Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli

Teknatekno.com – Buat Teknozen yang ingin mencoba masuk ke dunia bisnis online, Teknozen harus tau terlebih dahulu seluk beluk dari bisnis online itu apa aja. Nah, untuk awal pengertian bisnis online secara umum adalah jenis bisnis yang kian hari kian diminati. Bukan hanya karena menawarkan cuan besar, menjalankan bisnis online juga tidak terlalu sulit.

Pada artikel kali ini Teknatekno akan mengulas tentang pengertian bisnis online beserta jenis dan manfaatnya. Kamu bisa simak artikelnya dibawah ini

Memahami Pengertian Bisnis Online

Pengertian bisnis online adalah bisnis yang beroperasi melalui internet. Artinya, aktivitas bisnis seperti jual-beli, layanan pelanggan, promosi, dan sebagainya dilakukan secara online. Menariknya, kamu dapat menawarkan berbagai macam produk melalui bisnis online. Dari komoditas hingga layanan hingga produk digital.

Pada kenyataannya, tidak ada batasan jumlah calon klien untuk barang tersebut. Karena pembeli barang bisa saja berasal dari seluruh Indonesia, bahkan dari negara lain.

Alhasil, berbeda dengan bisnis offline, kamu tidak perlu membangun toko atau toko dengan bisnis online. Sederhananya, kamu menjalankan bisnis dengan membangun situs web toko online menggunakan instruksi WooCommerce, media sosial, atau pasar.

Kamu juga dapat menjalankan bisnis dari rumah atau di mana pun kamu inginkan. Akibatnya, kamu tidak perlu banyak uang untuk memulai bisnis. Sebenarnya ada berbagai usaha online yang bisa dilakukan dan terbukti menguntungkan tanpa perlu dana.

Sebagai contoh, bisnis online kamu bisa berupa menjual produk orang lain (dropshipping), mendapatkan komisi dengan bergabung afiliasi, dan masih banyak lainnya.

Memahami Pengertian Bisnis Online

Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli

Bagi mereka yang mendalami studi kasus mengenai bisnis online memiliki pemahaman dan pengertian sendiri yang jauh lebih spesifik dan dalam mengenai bidang ini, berikut pendapat para ahli mengenai bisnis online:

1. Pengertian Menurut Juli Amilah Nasution

Pengertian bisnis online adalah bisnis yang beroperasi secara online, seringkali melalui jaringan internet, dengan informasi yang disampaikan atau dijual melalui media website.

2. Pengertian Menurut Yudhi Wicaksono

Bisnis online adalah kegiatan jual beli melalui jaringan internet melalui penggunaan fitur belanja online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli hingga toko online milik sendiri.

3. Pengertian Menurut Dedik Kurniawan

Bisnis online adalah kumpulan tindakan yang dilakukan oleh orang-orang di internet untuk bertransaksi, kadang-kadang dikenal sebagai belanja online dalam bahasa umum.

4. Pengertian Menurut Hooper

Menurut Hooper, bisnis online adalah elemen lengkap yang ada dalam sistem ekonomi berupa penjualan industri fundamental, sektor pengolahan dan manufaktur, serta jaringan.

5. Pengertian Menurut Musselman dan Jackson

Bisnis online adalah kegiatan yang luas atau terstruktur di bidang perdagangan dan industri yang memberikan produk dan layanan.

6. Pengertian Menurut Jasmadi dan Solusindo

Menurut mereka bisnis online sendiri merupakan sebuah tempat atau wadah yang digunakan untuk tukar menukar informasi.

Manfaat Bisnis Online

Manfaat Bisnis Online

Dengan menjalankan bisnis online, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat, seperti:

1. Hemat Biaya

Kamu dapat meluncurkan bisnis online gratis. Kalaupun harus mengeluarkan uang, jumlahnya tidak berlebihan. Mengapa? Sebagai permulaan, menjalankan bisnis online tidak perlu menggunakan menyewa ruko atau tempat. Kamu dapat menyimpan stok barang di rumah kamu sendiri.

