Apa itu Internet? Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Dampaknya

Teknatekno.com – Istilah apa itu internet pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Di era digital saat ini kehadiran internet semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika sehari saja tanpa internet mungkin kita akan kebingungan.

Mulai dari kalangan muda hingga dewasa, penggunaan internet paling efektif sebagai media untuk membantu dalam melakukan dan menghubungkan berbagai aktivitas manusia secara akurat dan efisien.

Namun, tahukah kamu apa itu internet? Apa saja manfaat internet tersebut? Pada artikel kali ini Teknatekno akan membahas tentang apa itu internet, mulai dari pengertiannnya, fungsi hingga manfaatnya, serta dampak penggunaan internet dikehidupan sehari-hari. Simak dibawah ini.

Mengenal Apa itu Internet

Mengenal Apa itu Internet

Pada dasarnya, internet merupakan singkatan dari interconnection-networking. Internet adalah jaringan komunikasi dunia yang menghubungkan miliaran jaringan komputer secara terbuka dengan menggunakan sistem standar global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Ada juga yang berpendapat bahwa definisi internet adalah Jaringan Internasional, di mana semua jenis komputer dari seluruh dunia dapat dihubungkan dengan menggunakan metode komunikasi seperti telepon, satelit, dan lain-lain.

Seperti yang disebutkan seblmunya, internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking dimana setiap komputer yang terhubung ke jaringan internet memiliki identifikasi unik yang dikenal sebagai alamat IP (Internet Protocol Address).

Setiap alamat IP komputer, yang merupakan kumpulan angka yang mengungkapkan identifikasi komputer di jaringan internet, pasti unik.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli?

Agar lebih memahami apa itu internet, yuk simak pendapat para ahli mengenai definisi internet dibawah ini:

1. Internet Menurut Sibero

Menurut Sibero, internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Ditegaskan pula bahwa internet dapat dianggap sebagai jaringan alami, yaitu jaringan yang sangat besar.

2. Internet Menurut Sarwono

Menurut Sarwono, internet adalah kumpulan jaringan di seluruh dunia dimana tidak ada satu orang pun yang bertanggung jawab untuk mengelola internet itu sendiri.

3. Internet Menurut Berners Lee

Menurut Berners Lee, internet adalah jaringan yang terdiri dari jaringan-jaringan lain. Ini pasti berkaitan dengan gagasan jaringan komputasi atau jaringan lokal yang ditautkan ke jaringan lain.

4. Internet Menurut Ned Snell

Menurut Ned Snell, internet didefinisikan sebagai saluran untuk berbagai macam sumber daya yang dapat diakses, dan masing-masing sumber daya ini diakses melalui perangkat yang berbeda.

5. Internet Menurut Onno W. Purbo

Menurut Onno W. Purbo, internet adalah media yang digunakan untuk mempermudah suatu proses komunikasi yang dihubungkan dengan beberapa aplikasi seperti Web, VoIP, dan E-mail.

6. Internet Menurut Lani Sidharta

Menurut Lani Sidharta, internet adalah sejenis konektivitas jaringan komputer yang dapat memberikan berbagai layanan informasi. Lani melanjutkan, internet merupakan pendamping virtual atau virtual yang kuat yang banyak dimanfaatkan dalam media bisnis, politik, bahkan hiburan.

7. Internet Menurut O’Brien

Menurut O’Brien, internet adalah jaringan komputer yang berkembang pesat dan bermanfaat untuk berbagai keperluan, termasuk jaringan komersial, pendidikan, dan pemerintahan yang dapat diintegrasikan.

Fungsi Internet Secara Umum

Fungsi Internet Secara Umum

Internet memiliki berbagai fungsi penting bagi masyarakat, terutama di wilayah metropolitan di seluruh dunia. Beberapa fungsi internet adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Media Komunikasi

Menurut definisi internet yang diberikan di atas, internet dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi bagi orang-orang di seluruh dunia.

Internet saat ini banyak digunakan sebagai sarana komunikasi. Hal ini terlihat dengan menjamurnya situs media sosial dan software chatting yang semakin memudahkan setiap orang untuk berinteraksi.

2. Sebagai Media untuk Akses Informasi

Era internet adalah periode terbuka. Artinya, internet memudahkan orang untuk mendapatkan beragam informasi penting.

Sebelumnya, individu harus membaca buku untuk mendapatkan pengetahuan; saat ini, dimungkinkan untuk melakukannya melalui internet. Kehadiran buku digital, terkadang dikenal sebagai e-book, memungkinkan orang untuk membaca buku secara online.

3. Sebagai Media Bertukar Sumber Daya

Banyak orang ingin bertukar sumber daya atau data dengan orang lain di seluruh dunia. Hal ini dimungkinkan melalui internet. Makalah, karya tulis, buku harian, gambar, video, gambar, dan sumber atau data lainnya sering dipertukarkan melalui internet.

4. Sebagai Media untuk Akses Berita

Berbagai peristiwa dan lokasi dari seluruh dunia dapat dilihat melalui berbagai situs berita internet atau media online. Tentu saja, ini dimungkinkan berkat jaringan internet. Hanya ketika gadget kita terhubung ke internet, kita dapat mengakses semua situs berita online dunia.

