Pengertian Industri Kreatif, Jenis dan Contohnya

Teknatekno.com – Semua kegiatan ekonomi yang dihasilkan dari pemikiran atau ide yang didasarkan pada bakat, keterampilan dan kreativitas masing-masing individu merupakan pengertian dari industri kreatif.

Industri kreatif hadir untuk memberikan ruang bagi individu-individu yang memiliki ide dan konsep brilian untuk mengembangkan kreativitasnya.

Kreativitas seseorang harus dimanfaatkan untuk menghasilkan kekayaan dan lapangan kerja. Industri kreatif diproyeksikan dapat mengembangkan karya tanpa mengandalkan sumber daya alam yang kaya jika sumber daya manusia dieksploitasi dengan baik.

Berikut ini akan Teknatekno jelaskan mengenai pengertian industri kreatif baik secara umum maupun menurut para ahli. Serta akan kami jelaskan juga jenis-jenis industri kreatif, manfaatnya serta contohnya yang perlu kamu ketahui. Simak dibawah ini.

Memahami Pengertian Industri Kreatif

Memahami Pengertian Industri Kreatif

Secara umum, pengertian industri kreatif adalah semua proses produksi, kreativitas, ide, dan konsep dari seseorang atau kelompok yang selanjutnya dapat diterjemahkan ke dalam karya atau barang. Istilah “industri kreatif” merupakan gabungan dari dua kata: industri dan kreatif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, industri adalah kegiatan mengolah atau mengolah sesuatu dengan memanfaatkan sarana dan peralatan, sedangkan kreatif adalah kata sifat yang menunjukkan bahwa seseorang atau kelompok memiliki daya cipta dan kemampuan untuk menghasilkan.

Kreativitas seseorang atau kelompok pada akhirnya diharapkan dapat membantu kemajuan ekonomi dan menyediakan lapangan kerja baru bagi mereka yang membutuhkan.

Oleh karena itu, industri kreatif merupakan bidang esensial yang harus ditumbuhkembangkan sepanjang waktu dan dibina bersama dalam pertumbuhannya karena merupakan salah satu pilar perekonomian negara.

Pengertian Industri Kreatif Menurut para Ahli

Berikut ini pengertain industri kreatif menurut pendapat para ahli:

1. Pengertian Industri Kreatif Menurut Simatupang

Industri kreatif adalah industri yang mengandalkan keterampilan, kemampuan, dan kreativitas untuk kehidupan industri yang lebih baik.

2. Menurut Departemen Perdagangan RI (2009)

Industri kreatif adalah industri yang bersumber dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas, dan kemampuan masyarakat untuk menghasilkan kekayaan dan lapangan pekerjaan. Industri ini akan difokuskan untuk meningkatkan kreativitas dan kreativitas individu.

3. Industri Kreatif Menurut UK DCM Task Force (1998)

Industri kreatif adalah industri yang berasal dari kreativitas masyarakat dan berpotensi untuk menghasilkan pendapatan dan lapangan kerja melalui eksploitasi dan penciptaan kreativitas dan kekayaan intelektual individu tersebut.

4. Pengertian Industri Kreatif Menurut Howkins

Industri kreatif adalah industri yang unggul dalam menghasilkan atau menciptakan beragam desain kreatif yang terkait dengan komoditas atau jasa yang dihasilkan.

Jenis-Jenis Industri Kreatif

Jenis-Jenis Industri Kreatif

Di Indonesia, industri kreatif dibagi menjadi 14 jenis sektor, yang masing-masing dapat diklasifikasikan sebagai semacam kreativitas yang diciptakan untuk membantu perekonomian berkembang. Berikut ini adalah jenis industri kreatif yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat:

1. Arsitektur

Arsitektur adalah industri kreatif yang berhubungan dengan desain dan konstruksi bangunan. Sektor industri kreatif arsitektur juga menyediakan barang-barang bernilai tinggi berupa bangunan dan aset.

2. Periklanan

Periklanan merupakan salah satu jenis industri kreatif yang memiliki banyak sumber daya manusia berupa individu-individu muda yang kreatif. Karena mempromosikan produk atau layanan ke khalayak yang besar, industri periklanan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian bangsa.

3. Film, Fotografi, atau Video

Salah satu industri yang memiliki potensi besar bagi pembangunan ekonomi nasional adalah industri kreatif yang meliputi perfilman, fotografi, dan video. Industri ini tergolong kreatif karena proses pembuatan film, fotografi, atau video dimulai dengan pengumpulan ide dan kreativitas terlebih dahulu.

4. Musik

Musik merupakan salah satu industri kreatif yang dimanfaatkan oleh para penggiat seni untuk mengomunikasikan emosinya. Karena banyak kegiatan dalam proses komposisi musik yang harus didukung oleh ide dan kreativitas, maka bidang musik dapat digolongkan sebagai industri kreatif.

5. Televisi dan Radio

Televisi dan radio merupakan industri kreatif yang mencakup berbagai teknik produksi dan produk. Penyelenggaraan siaran TV dan radio yang mendidik dan menghibur masyarakat merupakan salah satu contoh bidang televisi dan radio.

