikan. Form Builders juga bisa digunakan untuk mengumpulkan tanggapan pengguna secara real-time dan menyimpan informasi penting lainnya.

Semakin berkembangnya teknologi, saat ini semakin banyak aplikasi pembuat formulir yang beredar di kalangan kita, dan tentunya membuat kita bingung, manakah aplikasi yang cocok digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kita.

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Formulir (Form Builders)

Berikut Teknatekno berikan rekomendasi aplikasi pembuat formulir terbaik yang bisa kamu gunakan:

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Formulir (Form Builders)

1. Google Form

Google Forms adalah salah satu situs pembuat formulir online paling terkenal. Situs ini gratis untuk digunakan, mudah diatur, dan ideal untuk melakukan survei. Jika kamu menggunakan logo atau gambar, Google Form bisa menyusun tema formulir agar sesuai.

Google Forms secara otomatis menyimpan data kamu dalam format Excel. Ini juga berfungsi dengan Google Spreadsheet menggunakan Google Workspace. Jadi, kamu bisa mengakses data kamu dalam format spreadsheet.

Keterbatasannya adalah bahwa ini adalah bagian dari ekosistem Google, dan kamu memerlukan akun Gmail untuk menggunakannya. Kustomisasi desain juga terbatas, dan pengguna harus membuat kata sandi yang kuat untuk melindunginya. Terakhir, kamu harus memiliki akses ke internet untuk menggunakannya.

2. Microsoft Form

Microsoft Forms adalah bagian dari Office 365 dan terutama digunakan untuk membuat survei, polling, dan kuis. Ini berbasis web, sederhana, dan mudah dibuat.

Salah satu manfaat utamanya adalah secara otomatis mengubah data formulir kamu menjadi bagan dan grafik, membuat data kamu lebih mudah dipahami dan ditampilkan. Ini juga terhubung dengan Microsoft Flow dan SharePoint dan memungkinkan kamu mentransfer data ke Excel untuk analisis tambahan.

Salah satu keterbatasannya adalah kamu harus memiliki akun Microsoft untuk mengaksesnya. Kamu mungkin hanya memiliki 100 pertanyaan pada setiap formulir.

Juga tidak ada pilihan untuk menyimpan formulir saat sedang diisi. Semuanya sekaligus. Terakhir, jika kamu menggunakan pertanyaan penilaian, kamu hanya akan memiliki 2-10 kemungkinan.

3. Typeform

Typeform adalah aplikasi pembuat formulir online terbaik yang terkenal karena kepribadiannya yang berbeda. Ini memiliki desain estetika yang menyenangkan dan memungkinkan kamu membuat formulir penghasil prospek dan pembayaran.

Typeform membuat formulir lebih menarik secara visual dengan menggunakan foto, GIF, dan video. Hal ini dilakukan secara halus untuk mempromosikan penyelesaian penyelidikan daripada berfungsi sebagai pengalih perhatian.

Ini juga memiliki konektor bawaan dengan Google Sheets, Mail Chimp, dan Zapier, sebuah platform dengan lebih dari 500 integrasi. Setiap desain bisa menonjol berkat berbagai latar belakang dan gambar yang bisa kamu sisipkan melalui add-on unggahan file.

Typeform memiliki beberapa fitur untuk membantu kamu membuat formulir online kamu, diantaranya, kamu bisa menerapkan perhitungan dan menggunakan Logic Jump untuk menambahkan percabangan pertanyaan, atau pertanyaan bersyarat.

Kekurangannya adalah tidak seperti Google Forms dan Microsoft Forms, yang memungkinkan kamu mengekspor data ke spreadsheet, mengekspor ke Typeform sedikit lebih sulit. Kamu juga tidak bisa dengan cepat mengubah tampilan formulir. Tidak mungkin menghubungkan survei dengan merek kamu.

4. Paperform

Paperform adalah pembuat formulir online dengan berbagai templat formulir responsif untuk dipilih, seperti templat undangan pernikahan, pesanan makan malam, umpan balik pelanggan, dan sebagainya.

Sebelum menjawab pertanyaan, desain memungkinkan kamu untuk mengekspresikan pengalaman kamu menggunakan gambar, video, dan materi lainnya.

Salah satu fitur terbaik dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk menggunakan lebih dari 20 jenis kueri yang berbeda. Dengan cara ini, kamu bisa membuat berbagai bentuk untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Paperform terlihat seperti halaman arahan dan berfungsi sebagai pengganti halaman arahan. Ini membantu kamu mengumpulkan data pengunjung untuk kampanye pemasaran bertarget dan iklan PPC. Yang terbaik adalah membuat formulir yang mencerminkan merek kamu.

Pembuat Formulir Online

5. Moosend

Moosend adalah pembuat formulir online gratis tanpa batas dan tanpa memiliki keahlian teknis. Pembuat formulir drop and down sangat ideal untuk membuat formulir profesional untuk meningkatkan upaya pembuatan daftar atau menampilkan ajakan di situs web kamu.

Dengan pembuat formulir gratis, kamu bisa membuat formulir langganan baru dengan memilih salah satu template formulir elegan yang dirancang untuk semua kebutuhan kamu.

6. Socital

Socital adalah pembuat formulir online yang relatif baru yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini menawarkan berbagai bentuk yang sesuai dengan kebutuhan pembuatan formulir kamu.