Apa Manfaat Internet Bagi Manusia?

Setelah mengetahui apa itu internet beserta fungsinya, kita juga harus memahami manfaat internet. Manfaat internet bagi manusia tidak terlepas dari fungsi internet.

Internet secara umum menawarkan kemudahan bagi manusia dalam berbagai tugas. Beberapa manfaat dari penggunaan internet adalah sebagai berikut:

1. Komunikasi Lebih Cepat

Sejak munculnya internet, komunikasi antar masyarakat di berbagai daerah semakin sederhana. Selain itu, biaya komunikasi sangat rendah saat menggunakan internet. Chatting, email, media sosial, dan bentuk komunikasi lainnya sering memanfaatkan internet.

2. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Tidak ada lagi alasan untuk kesulitan mendapatkan informasi karena sekarang sudah bisa berkat internet. Hadirnya beragam situs yang menyediakan berbagai macam informasi akan segera menambah pemahaman bagi para pengguna internet.

Misalnya, jika seseorang ingin belajar bahasa asing dengan cepat, ada beberapa layanan gratis dan komersial yang tersedia. Atau, jika seseorang ingin belajar bermain gitar secara gratis dari seorang ahli, mereka dapat melakukannya menggunakan internet, misalnya dengan menonton pelajaran gitar di YouTube.

3. Kemudahan Dalam Berbelanja

Pelanggan online di Indonesia meningkat pesat. Ini menunjukkan bagaimana internet memungkinkan untuk membeli sesuatu dengan cepat dan terjangkau.

Dari sudut pandang pengusaha, ketersediaan internet tentu membuat proses pendirian perusahaan menjadi lebih sederhana, lebih cepat, dan lebih murah. Maka tidak heran jika bisnis e-commerce Indonesia sedang booming.

4. Kemudahan Dalam Pemasaran Bisnis

Para pelaku bisnis harus memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Internet marketing memiliki berbagai manfaat dibandingkan pemasaran tradisional, termasuk:

  1. Biaya pemasaran seringkali lebih rendah.
  2. Dapat membidik target market tertentu.
  3. Dapat menjangkau lebih banyak orang.
  4. Membangun brand lebih cepat.
  5. Dan lain-lain.

Karena strategi pemasaran online sangat beragam, pengusaha tidak pernah kehabisan cara untuk menyelidiki opsi pemasaran terbaik untuk perusahaan mereka.

5. Sarana Hiburan

Internet juga merupakan media hiburan yang populer, terutama di kalangan generasi milenial. YouTube.com, Facebook.com, Instagram.com, dan lainnya adalah contoh situs web hiburan populer. Berbagai materi internet dapat memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat.

6. Kemudahan Dalam Mencari Informasi

Kemudahan dalam menemukan berbagai jenis informasi di internet adalah manfaat lain yang diperoleh masyarakat saat ini. Misalnya, jika seorang pencari kerja sedang mencari lowongan pekerjaan, kami dapat mencari di internet untuk berbagai situs lowongan kerja.

Dampak Positif dan Negatif Internet

Dampak Positif dan Negatif Internet

Dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi harus selalu disikapi dengan bijak. Berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari penggunaan internet:

1. Dampak Positif Internet

Dampak positif penggunaan internet yaitu:

  1. Meningkatkan dan mempercepat arus informasi dan data.
  2. Membantu siswa dengan pekerjaan rumah mereka.
  3. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri dengan menonton dan membaca banyak pelajaran di Internet.
  4. Menambah pemahaman dan pengetahuan.
  5. Mempermudah upaya kampanye atau promosi yang baik.
  6. Kemudahan mencari hiburan dan mengisi waktu luang.
  7. Memanfaatkan media sosial untuk mempererat tali persaudaraan.
  8. Membantu menggerakkan roda bisnis dan juga ekonomi melalui e-commerce.
  9. Memfasilitasi proses kerja manusia.
  10. Meningkatkan jumlah lapangan kerja dan peluang bisnis baru.
  11. Dan lain-lain.

2. Dampak Negatif Internet

Adapun dampak negatif internet yaitu:

  1. Ada kemungkinan kecanduan internet.
  2. Penggunaan waktu yang tidak efisien.
  3. Potensi tindak kejahatan melalui internet atau cyber crime, seperti penipuan.
  4. Banyaknya konten yang tidak cocok dan berbahaya untuk anak-anak.
  5. Sangat mudah untuk menyebarkan informasi palsu dan berita palsu (hoax).
  6. Provokasi antar kelompok lebih mungkin terjadi.
  7. Meningkatnya isu-isu SARA yang menyebabkan perpecahan masyarakat.
  8. Cyberbullying semakin meningkat.
  9. Kemerosotan budaya asli lokal akibat globalisasi melalui internet.
  10. Dan lain-lain.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu internet, mulai dari pengertiannya, fungsinya, manfaatnya, sampai dengan dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa internet adalah singkatan dari interconnection-networking, yang artinya jaringan komunikasi dunia yang menghubungkan miliaran jaringan komputer secara terbuka dengan menggunakan sistem standar global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Related Articles

Back to top button