Pengertian Google Meet, Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya

Teknatekno.com – Aplikasi ini merupakan bagian dari Google Hangouts yang dirancang secara khusus, dengan tujuan untuk digunakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi. Pengertian Google Meet secara umum adalah Google meet merupakan aplikasi video conference yang sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan pertemuan secara online.

Biasanya untuk semua kegiatan meeting baik itu pekerjaan maupun meeting kegiatan pendidikan. Nah, apa sebenarnya kelebihan Google Meet dibandingkan dengan aplikasi meeting lainnya, serta fungsinya apa saja, simak artikel dibawah ini.

Memahami Pengertian Google Meet

Memahami Pengertian Google Meet

Pengertian Google Meet atau hangouts meet adalah layanan aplikasi konferensi video kelas atas yang dibuat oleh perusahaan internet terbesar di dunia (Google). Aplikasi ini memberikan layanan yang cukup baik dan dapat mendukung hingga 250 peserta telekonferensi dalam grid pada satu layar pada saat yang bersamaan.

Dari segi kualitas dan keamanan, tidak diragukan lagi bahwa aplikasi ini memiliki kualitas yang cukup untuk memungkinkan pertemuan online yang kritis. Ini adalah salah satu aplikasi bagaimana keuntungan internet dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu dapat menggunakan aplikasi Google Meet di PC, laptop, atau smartphone. Untuk berlangganan Google Meet, sobat bisa memilih dari tiga paket yang diberikan oleh Google:

  • Paket 100 peserta dengan harga $6 per bulan.
  • Paket 120 peserta dengan harga $12 per bulan.
  • Paket 250 peserta dengan harga $25per bulan.

Namun, mulai 1 Juli 2020, kamu dapat menggunakan Google Meet secara gratis untuk membantu kami menangani epidemi Covid 19 yang telah melanda semua negara di seluruh dunia.

Sejarah Google Meet

Setelah menjadi khusus undangan dan merilis aplikasi iOS secara diam-diam pada Februari 2017, secara diam-diam merilis aplikasi iOS pada Februari 2017.

Layanan ini diperkenalkan sebagai alat konferensi video untuk hingga 30 orang, ditagih sebagai versi Google Hangouts yang ramah perusahaan. Ini tersedia sebagai aplikasi web, aplikasi Android, dan aplikasi iOS.

Meskipun Google Meet menyediakan kemampuan yang disebutkan di atas untuk meningkatkan program Hangouts asli, beberapa fungsi Hangouts reguler, seperti menampilkan peserta dan percakapan pada saat yang sama, tidak digunakan lagi.

Jumlah umpan video yang diizinkan pada satu waktu juga dikurangi menjadi 8 (sementara hingga 4 umpan dapat ditampilkan dalam tata letak “tiles”), dengan memprioritaskan peserta yang terakhir menggunakan mikrofon mereka.

Selain itu, elemen seperti kotak obrolan diubah untuk melapisi aliran video daripada menskalakannya agar sesuai.

Selama pandemi COVID-19 2020, penggunaan Meet meningkat 30 kali lipat antara Januari dan April 2020, dengan 100 juta pengguna harian mengakses Meet pada minggu terakhir April 2020, dibandingkan dengan 200 juta pengguna harian yang menggunakan Zoom.

Fungsi Google Meet

Fungsi Google Meet

Aplikasi Google Meet sangat mudah digunakan karena dapat diakses melalui media apa pun. Kamu juga dapat memanfaatkannya melalui desktop atau PC yang sering dijumpai dalam bisnis dan digunakan oleh setiap karyawan yang menderita dengan segala aktivitas komputer.

Selanjutnya, kamu dapat menggunakannya dengan ponsel atau telepon seluler yang selalu kamu bawa. Akibatnya, penerapannya dapat digambarkan sebagai mudah beradaptasi dan berbasis kebutuhan. Software ini bahkan tidak membutuhkan investasi yang besar.

Karena kamu dapat menggunakannya secara gratis atau gratis dengan pendekatan operasi yang sangat mendasar, ini mungkin lebih ramah pengguna.

Manfaat Google Meet

Manfaat dari Google Meet yaitu untuk melakukan tatap muka atau video konferensi secara online. Namun terdapat juga manfaat lain tergantung dengan penggunaan dari aplikasi tersebut.