Padahal, bentuk bisnis online tertentu, seperti Dropshipping, tidak membutuhkan bisnis fisik sama sekali. Selain itu, iklan bisnis online seringkali lebih murah. Lupakan iklan mahal di papan reklame, media cetak, atau televisi.

Bila kamu memiliki bisnis online, kamu dapat melakukan iklan gratis seperti menerbitkan artikel tentang produk kamu untuk memanfaatkan Google Ads, yang membayar per klik.

2. Fleksibel

Menjalankan bisnis online juga sangat fleksibel. Kamu dapat mengaksesnya dari mana saja di dunia selama kamu memiliki koneksi internet dan laptop. Selain itu, jam operasional bisnis online dapat disesuaikan. Kamu dapat dengan bebas mengatur jam buka dan tutup toko, bahkan selama 24 jam penuh.

3. Menjangkau Pasar yang Luas

Siapapun dapat mengunjungi toko kamu jika kamu memiliki bisnis online. Tidak ada batasan wilayah. Hal ini membantu kamu untuk menarik konsumen dari seluruh Indonesia. Padahal, calon konsumen kamu bisa jadi berasal dari negara lain.

Jenis-Jenis Online Business

Berikut adalah 5 jenis bisnis online yang perlu kamu ketahui:

1. Ecommerce

E-commerce adalah aktivitas bisnis yang melibatkan penjualan online produk fisik. Membangun situs e-commerce saat ini mungkin merupakan strategi bisnis yang sangat sukses jika kamu memiliki produk untuk ditawarkan.

2. Produk Digital

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa produk yang bisa dijual secara online tidak melulu berbentuk fisik. Tetapi ada juga produk digital seperti eBook, kursus pendidikan, audio atau template desain yang bisa kamu tawarkan secara online.

Pendapatan yang diterima nanti akan berdasarkan dari sponsor atau penjualan produk digital. Dalam menjalankan bisnis seperti ini, kamu juga tidak membutuhkan tempat atau toko yang besar. Karena menjual produk digital bisa dilakukan dimana saja, seperti di rumah atau dengan menyewa tempat yang sederhana.

Kamu akan menginginkan situs web berkualitas tinggi sehingga kamu dapat terus berkomunikasi dan bertukar informasi dengan konsumen. Kamu dapat mempelajari semua yang perlu kamu ketahui tentang mengembangkan bisnis melalui situs web di sini.

3. Pemasaran Afiliasi

Jenis bisnis pemasaran afiliasi datang berikutnya. Ini sangat ideal untuk individu yang ingin menjual tetapi tidak memiliki barang sendiri. Pemasaran afiliasi memungkinkan kamu untuk menjual produk orang lain sambil mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang berhasil.

4. Freelancing atau Konsultan

Tidak ada salahnya mencoba mengembangkan bisnis freelance atau konsultan jika kamu memiliki kemampuan unik yang banyak diminati oleh sebuah perusahaan. Kemudian, pasarkan bisnis lepas kamu dan cari klien baru secara online.

Kini semakin banyak perusahaan yang menyediakan layanan online, seperti mendesain desain logo, penulisan artikel, dan lain sebagainya.

Ada juga beberapa yang menyediakan layanan akuntansi atau persiapan pajak untuk klien mereka. Ada beberapa jenis perusahaan jasa yang dapat disediakan secara online. Ini juga bisa menjadi cara untuk menghasilkan uang di internet.

5. Bisnis Berbasis Media Sosial

Langkah terakhir adalah membangun bisnis berbasis media sosial. Ada peluang bagi kamu yang memiliki jumlah pengikut media sosial yang cukup besar di Instagram, Facebook, YouTube, dan platform lainnya untuk mengembangkan bisnis online berbasis media sosial.

Kelebihan Online Business

Kelebihan Online Business

Berbeda dengan berbisnis secara offline atau secara nyata, dengan bisnis online, ada banyak sekali kelebihan yang bisa kamu dapatkan.

