Rekomendasi Website Cek Plagiarisme Terbaik

Teknatekno.com – Buat Teknozen yang sering membuat artikel atau karya di websitenya, pasti sangat membutuhkan rekomendasi beberapa website untuk cek plagiarisme. Apa sih plagiarisme itu?

Menurut Wikipedia, plagiarisme atau kadang-kadang disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain.

Nah, buat kamu yang sering membuat suatu karya, terutama karangan atau artikel, pastinya tidak menginginkan ada yang menjiplak karya kamu bukan? Tenang saja, Teknatekno sudah menyiapkan daftar rekomendasi website cek plagiarisme yang terbaik untuk kamu. Simak daftarnya dibawah ini.

Daftar Software atau Website Cek Plagiarisme

Berikut ini beberapa software ataupun website cek plagiarisme yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi apakah karyamu dijiplak atau tidak.

Daftar Software atau Website Cek Plagiarisme

 

1. Turnitin

Turnitin adalah website cek plagiarisme. Alamat website Turnitin adalah https://turnitin.com/. Program ini beroperasi berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan pada setiap entri teks ke dalam menu. Pemeriksaan plagiarisme ini dapat digunakan sebagai evaluasi satu kali hanya berdasarkan kumpulan repositori.

Namun, jika dibandingkan dengan pendeteksi plagiarisme lainnya. Turnitin adalah alat pendeteksi plagiarisme yang cukup sederhana dan mudah beradaptasi.

Selain itu, sistem Turnitin memiliki fitur yang ideal untuk penggunaan akademis. Dimana kerangka Turnitin saat ini dapat dimodifikasi ke sistem pembelajaran yang ada di kelas.

2. SmallSEOtools

SmallSEOtools adalah situs pemeriksa plagiarisme yang populer karena sistemnya yang sederhana. Pemeriksa plagiarisme ini bisa diakses di laman https://smallseotools.com/plagiarism-checker/.

Pemeriksa plagiarisme ini dapat digunakan tidak hanya melalui website, tetapi juga melalui aplikasi yang ada di ponsel berbasis Android, iOS, atau mac app store.

3. Copyscape

Copyscape adalah website atau program yang mendeteksi plagiarisme. Namun pada sistem ini digunakan sebagai website yang memungkinkan pengecekan dalam penulisan artikel di blog atau website, bukan sebagai cek penulisan. Program ini bisa diakses melalui laman https://www.copyscape.com/.

Bukti dari plagiarisme dalam website ini yaitu munculnya situs berupa penggalan kalimat yang ada dalam artikel. Jika sudah dicek, namun link tersebut tidak muncul di kalimat artikel tersebut, maka makalah atau artikel yang dibuat tidak memiliki bukti plagiarisme.

4. Plagiarism Scanner

Plagiarism Scanner adalah salah satu plagiarisme checker yang bisa diakses secara online melalui website. Program ini bisa diakses di laman http://www.dustball.com/.

Plagiarisme checker ini berjenis berbayar. Plagiarisme Scanner memiliki sistem operasi yang mudah digunakan. Fitur yang dilakukan bukanlah file yang diupload melainkan tulisan yang ingin diketahui tingkat plagiarismenya.

Caranya dengan menyalin semua konten dan menempelkannya ke kolom teks. Kemudian klik tombol check the paper. Selanjutnya, jika frasa atau teks berwarna merah, kalimat tersebut berarti menunjukkan adanya plagiarisme.

Plagiarism Checker Gratis

5. Articlechecker.com

Articlechecker.com adalah website yang digunakan untuk memeriksa plagiarisme. Dengan mendaftar sebagai pengguna, kamu akan dapat memanfaatkan pemeriksa plagiarisme ini.

Akibatnya, jika pengguna tidak mendaftar sebagai pengguna, ia tidak akan dapat memanfaatkan layanan yang disediakan oleh https://www.articlechecker.com/.

6. Plagiarismchecker.com

Plagiarismchecker.com adalah salah satu website yang paling ramah pengguna untuk memeriksa plagiarisme. Plagiarismchecker.com mencari frasa atau teks yang dihosting di server Google atau Yahoo. Program ini bisa kamu akses di laman http://www.plagiarismchecker.com/.

Sehingga, jika sebuah tulisan atau artikel dicuri dari Google atau Yahoo, maka hal itu akan langsung dikenali atau terdeteksi. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa artikel tersebut dicuri, maka prosedur pemindahan artikel curian tersebut ke mesin Google atau Yahoo segera dimulai.

7. Plagium

Plagium adalah alat pendeteksi plagiarisme yang dapat digunakan melalui browser di laman https://www.plagium.com/en/plagiarismchecker. Plagium ini merupakan bentuk software yang berbayar juga. Plagium menawarkan dua jenis pemeriksaan yaitu quick search dan depth search.

