Aplikasi Pembayaran Digital Terpopuler di Indonesia

Teknatekno.com – Saat ini aplikasi pembayaran digital menjadi salah satu sarana penting dalam melakukan digital payment. Digital payment merupakan sebuah adalah teknik pembayaran yang memanfaatkan media teknis seperti SMS, Mobile Banking, Internet Banking, Digital Wallet, dan sebagainya.

Terobosan teknologi saat ini telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia. Transaksi keuangan adalah salah satu yang mengambil bagian dalam transisi.

Sebelumnya, individu harus menggunakan uang tunai/media tunai untuk membeli dan membayar apa pun, tetapi ini akan berubah secara dramatis. Saat ini, banyak orang telah meninggalkan transaksi tunai demi transaksi tanpa uang tunai atau cashless.

Mereka tidak perlu membawa banyak uang di dompet atau tas mereka jika ingin membeli atau membayar apa pun menggunakan tren ini. Transaksi semacam ini sering disebut sebagai pembayaran digital atau digital payment.

Berikut ini akan Teknatekno jelaskan lebih dalam mengenai digital payment beserta rekomendasi layanan atau aplikasi pembayaran digital yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Simak dibawah ini.

Apa Itu Digital Payment

Apa Itu Digital Payment?

Digital Payment adalah teknik pembayaran yang memanfaatkan media teknis seperti SMS, Mobile Banking, Internet Banking, Dompet Digital, dan sebagainya. Semua aktivitas tersebut membutuhkan penggunaan gadget elektronik yang dikenal dengan telepon pintar.

Cara pembayaran ini semakin banyak digunakan masyarakat karena dianggap lebih aman, efektif, dan efisien. Mereka tidak perlu lagi keluar rumah hanya untuk mengambil uang dari ATM dan membayar berbagai pembayaran.

Dengan Digital Payment, kini kamu bisa membayar berbagai hal seperti listrik, air, dan kartu kredit dari kenyamanan rumah kamu sendiri menggunakan perangkat.

Keuntungan Menggunakan Digital Payment

Banyak orang lebih memilih pembayaran digital karena memberikan beberapa keuntungan dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, apa saja keuntungan menggunakan Digital Payment ini? Berikut diantaranya:

1. Kapan dan Dimana Saja

Orang-orang memiliki waktu terbatas ketika mereka ingin membayar apa pun di suatu lokasi. Ini berbeda dengan pembayaran digital, yang bisa dilakukan kapan saja dan dari lokasi mana pun. Pembayaran digital akan tetap berfungsi selama perangkat terhubung dengan jaringan internet.

Jika kamu selalu disibukkan dengan pekerjaan dan tidak punya waktu untuk bepergian ke lokasi pembayaran listrik, misalnya, buka saja smartphone kamu dan lakukan pembayaran digital di sana. Bukankah ini solusi praktis yang bagus?

2. Lebih Aman Dibanding Cash

Dewasa ini perkembangan uang palsu yang beredar di masyarakat sering diberitakan di media massa. Jika seseorang tidak berhati-hati saat berdagang dengan uang tunai, bukan tidak mungkin dia menjadi korban uang palsu, yang akan sangat merugikan.

Namun, tampaknya hal itu bisa dihindari dengan Digital Payment. Masyarakat tidak perlu lagi menebak-nebak apakah uang yang mereka miliki itu asli atau palsu. Transaksi bisa dilakukan dengan aman dan menyenangkan berkat tingkat keamanan tinggi yang ditawarkan oleh penyedia layanan Digital Payment.

3. Hemat Waktu dan Tenaga

Dalam beberapa tahun terakhir, kamu mungkin mengalami antrean panjang saat mencoba mendapatkan kredit atau membayar tagihan. Hal ini tampaknya bisa diatasi dengan Digital Payment. Pembayaran kamu bisa diproses dalam hitungan menit.

Selain menghemat waktu, kamu tidak perlu lagi bosan mengantri dan menghabiskan banyak tenaga untuk hal-hal kecil. Jadi, lakukan saja dari rumah dengan elektronik kamu dan hemat waktu kamu untuk hal-hal penting lainnya. Bukankah itu benar-benar menguntungkan?