1. Bisa Dilakukan Dimana Saja

Menjalankan bisnis online dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Baik kamu di rumah, tempat kerja, atau pergi ke tempat umum seperti kafe atau berjalan-jalan di luar kota. Kamu juga dapat melakukannya kapan saja, siang atau malam, bahkan selama 24 jam penuh.

2. Tidak Perlu Tempat Khusus

Mayoritas perusahaan online tidak membutuhkan lokasi fisik seperti kantor, gudang, atau retail. Kecuali bagi individu yang mengelola bisnis online dan offline (biasa).

Hal ini dikarenakan semua operasional bisnis dilakukan secara online, oleh karena itu tidak diperlukan lokasi fisik untuk pertemuan atau jual beli. Namun, jika kamu menjalankan bisnis online di sektor jasa, kamu harus menawarkan lokasi untuk operasi layanan tersebut.

3. Bisa Dilakukan Siapapun

Kamu tidak memerlukan gelar pemasaran atau keahlian penjualan untuk memulai bisnis online. Bisnis online ini bisa dikelola oleh siapa saja, bahkan mahasiswa.

Tantangan Online Business

Meskipun kelebihan dan manfaat dari bisnis online tampaknya banyak, tapi ingat. Semakin tinggi pohon maka akan semakin kencang juga anginnya.

Artinya, semakin banyak keuntungan yang kamu dapatkan dari bisnis online, semakin banyak juga tantangan yang akan kamu hadapi. Berikut beberapa tantangan untuk melakukan bisnis online:

1. Persaingan Ketat

Bisnis online akan memungkinkan kamu untuk mengakses pasar yang lebih besar. Namun, ini menyiratkan bahwa akan ada pemilik bisnis online lain yang kemungkinan besar berada di pasar yang sama dengan kamu.

Contohnya saja jika kamu ingin berjualan aksesoris laptop di marketplace atau media sosial, coba sekarang cari aksesoris laptopt di kedua platform tersebut. Teknatekno yakin ada ratusan toko atau akun yang juga berjualan aksesoris laptop.

Akibatnya, kamu harus bersaing secara sehat dengan individu bisnis online lain yang mungkin sudah ada di dunia.

2. Ilmu yang Terus Berkembang

Bisnis online tidak seperti bisnis tradisional yang hanya perlu mendirikan stand, menunggu calon pelanggan datang, dan melakukan transaksi. Ini tidak terjadi dengan bisnis online.

Kamu harus terus belajar tentang bisnis online dan terus memperbarui keahlian kamu. Sebelumnya, jual beli di Facebook banyak dilakukan dalam kelompok yang didedikasikan untuk jual beli produk tertentu.

Tapi bagaimana dengan sekarang? Facebook telah memiliki pasar dan kemampuan untuk memasang iklan produk yang dapat dilihat oleh pengguna Facebook lainnya. Jadi, jika kamu ingin berbisnis online, kamu harus mau terus belajar.

3. Keamanan

Masalah keamanan merupakan salah satu kendala dalam bisnis online. Seperti yang kamu ketahui, internet sangat rentan terhadap peretas dan kejahatan online (cybercrime). Jadi, jika kamu ingin memulai bisnis online di media sosial, buatlah akun yang benar-benar aman dengan kata sandi yang kuat.

Jika kamu ingin mulai menggunakan situs web, pastikan kamu memilih layanan hosting yang aman. Jika kamu tidak yakin, kamu dapat menggunakan pasar saja, yang biasanya akan memastikan keamanan bagi penjual dan pembeli.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian bisnis online hingga tantangan untuk bisnis online. Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan.

Pengertian Bisnis online adalah bisnis yang beroperasi melalui internet. Artinya, aktivitas bisnis seperti jual-beli, layanan pelanggan, promosi, dan sebagainya dilakukan secara online. menjalankan bisnis online tidak perlu menggunakan menyewa ruko atau tempat, kamu dapat menyimpan stok barang di rumah kamu sendiri.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button