Plagium mengenakan biaya $0,04 per halaman untuk pemeriksaan quick search. Kemampuan yang ditawarkan oleh quick search yaitu termasuk menyalin konten secara manual. Tidak ada fitur unggah dokumen dalam fitur ini.

Jadi kalau sedang dalam proses pengecekan harus dalam bentuk kata atau sejenisnya. Akibatnya, orang kesulitan menentukan apakah file tersebut gambar atau pdf. Selain itu, ia hanya menawarkan tingkat keakuratan yang minimal untuk quick search ini.

Sementara depth search dikenakan biaya $0,08 per halaman. Fitur pemeriksaan jenis depth search ini memberikan tingkat akurasi yang tinggi.

Sehingga terciptalah karya tulis atau artikel yang valid dan sah, bukan hasil kerja orang lain. Untuk memanfaatkan fungsi-fungsi yang ditampilkan dalam program ini, kamu harus mendaftarkannya terlebih dahulu.

8. Plagiarismcheck.org

Plagiarismcheck.org adalah website yang memeriksa plagiarisme. Website ini menyediakan kemampuan seperti mengunggah dokumen dan pemeriksaan langsung. Namun, untuk mengakses situs ini, kamu harus membuat akun pengguna terlebih dahulu. Adapun alamat websitenya yaitu https://plagiarismcheck.org/.

9. Viper

Viper merupakan salah satu plagiarisme checker yang berjenis aplikasi. Secara otomatis, ketika ingin menggunakan program ini harus melakukan pemasangan program pada perangkat keras milik kita terlebih dahulu.

Aplikasi ini harus menginstal perangkat lunak pada perangkat keras kita. Aplikasi ini bisa diakses disitus resminya, yaitu https://www.scanmyessay.com/. Pengguna harus terhubung ke jaringan internet untuk mendaftarkan akun pengguna. Menurut hasil pengecekan yang dilakukan oleh program Viper ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Rekomendasi Plagiarisme Checker

10. Plagiarisma

Plagiarisme adalah website cek plagiarisme gratis. Plagiarisma dapat ditemukan di website resmi, http://plagiarisma.net/. Fasilitas plagiarisma ini diberikan secara gratis kepada pengajar dan siswa.

Fitur plagiarisma memungkinkan kamu untuk mengunggah file secara langsung atau menyalin bagian teks yang ingin diperiksa. Dalam Plagiarisma ini juga diberikan akses aplikasi yang bisa kamu install di program windows.

Format dokumen yang dapat diunggah dan diperiksa ke situs Plagiarisma ini antara lain txt, html, rtf, doc, docx, pptx, xlsx, xls, pdf, odt, epub, fb2, dan sebagainya. Untuk melakukan prosedur pengecekan, buatlah akun pengguna yang dapat digunakan untuk melanjutkan program pengecekan plagiarisme.

11. Plagscan

Plagscan merupakan website cek plagiarisme yang dapat diakses melalui laman https://www.plagscan.com/. Plagscan memeriksa teks karya ilmiah dari komputer, penyimpanan internet, atau salinan langsung.

Ribuan sumber digunakan untuk memeriksa, termasuk publikasi ilmiah, artikel, dan sumber lain yang relevan. Laporan plagiarisme dapat berupa kata, frasa, atau kutipan langsung yang tidak terpantau. Jumlah hasil pengecekan diterjemahkan dengan jumlah plagiarisme.

12. Quetext

Quetext merupakan website cek plagiarisme yang bisa kamu akses di laman https://www.quetext.com/. Jika kamu ingin menggunakan layanan Quetext, kamu harus membuat akun pengguna terlebih dahulu. Website ini memiliki sekitar 2 juta pengguna aktif, termasuk profesor dan mahasiswa.

Quetext ini menawarkan dua opsi berlangganan. Layanan yang ditawarkan oleh quetext adalah gratis dan berbayar. Akun pengguna pro tersedia dengan harga $9,99 per bulan. Saat mengunggah file, situs ini mendukung format doc, docx, atau pdf.

13. Plagiarismsoftware.net

Plagiarismsoftware.net merupakan website dengan banyak fitur. Plagiarisme checker ini bisa kamu akses di laman https://www.plagiarismsoftware.net/. File yang diupload melalui sistem harus dalam format docx dan txt.

Plagiarisme checker ini memiliki alat pemeriksaan alamat url selain pemeriksaan teks. URL atau halaman website dapat langsung dimasukkan ke dalam kolom yang disediakan.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa daftar website cek plagiarisme yang bisa Teknatekno rekomendasikan untuk kamu. Beberapa diantaranya ada yang bisa kamu akses secara gratis selama masa uji coba, namun setelah masa uji cobanya habis kamu perlu merubahnya menjadi akun premium. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button