4. Produk yang Beragam

Digital Payment ini memungkinkan kamu melakukan banyak pembayaran. Semua jenis hutang yang harus dibayar bisa dengan mudah diselesaikan hanya dalam beberapa menit dalam satu wadah. Selain itu, ketersediaan Digital Payment ini membuat pembelian online menjadi sangat sederhana.

Tipe-Tipe Pembayaran Digital

Tipe-Tipe Pembayaran Digital

Untuk melakukan pembayaran digital, kamu harus terlebih dahulu memahami berbagai jenis pembayaran. Berikut ini adalah beberapa tipe pembayaran digital yang populer di Indonesia.

1. Mobile Banking

Bank-bank besar di Indonesia (khususnya bank-bank pemerintah) seringkali menyediakan layanan Mobile Banking yang bisa diakses melalui telepon pintar. Aplikasi Mobile Banking ini penting untuk melakukan transaksi keuangan, salah satunya pembayaran digital.

Cukup unduh dan instal aplikasi Mobile Banking dari bank tempat kamu menyimpan, lalu selesaikan langkah-langkah yang ditentukan oleh masing-masing bank. Biasanya, kamu harus mengaktifkan Mobile Banking dengan mengunjungi lokasi bank lokal.

Setelah itu, semua fungsi Mobile Banking bisa diakses dengan mudah. Kamu bisa mendapatkan aplikasi Mobile Banking dari berbagai bank di Play Store atau App Store.

2. SMS Banking

Opsi transaksi keuangan lain yang disediakan oleh bank adalah SMS Banking. Nomor ponsel kamu sangat penting dalam situasi ini. Hal ini karena transaksi SMS Banking akan diselesaikan dengan menggunakan fungsi SMS. Kamu juga bisa melakukan Digital Payment menggunakan SMS Banking.

Kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan nomor ponsel kamu ke bank tempat kamu menyimpan agar bisa digunakan sebagai alat transaksi. Jika demikian, kamu bisa melakukan beberapa pembayaran SMS Banking dengan perangkat kamu dengan menekan UMB (USSD Menu Browser) *141#.

3. Internet Banking

Ini adalah layanan transaksi keuangan lain yang disediakan oleh bank. Kamu harus melakukan perjalanan ke bank dengan kartu identitas yang valid, buku tabungan, kartu ATM, dan alamat email yang aktif untuk mengaktifkan layanan ini.

Setelah semua langkah selesai, kamu bisa menggunakan Internet Banking untuk melakukan Digital Payment. Untuk melakukan transaksi keuangan menggunakan Internet Banking, token digunakan.

4. Uang Elektronik (e-Money)

Salah satu keunggulan layanan keuangan yang dikenal sebagai uang elektronik adalah penggunaan jaringan internet. Aspek lain adalah bahwa uang elektronik bisa digunakan untuk pembayaran dan penyetoran melalui transfer.

Uang elektronik telah hadir untuk memenuhi kebutuhan akan layanan pembayaran non tunai. Memang banyak yang percaya bahwa layanan tersebut merupakan layanan masa depan yang pada akhirnya akan menggantikan teknologi layanan pembayaran nontunai yang sudah ada.

Ada beberapa perusahaan di Indonesia yang menyediakan uang elektronik. Perusahaan yang menghadirkan uang elektronik resmi, sebaliknya, harus terdaftar di Bank Indonesia. Dengan kata lain, layanan uang elektronik harus memiliki izin penyelenggaraan uang elektronik Bank Indonesia.

Rekomendasi Aplikasi Pembayaran Digital

Rekomendasi Aplikasi Pembayaran Digital

Setelah mempelajari berbagai jenis pembayaran digital, sekarang kita beralih ke daftar layanan atau aplikasinya. Ada beberapa daftar aplikasi pembayaran digital dalam bentuk uang elektronik, berikut rekomendasi dari Teknatekno:

1. Go-Pay

Go-Pay adalah layanan financial technology atau fintech yang dimiliki oleh Go-Jek. Kamu mungkin pernah mendengar tentang Go-Jek, yang telah berkembang ke negara lain. Jika kamu pernah menggunakan Go-Jek, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan Go-Pay.