Manfaat Google Meet dalam pembelajaran tentunya untuk mendukung dan mempermudah proses pembelajaran online tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Sedangkan di tempat kerja, Google Meet digunakan untuk memfasilitasi pertemuan antar karyawan untuk melakukan presentasi.

Fitur Google Meet

Tentu saja, Google Meet datang dan menawarkan banyak fitur yang bisa membantu penggunaan perorangan dan perusahaan hingga skala besar sekalipun. Berikut ini fitur- fitur yang bisa kamu andalkan dari Google Meet:

  1. Pengguna G Suite Basic Suite dapat mengundang hingga 100 orang setiap panggilan, pengguna G Suite Business dapat mengundang 150 orang per panggilan, dan pengguna G Suite Enterprise dapat mengundang 260 orang per rapat.
  2. Memiliki kemampuan mengikuti rapat melalui web atau aplikasi yang diinstal pada smartphone Android dan iOS.
  3. Kemampuan untuk mengadakan rapat online menggunakan nomor dial-in.
  4. Saat pengguna edisi G Suite Enterprise bergabung, sandi atau sandi pengguna akan dilindungi.
  5. Integrasi dengan Google calender untuk panggilan konferensi sekali klik.
  6. Berbagi layar untuk menyajikan dokumen, spreadsheet atau presentasi.
  7. Panggilan terenkripsi di antara semua penggunanya.
  8. Adanya AI menghasilkan teks tertutup.

Fitur Google Meet

Kelebihan Hangouts Meet

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Google Meet yang perlu kamu ketahui:

  1. Ini memiliki tampilan yang menarik, mudah, dan mudah dioperasikan.
  2. Memberikan kemudahan untuk bertemu langsung secara online.
  3. Terintegrasi dengan Google Calendar.
  4. Banyak orang dapat menggunakannya secara bersamaan.
  5. Tersedia di berbagai platform (PC, Android, iOS).
  6. Ada beberapa aspek yang menarik.

Kekurangan Hangouts Meet

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Google Meet yang perlu kamu ketahui:

  1. Versi gratis tidak memungkinkan kamu untuk merekam. Sayangnya, edisi gratis Google Meet tidak mendukung perekaman. Ini berbeda dengan Zoom Meeting dan Skype, yang keduanya menyediakan opsi perekaman dalam versi gratisnya.
  2. Berbagi layar memakan waktu dan tidak efisien. Mesin tersebut terlihat cukup berat saat melakukan presentasi melalui sharing layar melalui browser. Untuk presentasi yang sempurna, kamu mungkin memerlukan komputer dengan spesifikasi perangkat keras yang lebih tinggi.
  3. Latar belakang layar tidak dapat diubah. Beberapa platform konferensi video telah menyertakan kemampuan untuk memodifikasi tampilan latar layar untuk membuat visualisasi lebih menarik. Sayangnya, Google Meet saat ini tidak menyediakan fungsi ini.
  4. Google Meet saat ini tidak memiliki versi desktop. Saat ini tidak ada versi desktop Google Meet, sehingga rapat di PC harus dilakukan melalui browser.

Cara Menggunakan Google Meet di PC atau Laptop

Cara Menggunakan Hangouts Meet di PC atau Laptop

Google Meet dapat kamu gunakan di PC atau laptop melalui browser yang sudah ada di perangkat kamu, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan sebagainya. Berikut cara menggunakan Google Meet di browser PC atau Laptop:

1. Buka situs web Google Meet

Untuk memulai, buka https://meet.google.com di browser kamu.

2. Masuk ke akun Google kamu

Masuk dengan akun Google kamu. Periksa untuk melihat apakah alamat email dan kata sandi kamu akurat.

3. Klik Rapat Baru untuk Memulai Konferensi Video Baru

Kamu dapat mulai menggunakan Google Meet segera setelah berhasil login. Untuk memulai konferensi video baru, klik ‘New Meeting’ atau ‘Rapat Baru’.

4. Masukkan Link Meeting untuk bergabung

Jika kamu ingin bergabung dengan konferensi video yang ada, masukkan kode atau tautan rapat di bidang yang sesuai. Kemudian, pilih ‘Join’ atau ‘Bergabung’.

5. Atur kamera dan Mikrofon

Kamu diberikan pilihan untuk mengkonfigurasi kamera dan mikrofon sebelum bergabung dengan forum. Kamu memiliki pilihan untuk menghidupkan atau mematikan kamera dan mikrofon. Kamu juga dapat mengubah tampilan latar kamu.