6. Pasar Seni dan Budaya

Pasar seni dan budaya merupakan salah satu jenis industri kreatif yang diperuntukkan bagi para pegiat seni dan seniman yang menciptakan karya berdasarkan asal usul budaya dan kreativitas yang mumpuni. Banyak karya di bidang seni budaya yang mengomunikasikan tema-tema emosional yang berkaitan dengan masyarakat.

7. Kerajinan

Fashion merupakan salah satu jenis industri kreatif yang selalu berkembang dan berubah. Hal ini terjadi karena pembuat atau perancang busana menetapkan tren busana yang berbeda dengan menyesuaikannya dengan situasi dan setting saat ini.

8. Fashion

Fashion atau mode merupakan salah satu jenis industri kreatif yang akan selalu berkembang dan berubah seiring berjalannya waktu. Hal tersebut terjadi karena para pencipta mode atau para desainer menciptakan berbagai tren fashion dengan meneysuaikannya dengan keadaan dan kondisi yang sedang terjadi.

9. Desain

Desain merupakan salah satu jenis industri kreatif yang erat kaitannya dengan kegiatan kreatif seperti desain grafis, desain interior, dan desain produk. Desainer dalam industri kreatif adalah orang-orang yang terus menerus memikirkan metode kreatif untuk membuat sesuatu.

10. Permainan Interaktif

Salah satu jenis industri kreatif yang mengembangkan permainan komputer dan video game yang bersifat menghibur dan mendidik bagi masyarakat adalah game interaktif. Karena ketersediaan jaringan internet sangat erat kaitannya dengan ketersediaan game interaktif ini, industri ini menuntut bantuan teknologi informasi.

11. Layanan Komputer dan Perangkat Lunak

Layanan komputer dan perangkat lunak adalah kegiatan yang berhubungan dengan teknologi informasi. Layanan komputer, pengembangan perangkat lunak, dan analisis sistem adalah contoh kegiatan kreatif.

12. Seni Pertunjukan

Teater, pertunjukan tari, pertunjukan musik, dan pertunjukan wayang adalah contoh seni pertunjukan. Seni pertunjukan dalam industri kreatif terkait erat dengan budaya masyarakat. Beberapa dari seni pertunjukan ini dapat menjadi sumber pendapatan bagi seniman dan sarana melestarikan budaya.

13. Penerbitan dan Percetakan

Banyak hasil atau karya dalam bentuk tulisan yang dihasilkan oleh industri kreatif penerbitan dan percetakan, seperti buku, majalah, surat kabar, undangan, dan sebagainya.

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, semakin banyak penulis yang mulai merujuk pada karya tulis dalam bentuk digital, seperti e-book, blog, dan situs web.

14. Riset dan Pengembangan

Penelitian (riset) dan pengembangan adalah kegiatan kreatif yang terkait erat dengan banyak industri dalam penciptaan penemuan ilmiah dan teknis untuk penerapan ilmu pengetahuan dan pengetahuan.

Istilah “riset” mengacu pada studi atau penelitian tentang suatu subjek secara metodis, kritis, dan ilmiah untuk memperluas pengetahuan, sedangkan “pengembangan” mengacu pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang memanfaatkan fungsi dan keunggulannya untuk menciptakan teknologi baru.

Contoh Industri Kreatif

Contoh Industri Kreatif

Beberapa contoh karya industri kreatif dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut diantaranya:

1. Produksi Kain Batik

Batik adalah kain tradisional Indonesia yang terkenal di banyak negara dan memiliki kehadiran global. Tentu saja, banyak langkah yang harus diikuti dalam pembuatan kain batik. Proses pembuatan kain batik hingga siap dijual tentunya membutuhkan kesabaran dan kreativitas yang tinggi.

2. Proses Pembuatan Film

Pembuatan sebuah film merupakan proses panjang yang dimulai dengan mengembangkan ide, mendongeng, menulis skenario, merekam, dan mengedit dan diakhiri dengan sebuah film yang dapat dipamerkan kepada penonton.

Hasil akhir berupa sebuah film merupakan puncak dari kreativitas semua pihak yang terlibat dalam proses tersebut.

3. Pagelaran Wayang atau Sendratari

Pertunjukan wayang adalah pertunjukan teater tradisional yang memasukkan lakon wayang berdasarkan latar belakang masing-masing karakter.

Sedangkan pertunjukan balet menampilkan banyak disiplin ilmu seperti teater, tari, dan musik dengan latar cerita yang bervariasi. Keduanya merupakan contoh industri kreatif yang banyak dipengaruhi oleh budaya Indonesia.

4. Percetakan Buku

Pencetakan buku merupakan salah satu contoh industri kreatif dimana teks dan grafik diproduksi secara massal dalam jumlah yang banyak. Item pencetakan buku tidak hanya mencakup buku, tetapi juga brosur, pamflet, majalah, undangan, dan materi lainnya.

5. Peragaan Busana

Peragaan busana adalah kegiatan atau acara yang sering diselenggarakan oleh perancang busana dalam rangka untuk menampilkan dan mengekspos produk mereka kepada masyarakat umum.

