11 Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

Teknatekno.com – Saat ini, ketersediaan internet memainkan peran penting di bidang pendidikan. Manfaat internet di bidang pendidikan pun saat ini sudah beragam. Apalagi ketika kita harus menerapkan kebijakan belajar dari rumah. Akibatnya, banyak kegiatan belajar yang mungkin harus dilakukan melalui internet.

Dengan e-learning dan penggunaan banyak program pendukung untuk belajar mengajar, internet telah menjadi media pembelajaran jarak jauh. Ini adalah salah satu manfaat paling signifikan dari internet di bidang pendidikan.

Karena adanya pandemi, internet menjadi sangat penting dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, hampir semua orang telah mendengar dan menggunakan internet. Internet telah menjadi kebutuhan bagi berbagai pihak, termasuk orang, organisasi, bisnis, pemerintah, dan lain-lain.

Kebutuhan akan internet terus berkembang. Ketika datang untuk menyelesaikan aktivitas jarak jauh, salah satu persyaratan paling mendasar adalah terkoneksi atau terhubung, yang dilakukan melalui internet.

Nah, apa saja manfaat internet di bidang pendidikan tersebut? Berikut penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa manfaat internet di bidang pendidikan. Simak dibawah ini.

Perkembangan Internet di Dunia

Perkembangan Internet

Pertumbuhan internet semakin cepat dari tahun ke tahun, sebagian karena meningkatnya kebutuhan manusia. Manfaat internet bisa dirasakan dalam berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan.

Penggunaan internet di bidang pendidikan merupakan salah satu variabel penting yang membantu dalam proses belajar dan belajar.

Pengguna internet bisa dengan cepat dan mudah mengakses dan menerima berbagai informasi yang relevan dengan kurikulum, modul, makalah, jurnal, referensi pendukung, pengetahuan umum, dan sebagainya.

Hal ini memungkinkan setiap pengguna untuk menemukan banyak item dengan menggunakan mesin pencari yang sudah bisa diakses yang terhubung ke jaringan internet yang andal dan sangat baik.

Memang benar bahwa internet memberikan beberapa manfaat yang bisa dimanfaatkan dan dinikmati oleh pengguna internet. Kehadiran internet telah menyebabkan perubahan di banyak sektor di seluruh dunia. Lantas, apa saja manfaat internet di bidang pendidikan?

Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

Berikut ini adalah beberapa manfaat internet di bidang pendidikan, diantaranya:

1. Sebagai Sarana Mencari Informasi

Manfaat pertama dari internet adalah bisa digunakan untuk menemukan informasi terkini dalam bidang pendidikan yang tidak tersedia di buku atau perpustakaan. Jaringan ini juga bisa memberikan pendidikan untuk hampir semua bentuk informasi pendidikan, seperti materi pelajaran, kurikulum, silabus, pertanyaan, dan cara menyelesaikannya.

2. Sarana Mempermudah Pencarian Referensi

Manfaat kedua internet adalah memudahkan orang untuk mencari buku. Hanya dengan memasukkan kata kunci yang kamu inginkan, informasi yang tertaut atau relevan dengan kata kunci tersebut bisa langsung diakses.

3. Internet Sebagai Sarana Pembelajaran

Manfaat ketiga internet adalah sebagai sarana pembelajaran yang memungkinkan siswa memperoleh informasi tambahan tentang konten yang belum, sedang, atau akan dipelajari di sekolah.

Siswa tidak terkecuali. Selain itu, ini adalah lokasi di mana siapa pun bisa mempelajari hal-hal baru melalui tips dan teknik serta pelajaran tentang berbagai topik.

4. Menyediakan Fasilitas Multimedia

Sebagai sumber informasi, internet menawarkan manfaat lebih dari buku. Pengguna bisa memperoleh informasi melalui jaringan komputer melalui membaca, mendengarkan musik, atau menonton film.

Selain itu, karena adanya tambahan contoh, grafik, animasi, dan sebagainya, kemampuan multimedia ini bisa membantu pengguna untuk lebih memahami informasi yang diberikan.

Manfaat Penggunaan Internet di Bidang Pendidikan

5. Penyedia Sumber Informasi yang Relatif Murah

Sebagai penyedia sumber informasi yang dibutuhkan yang relatif murah dibandingkan dengan pembelian buku atau publikasi. Selain itu, meringankan beban siswa dan siswa yang tidak bisa memperoleh sumber belajar tanpa membeli buku yang lebih mahal.

6. Sebagai Penyedia Sumber Pelajaran Tambahan

Manfaat internet selanjutnya yaitu memungkinkan pengguna mengakses informasi tambahan atau materi pembelajaran yang tidak tersedia di sekolah.