T-Cash sebanding dengan Go-Pay. Kamu bisa menggunakan saldo Go-Pay kamu untuk belanja online, pembayaran berbagai pembayaran, isi ulang pulsa, dan keperluan lainnya. Pengisian saldo Go-Pay juga mudah. Ini bisa dilakukan melalui ATM, minimarket, atau driver Go-Jek.

Sekadar info, Go-Jek juga menawarkan fungsi Go-Pay baru yang disebut Go-Pay Coins. Jika kamu sering menggunakan Go-Pay, kamu akan mendapatkan Koin Go-Pay. Koin Go-Pay ini bisa digunakan untuk layanan Go-Jek seperti Go-Ride dan Go-Car.

Download aplikasi Go-Jek di PlayStore.

2. ShopeePay

Selain Go-Pay, nama ShopeePay menjadi lebih populer. Apalagi banyak pelanggan Shopee yang sering memanfaatkan e-money ini untuk berbelanja. Fungsi ShopeePay ini tersedia di aplikasi Shopee.

Sama seperti Go-Pay, ShopeePay bisa digunakan untuk membayar berbagai pembelian, terutama yang dilakukan di dalam aplikasi Shopee itu sendiri. Misalnya, berbelanja, membeli makanan atau minuman di ShopeFood, membeli token energi, dan masih banyak lagi aktivitas lainnya.

ShopeePay juga bisa digunakan untuk membayar belanjaan dan makanan di berbagai restoran. Kamu cukup mengisi saldo ShopeePay kamu dengan menggunakan transfer ATM, perbankan online, atau akun virtual. Pengguna Shopee juga bisa mentransfer dana satu sama lain secara gratis.

Download aplikasi Shopee di PlayStore.

3. OVO

Selanjutnya ada OVO, yang merupakan salah satu pembayaran pembayaran seluler paling populer. Kamu juga bisa menggunakan OVO untuk membayar pembayaran seperti langganan internet, listrik, isi ulang pulsa, dan lainnya.

Pada kenyataannya, kamu bisa menggunakan OVO untuk berinvestasi di reksa dana juga. Isi ulang saldo OVO kamu melalui ATM, m-Banking, Internet Banking, Kartu Debit, atau bisnis tertentu.

Download aplikasi OVO di PlayStore.

4. LinkAja

Jika kamu memiliki nomor ponsel Telkomsel, kamu bisa menggunakan layanan non tunai dari perusahaan telekomunikasi milik pemerintah ini. LinkAja telah diberikan izin untuk beroperasi oleh Bank Indonesia sehingga aman untuk digunakan.

Banyak operasi keuangan, termasuk pembayaran digital, dimungkinkan menggunakan LinkAja. Dengan LinkAja Syariah, kamu juga bisa berdonasi infaq, wakaf, zakat, dan qurban.

Untuk melakukan transaksi, kamu harus memiliki dana di akun LinkAja kamu. Bagaimana cara mengisi saldo akun? Hal ini bisa dilakukan di GraPari Telkomsel, minimarket, atau melalui transfer bank.

Download aplikasi LinkAja di PlayStore.

5. DANA – Indonesia’s Digital Wallet

Aplikasi DANA memungkinkan kamu untuk melakukan pembelian tanpa menggunakan uang tunai atau kartu kredit! kamu bisa menggunakan aplikasi DANA untuk melakukan berbagai pembayaran kapan saja dan dari mana saja, seperti pengisian pulsa, pembayaran tagihan energi dan air, pembayaran cicilan, asuransi, dan BPJS.

DANA telah mengembangkan fungsionalitas QR Code yang bisa mengurangi waktu tunggu saat melakukan pembayaran di berbagai bisnis DANA.

Aplikasi ini juga memudahkan pengiriman uang. Kamu bisa mentransfer uang lebih cepat hanya dengan memasukkan nomor ponsel penerima. Kamu juga bisa meminta uang dari teman DANA kamu dengan membagikan kode QR kamu, yang bisa mereka transfer langsung ke akun DANA kamu.