6. Klik Join Untuk Minta Bergabung

Setelah diterima oleh penyelenggara konferensi video, kamu dapat mulai berpartisipasi. Kemampuan chat dalam rapat, presentasi atau berbagi layar, transkrip atau subtitel, dan papan tulis menggunakan Google Jamboard tersedia di forum.

Cara Menggunakan Hangouts Meet di Gmail

1. Buka Halaman Gmail

Di browser kamu, buka link https://mail.google.com.

2. Masuk ke Akun Google

Masuk dengan akun Google kamu. Periksa untuk melihat apakah alamat email dan kata sandi kamu akurat.

3. Pilih New Meeting untuk Memulai Video Conference Baru

Jika kamu ingin bergabung dengan konferensi video yang ada, masukkan kode atau tautan rapat di bidang yang sesuai. Kemudian, pilih ‘Join’ atau ‘Bergabung’.

4. Masukkan Link Meeting untuk Bergabung

Apabila kamu ingin bergabung ke video conference yang sudah ada, kamu dapat memasukkan kode atau link meeting pada kolom yang tersedia. Selanjutnya, klik ‘Join’ atau ‘Gabung’.

5. Atur kamera dan Mikrofon

Kamu diberikan pilihan untuk mengkonfigurasi kamera dan mikrofon sebelum bergabung dengan forum. Kamu memiliki pilihan untuk menghidupkan atau mematikan kamera dan mikrofon. Kamu juga dapat mengubah tampilan latar kamu.

6. Klik Join untuk Minta Bergabung

Setelah diterima oleh penyelenggara konferensi video, kamu dapat mulai berpartisipasi.

Cara Menggunakan Hangouts Meet di Aplikasi HP Android dan iOS

Google Meet juga tersedia di smartphone, baik Android atau iOS. Berikut cara menggunakan Google Meet di HP Android dan iOS.

1. Download Google Meet di Ponsel

Unduh aplikasi Google Meet dari Android Play Store atau App Store untuk iphone.

2. Buka Aplikasi Google Meet

Setelah unduhan selesai, gunakan aplikasi Google Meet untuk memulai.

3. Masuk ke Akun Google Kamu

Masuk dengan akun Google kamu. Periksa untuk melihat apakah alamat email dan kata sandi kamu akurat.

4. Izinkan Penggunaan Kamera dan Mikrofon

Izinkan penggunaan kamera dan mikrofon untuk memudahkan kamu menggunakan Google Meet.

5. Pilih New Meeting untuk Memulai Video Conference Baru

Di sisi kiri atas, klik ‘New Meeting’ atau ‘Rapat Baru’ untuk memulai konferensi video baru disisi kiri atas.

6. Masukkan Link Meeting untuk Bergabung

Jika kamu ingin bergabung dengan konferensi video yang ada, masukkan kode atau link meeting di bidang yang sesuai. Kemudian, pilih ‘Join’ atau ‘Bergabung’.

7. Klik Join untuk Minta Bergabung

Setelah diterima oleh penyelenggara konferensi video, kamu dapat mulai berpartisipasi.

Tanya Jawab Tentang Google Meet

Berikut ini adalah tanya jawab seputar Google Meet yaitu:

1. Apa Tujuan dari Google Meet?

Manfaat Penggunaan Google Meet. Google Meet sebagai layanan perangkat untuk belajar menjadi pilihan tepat karena kemudahan dalam akses dan pengoperasiannya. Anda tidak akan mengalami kesulitan berarti dan langsung bisa menggunakannya secara menyeluruh.

2.Apa Bedanya Google Meet Dengan zoom?

Secara umum, Google Meet dinilai lebih cocok untuk melakukan rapat dalam waktu cepat. Sedangkan Zoom lebih ditujukan untuk mengadakan dengan jumlah yang lebih banyak. Google Meet mendukung jumlah peserta hingga 250 peserta, sementara Zoom digunakan kurang lebih 500 peserta.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian Goole Meet hingga cara menggunakan Google Meet . Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan.

Pengertian Google Meet adalah layanan aplikasi konferensi video kelas atas yang dibuat oleh perusahaan internet terbesar di dunia (Google). Setelah menjadi khusus undangan dan merilis aplikasi iOS secara diam-diam pada Februari 2017, secara diam-diam merilis aplikasi iOS pada Februari 2017.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button