7. Internet Menjadi Sarana Untuk Mencari Beasiswa

Sebagai sarana untuk mencari beasiswa. Tidak semua informasi beasiswa tersedia di sekolah atau kampus kamu. Selanjutnya, kamu bisa mengetahui lebih lanjut tentang beasiswa baik di dalam maupun luar negeri.

8. Mendorong Penguasaan Bahasa Asing

Memungkinkan pengguna mengakses informasi dalam jumlah tak terbatas, termasuk informasi penting dan menarik dari negara lain.

Hal ini bisa menginspirasi orang untuk belajar bahasa asing dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan membaca artikel, mendengarkan musik, atau menonton berita dalam bahasa tersebut.

9. Mendorong Kreativitas dan Kemandirian

Bisa menginspirasi pengguna untuk lebih meningkatkan kreativitas mereka dalam pekerjaan mereka. Kemudian bisa merangsang dan mendorong siswa untuk tumbuh secara intelektual dalam persiapan untuk penelitian dan ilmu pengetahuan, baik secara teoritis maupun praktis.

Selanjutnya, orang yang mahir dalam memanfaatkan jaringan ini menjadi mandiri dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

10. Sarana Pendidikan Jarak Jauh

Dengan memanfaatkan internet, memungkinkan kamu untuk melakukan pendidikan jarak jauh. Kamu bisa membuat situs web e-learning untuk pendidik atau lembaga pendidikan, tetapi kamu memerlukan bantuan teknisi yang bisa dipercaya.

Saat ini, berbagai bentuk pendidikan tersedia melalui media online atau website e-learning. Beberapa perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri, menawarkan kursus online yang memungkinkan siswa untuk belajar dari rumah. Atau, kamu bisa mengakses kursus pembelajaran dari jarak jauh dari mana saja selama kamu terhubung.

11. Internet Sebagai Sarana Penyimpanan Informasi

Manfaat terakhir internet adalah sebagai cara menyimpan informasi. Informasi atau materi topik yang terekam dalam sebuah buku terkadang terlupakan atau tersimpan di suatu tempat.

Dengan jaringan ini, kamu bisa menyimpan berbagai jenis informasi atau materi studi di jaringan dan mengaksesnya kapan saja tanpa khawatir kehilangannya.

Dampak Negatif Internet

Dampak Negatif Internet

Dari berbagai manfaat internet diatas, kita tidak bisa membantah bahwa internet mungkin memiliki efek negatif pada pertumbuhan dan perkembangan anak, serta proses pendidikan.

Pengaruh negatif internet dalam penggunaannya tidak hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga keluarga dan lingkungan. Apa saja dampak negatif dari internet?

1. Kecanduan

Pengguna internet memiliki potensi untuk terhubung ke berbagai aplikasi dan hiburan internet. Sebagai contoh, kita sering mengamati kecanduan penggunaan media sosial karena kita begitu nyaman di dunia maya sehingga banyak orang melupakan kehidupan nyata.

2. Kehilangan Waktu Produktif

Banyak orang yang lupa waktu dan terkadang kehilangan waktu produktif karena kecanduan arus informasi di internet.

3. Konten Tidak Pantas

Internet seperti hutan di dunia maya. Maksudnya ada banyak hal positifnya maupun negatifnya. Masalahnya adalah ada banyak pembuat konten yang tidak pantas yang karyanya bisa diakses oleh anak-anak muda.

4. Penyebaran Informasi Palsu

Semakin banyak berita dan informasi yang tidak benar atau palsu (hoax) saat ini karena kehadiran media sosial dan internet. Ini akan menyebabkan perpecahan karena kemungkinan provokasi antar kelompok akan meningkat. Selain itu, hal itu akan memperburuk kekhawatiran SARA, yang mendorong perpecahan masyarakat.

5. Kecanduan Game Online

Internet juga bisa menyebabkan anak-anak muda melupakan tugas dan komitmen mereka, seperti lupa belajar karena tertarik dengan game online.

6. Perundungan Online

Kehadiran internet mengakibatkan meningkatnya perilaku cyberbullying, belum lagi contoh bullying online yang berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak.

7. Tindak Kejahatan

Kita sudah tahu betapa maraknya penipuan online, serta bagaimana oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan media sosial untuk melakukan kejahatan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa manfaat penggunaan internet di bidang pendidikan yang perlu kamu ketahui. Penggunaan internet di bidang pendidikan merupakan salah satu variabel penting yang membantu dalam proses belajar dan belajar.

Pengguna internet bisa dengan cepat dan mudah mengakses dan menerima berbagai informasi yang relevan dengan kurikulum, modul, makalah, jurnal, referensi pendukung, pengetahuan umum, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button