Peragaan busana adalah kegiatan kreatif yang melibatkan beberapa pihak, antara lain perancang busana, model, pemasok kreativitas busana, dan pendukung busana.

6. Kreator Konten

Kreator konten adalah salah satu pekerjaan yang saat ini sangat diminati di hampir semua bidang industri kreatif. Kreator konten bertanggung jawab untuk mengembangkan berbagai jenis materi konten,

Seperti teks, foto, video, suara, atau campuran dari semuanya. Dibutuhkan banyak kreativitas dan ide cemerlang untuk menjalani seluruh proses menjadi produser konten.

Manfaat Industri Kreatif

Manfaat Creative Industries

Industri kreatif merupakan salah satu sektor yang berkontribusi terhadap perekonomian negara. Industri kreatif di Indonesia tidak hanya beragam, tetapi juga memberikan beberapa manfaat bagi masyarakat dan bangsa.

Manfaat utama dari industri kreatif adalah mendorong kreativitas dan inovasi pada semua pelaku bisnis. Hal ini juga didukung oleh pemerintah Indonesia yang memiliki sumber daya manusia yang sangat besar, terutama pada usia produktif.

Industri kreatif mendapat perhatian lebih dari pemerintah sebagai salah satu sarana penguatan ekonomi negara. Industri kreatif juga diproyeksikan menjadi salah satu industri terpenting bagi perkembangan industri saat ini.

Karena pentingnya keberadaan industri kreatif ini, sulit untuk mengandalkan banyak sektor alam. Mengingat sifat sumber daya alam yang terbatas, pemerintah Indonesia juga harus mengambil langkah dan kegiatan yang tepat untuk mendorong industri kreatif dengan tidak mengurangi sumber daya alam yang cepat habis.

Kebijakan Pemerintah Mengenai Industri Kreatif

Karena pentingnya keberadaan industri kreatif, pemerintah telah memberlakukan sejumlah aturan wajib untuk memastikan bahwa industri kreatif terus berkembang secara efektif. Berikut beberapa kebijakan pemerintah untuk membantu industri kreatif Indonesia.

1. Mengintegrasikan Aset dan Potensi

Strategi pertama pemerintah di sektor industri kreatif adalah mengintegrasikan (menggabungkan) aset dan potensi pertumbuhan kreatif. Dalam industri kreatif ini, pengelolaan aset yang maksimal dapat menjadi sumber uang.

Masyarakat akan selalu terlibat secara langsung dan berlomba-lomba mengembangkan kreativitasnya dengan mengintegrasikan bakat dan potensi kreatif yang dimiliki.

2. Mendorong Inovasi dan Kreativitas

Pemerintah harus mendukung ide-ide cemerlang dan penemuan-penemuan dengan memberikan dana fasilitas untuk mewujudkan kreativitas ini. Alhasil, para penggiat bisnis akan terpacu untuk membuat penemuan-penemuan dengan berbagai kreativitas untuk menghasilkan apa saja.

Ide-ide ini sering memicu daya saing di antara mitra bisnis. Namun, itu juga meningkatkan motivasi orang untuk menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak konvensional.

3. Membentuk Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif)

Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mengembangkan sektor industri kreatif.

Bekraf adalah salah satu organisasi yang didirikan oleh presiden untuk menyediakan wadah atau fasilitas bagi individu yang memiliki ide dan kreativitas untuk mengimplementasikannya. Kehadiran lembaga Bekraf juga dapat memotivasi masyarakat untuk terus menghasilkan teknologi baru yang dapat menjadi karya seni.

Lembaga ini juga merupakan semacam kebijakan pemerintah yang dapat membantu perekonomian negara dengan menghadirkan ide-ide baru.

4. Meregulasi dan Mendukung Kreativitas

Salah satu tanggung jawab pemerintah adalah mengatur (meregulasi) dan membina kreativitas anak bangsa. Salah satu strategi untuk mengatur dan menumbuhkan kreativitas adalah dengan memberikan perlindungan hak cipta kepada penemu, inovator, dan pelaku bisnis.

Hal ini karena kreativitas seseorang merupakan produk ekonomi yang dapat diperdagangkan. Tanpa kontrol dan bantuan pemerintah, kreativitas bisa hilang dan dialihkan karena bentuknya yang belum berkembang.

Sudah ada aturan yang berlaku di Indonesia, dengan diperkenalkannya undang-undang perlindungan hak cipta dan kekayaan intelektual.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar industri kreatif yang kami bahas mulai dari pengertian industri kreatif secara umum jugga menurut pendapat para ahli, serta jenis-jenis, contoh dan manfaat dari industri kreatif.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian industri kreatif adalah semua proses produksi, kreativitas, ide, dan konsep dari seseorang atau kelompok yang selanjutnya dapat diterjemahkan ke dalam karya atau barang.

Industri kreatif di Indonesia tidak hanya beragam, tetapi juga memberikan beberapa manfaat bagi masyarakat dan bangsa. Manfaat utama dari industri kreatif adalah mendorong kreativitas dan inovasi pada semua pelaku bisnis.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button