Socital mudah digunakan karena mereka membimbing pemula untuk membuat formulir online seperti pilih sasaran untuk kampanye, pilih ajakan bertindak, tentukan target audiens. Setelah menetapkan keinginan, kamu bisa mulai mendesain formulir online dengan memilih salah satu template Socital yang tersedia.

7. HubSpot

HubSpot adalah platform CRM lengkap yang dilengkapi dengan serangkaian alat gratis yang kuat untuk membantu kamu megembangkan bisnis kamu.

Pembuatan formulir HubSpot menggunakan antarmuka drag and drop yang intuitif, sehingga muda untuk mengumpulkan informasi yang kamu inginkan dari pengunjung kamu.

Kamu bisa membuat lima jenis formulir yang berbeda dengan HubSpot seperti: Standalone forms, Embedded forms, Popups, Slide-in boxes, Dropdown banners.

Kamu bisa membuat formulir sebanyak yang kamu inginkan dengan bidang sebanyak yang kamu inginkan, secara gratis. Kamu bisa memilih dari pilihan template formulir berbasis tujuan yang kemudian bisa kamu ubah sesuai keinginan kamu atau buat sendiri dari awal.

8. Optimonk

Optimonk adalah pembuat formulir seret dan lepas memungkinkan kamu membuat berbagai jenis popup untuk menangkap auidens kamu. Kamu bisa membuat formulir langganan dengan mudah, cukup pilih template formulir yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan sesuaikan.

Kamu bisa melakukannya baik dengan memilih tujuan kampanye atau melalui berbagai kategori, seperti Black Friday, Paskah, dan Hari Valentine.

9. Wufoo

Wufoo memiliki banyak pilihan template formulir siap pakai, sulit untuk tidak menemukan template yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Template Wufoo diatur dengan rapi ke dalam kategori, sementara kamu juga bisa menggunakan tool ini seperti: pembuatan prospek, undangan, pesanan online, pendaftaran.

Pembuatan formulir online drag and drop cukup sederhana, sehingga mudah untuk memindahkan, menambahkan, atau menghapus bidang formulir apa pun.

10. JotForm

JotForm adalah salah satu pembuat formulir online gratis tetapi memiliki keterbatasan tertentu. Tool ini memiliki koleksi template yang banyak dan pembuatan formulir yang disederhanakan. Bahkan, JotForm memiliki lebih dari 10 ribu template untuk dipilih. Jadi sulit untuk tidak menemukan satu yang mencakup kebutuhan kamu.

Pembuat Formulir Terbaik

11. Formstack

Formstack adalah tool pembuat formulir online yang menggunakan logika bersyarat dan menawarkan pilihan fitur bermanfaat untuk memandu kamu dalam pembuatan.

Kamu bisa membuat formulir kamu sendiri atau menggunakan template lalu mengkustomisasinya melalui editor seret dan letakkan. Pembuatan formulir juga dilengkapi dengan tombol urutkan ulang konten yang membantu kamu mengatur ulang bidan kamu dengan mudah.

Kamu juga akan menemukan seperangkat fitur hebat, seperti branding kustom dan laporan lanjutan: namun, sebagian besar dari mereka hanya tersedia pada paket tingkat yang lebih tinggi.

12. Cognito Form

Cognito Form memungkinkan kamu untuk membuat formulir tanpa batas dengan intuitive drag-and-drop form builder. Seperti pembuat formulir online terbaik lainnya, ia bisa diintegrasikan Stripe, PayPal, dan Square untuk menerima pembayaran.

Cognito Form adalah salah satu pembuat formulir yang hebat di luar sana karena kemampuannya melakukan perhitungan yang kuat yang bisa membandingkan total biaya, membandingkan tanggal, dan banyak lagi.

Ia didukung conditional logic untuk mengontrol bidang apa yang dilihat orang, dan bagian pengulangan dinamis ideal untuk mengumpulkan data tertentu dari pelanggan.

Aplikasi ini gratis digunakan untuk kebutuhan individu dengan menawarkan penyimpanan 100MB. Ada juga opsi berbayar untuk perusahaan yang menyediakan penyimpanan hingga 100GB.

13. Pabbly

Pabbly adalah salah satu tool paling intuitif yang bisa digunakan untuk membuat formulir dengan cepat. Pabbly memiliki editor drag-and-drop yang mudah digunakan dengan berbagai jenis opsi jawaban yang bisa digunakan mulai dari adio buttons, dropdown lists, and personal info boxes.

Pabbly juga dilengkapi dengan perpustakaan yang cukup besar dari tema formulir yang trendi dan menarik yang bisa digunakan hanya dengan satu klik.

Pabbly juga menawarkan fitur praktis yang bisa merespons pengiriman formulir langsung dari dasbor. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini dengan harga $10 per bulan. Fitur yang ditawarkan meliputi pengiriman tak terbatas dan mendapatkan akses atas semua fitur yang ada.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa daftar aplikasi pembuat formulir terbaik yang bisa Teknatekno rekomendasikan untuk kamu. Meskipun semua aplikasi yang kami rekomendasikan di atas sangat bagus, kamu perlu memilihnya sesuai kebutuhan dan tujuan.

Kamu juga bisa memanfaatkan uji coba gratis yang ditawarkan masing-masing aplikasi tersebut. Selamat emncoba dan semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button