Download aplikasi DANA di PlayStore.

Rekomendasi Aplikasi Digital Payment

6. i.Saku

Dengan i.Saku, kamu bisa menikmati layanan pembayaran digital yang aman dan nyaman. Pasalnya, aplikasi ini telah mendapat izin untuk dijalankan oleh BI (Bank Indonesia). Kamu juga bisa menggunakan opsi token untuk menyetor atau menarik sejumlah uang tunai.

Setiap transaksi yang kamu lakukan dengan i.Saku memberi kamu poin. Setelah mengumpulkan sejumlah besar poin, kamu bisa menukarnya dengan berbagai hadiah menarik dari Poin Saya. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai jenis promosi dengan iSaku yang bisa diakses di lebih dari 14.000 lokasi Indomaret.

Download aplikasi iSaku di PlayStore.

7. Sakuku

Sakuku adalah layanan pembayaran uang elektronik yang diterbitkan oleh bank BCA. Aplikasi ini menggunakan nomor ponsel kamu sebagai nomor rekening kamu, bebas biaya bulanan.

Sakuku memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai operasi perbankan, antara lain isi ulang/tunai di ATM BCA, KlikBCA Individual, dan BCA mobile, transfer uang ke rekening BCA, tarik tunai di ATM BCA, dan banyak lagi.

Sakuku Plus memberikan layanan yang lebih komprehensif. Beberapa transaksi keuangan di atas hanya tersedia melalui Sakuku Plus. Jika kamu adalah pelanggan BCA Mobile yang telah melakukan transaksi pada bulan sebelumnya, kamu bisa mengaktifkan fungsi ini.

Download aplikasi Sakuku di PlayStore.

8. Doku

Doku memungkinkan kamu melakukan pembayaran online atau offline kapan saja dan dari lokasi mana pun. Tentunya hal ini dilakukan dengan aman karena memiliki Password dan PIN.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membayar beberapa jenis pembayaran bulanan, pembelian pulsa, dan transfer dana ke pengguna Doku lainnya.

Doku bisa digunakan sebagai metode pembayaran saat berbelanja di situs e-commerce asing seperti AliExpress. Doku juga bisa digunakan untuk pembelian paket data, bayar langganan First Media, bayar ojek, tarik tunai, dan masih banyak lagi di AlfaOnline, Citilink, dan KAI.

Download aplikasi Doku di PlayStore.

9. PayTren

PayTren eMoney juga bisa digunakan untuk berbagai transaksi atau pembayaran, antara lain ATM, Internet/SMS/Mobile Banking, dan PPOB (Payment Point Online Bank). PayTren eMoney mungkin bisa dikenali oleh Jemaat Ust. Yusuf Mansur karena merupakan produk dari perusahaan yang dipimpinnya.

Isi pulsa, pembelian voucher game, token TV prabayar, token PLN, leasing, tagihan listrik, PDAM, tiket pesawat, tiket kereta api, sedekah, dan layanan lainnya tersedia di aplikasi ini.

Download aplikasi PayTren di PlayStore.

10. True Money

True Money juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai jenis transaksi dengan nyaman, kapan saja dan di mana saja.

True Money mencakup kemampuan seperti mentransfer uang ke anggota atau rekening bank TrueMoney lainnya, menarik uang tunai melalui agen TrueMoney, Alfamart, dan Alfamidi, dan membeli pulsa, paket data, token energi, dan voucher game.

Selanjutnya, kamu bisa membayar tagihan di PLN, PDAM, Telepon/HP, Internet, BPJS, TV Berbayar, Multifinance, dan token untuk belanja dan penarikan saldo di Alfamart dan Alfamidi.

Download aplikasi True Money di PlayStore.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa aplikasi pembayaran digital terpopuler yang bisa Teknatekno rekomendasikan untuk kamu. Semoga dengan adanya rekomendasi ini bisa menjadi referensi kamu untuk memilih aplikasi pembayaran digital yang lebih aman dan terpercaya.

Related Articles

Back to top button