Kelebihan dan Kekurangan Televisi Bagi Masyarakat

Teknatekno.com – Sebagian dari kita mungkin masih ada yang belum mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan televisi. Pada kenyataannya, mungkin banyak orang tidak peduli dengan kualitas hiburan yang ditonton keluarga mereka setiap hari.

Padahal, sebagai masyarakat yang cerdas, kita harus pandai-pandai dalam memilih program televisi. Sebab, seperti yang kita ketahui bersama, jenis sinetron dan film yang tayang di televisi cukup beragam.

Bagaikan dua sisi mata uang yang bisa menjadi bumerang jika tidak dipilih dengan cermat sejak awal. Jika tontonan dianggap tidak sesuai dengan usianya, maka akan berdampak negatif.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Televisi

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Televisi

Seperti disebutkan sebelumnya, televisi dapat bermanfaat dan juga merusak media. Karena itu semua bergantung pada bagaimana program dipilih berdasarkan usia penonton. Terlepas dari itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan televisi bagi masyarakat. Berikut penjelasannya:

Kelebihan Televisi

Ketika berbicara tentang kelebihan dan kekurangan televisi, banyak yang akan mengklaim bahwa televisi adalah favorit bagi sebagian masyarakat, termasuk:

1. Lebih Menarik Perhatian

Sebuah televisi yang memadukan audio dan video meningkatkan presentasi. Akibatnya, dapat disimpulkan bahwa orang lebih tertarik pada televisi ini daripada bentuk media informasi lainnya.

2. Media Informasi yang Praktis

Televisi, selain sebagai media hiburan, kini mengalami sejumlah kemajuan, dengan perannya yang semakin beragam. Dari media periklanan hingga distribusi informasi, semuanya menjadi lebih mudah.

Akan lebih mudah bagi individu untuk memahami apa yang ingin mereka ungkapkan dengan menggunakan informasi yang disampaikan melalui televisi ini. Menurut penelitian, individu menerima informasi melalui penggunaan indera mereka. Indera penglihatan adalah salah satu yang paling kuat.

3. Bersifat Langsung (Live) dan Uptodate

Dengan media televisi ini, kamu dapat memperoleh informasi, khususnya berita, dari dalam dan luar negeri secara real time (live). Jadi item seperti ini akan membantu kamu mengikuti berita atau informasi terbaru.

Pemahaman dan keahlian kamu pasti akan berkembang sebagai hasilnya. Jika kamu masih melewatkannya, stasiun televisi akan menayangkan ulang atau menayangkan ulang secara berkala.

4. Jenis Tayangan yang Beragam

Televisi dapat menyajikan kepada pemirsa berbagai tayangan untuk dipilih. Musik, film, bahkan berita dan informasi lainnya dapat diakses dengan menonton televisi ini. Cukup dengan duduk, kamu bisa mendapatkan semua informasi yang kamu inginkan dan dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing individu.

5. Bersifat Non Stop

Waktu istirahat setiap orang mungkin berbeda dan sudah ditentukan masing-masing. Namun, karena berbagai faktor seperti tanggung jawab pekerjaan dan lainnya, pola sisanya mungkin terbalik.

Akibatnya, ketika beberapa individu tidur, yang lain tetap terjaga dan membutuhkan televisi sebagai “pendamping”. Dan, tentu saja, tidak ada alasan untuk khawatir karena pada umumnya televisi ini nonstop, dengan acara yang tayang setiap jam. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang matinya televisi.

Keuntungan dan Kerugian Televisi

Kekurangan Televisi

Selalu ada negatif di mana ada positif. Termasuk juga televisi, yang dapat menghasilkan kerugian tanpa sepengetahuan kamu. Apa saja kekurangan televisi

1. Segmen Luas

Ada beberapa jenis program televisi. Beberapa ditujukan untuk anak-anak, remaja, dan orang tua. Di sinilah masalah muncul ketika tayangan semacam ini ditampilkan secara acak. Akibatnya, tidak jarang anak muda menonton acara televisi yang tidak sesuai dengan usianya. Akibatnya, situasi seperti ini harus dihindari.

2. Komunikasi Satu Arah

Televisi, seperti radio, hanya memungkinkan komunikasi satu arah. Ini menyiratkan bahwa publik hanya dapat mendengarkan apa yang dikatakan media di televisi dan tidak dapat menanggapinya secara langsung.

3. Jaringan Penyebaran

Tidak semua stasiun televisi di Indonesia dapat menjangkau semua daerah, terutama tempat-tempat yang jauh dan terpencil. Hal inilah yang menyebabkan informasi tersebar tidak merata dan menjadi salah satu kelebihan dan kekurangan televisi yang terus dikeluhkan masyarakat.

Orang-orang di kota-kota besar sadar akan masalah penjangkauan. Beberapa saluran televisi, terutama yang baru, tidak ditangkap oleh antena. Akibatnya, program tersebut tidak stabil atau mudah hilang di tengah-tengahnya, yang membuat jengkel masyarakat yang menontonnya.

4. Bergantung dengan Listrik

Jika listrik padam, televisi juga padam, dan penonton kehilangan informasi dari acara yang mereka tonton. Generator dapat membantu dalam hal ini, tetapi tidak semua orang memilikinya, dan penggunaannya juga dibatasi.

5. Tidak Dapat Mencari Informasi Sesuai Waktu yang Diinginkan

Apa yang telah lewat tidak dapat diulang (kecuali menunggu waktu tayang) dan tidak dapat mencari informasi berdasarkan waktu yang diinginkan

Melihat beberapa argumen yang disebutkan di atas mengenai kelebihan dan kekurangan televisi, adalah mungkin untuk menyimpulkan bahwa semua kelebihan dan kekurangan televisi benar-benar bergantung pada bagaimana kita sendiri. Jadi, kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakan media televisi.

Cara Mengatasi Dampak Negatif dari Televisi

Cara Mengatasi Dampak Negatif dari Televisi

Tentu saja pembahasan kelebihan dan kekurangan televisi akan dipusatkan pada kekurangan dan cara mengatasi kekurangan tersebut. Kehadiran televisi tidak dapat dipungkiri sangat vital dalam kehidupan sehari-hari.

Karena televisi berfungsi sebagai sumber informasi dari berbagai pihak sekaligus sebagai sarana hiburan. Jadi ada baiknya kamu diharapkan lebih cerdik dalam menghadapi hal ini.

1. Sesuaikan Jenis Tayangan Berdasarkan Usia

Hal pertama yang bisa dilakukan agar televisi tidak berdampak negatif adalah memodifikasi tontonan berdasarkan usia.

Tentu saja, jika kamu sudah memiliki anak, kamu harus bijaksana dalam menawarkan program televisi kepada anak kamu. Hal ini untuk memastikan bahwa anak kamu tidak kemudian mengkonsumsi hiburan yang dinilai tidak pantas.

2. Mengawasi dan Mendampingi Anak

Membiarkan anak-anak terlalu banyak kebebasan untuk menonton televisi seperti yang mereka inginkan bukanlah ide yang baik.

Sebagai orang tua, kamu harus mengawasi atau bahkan menemani anak kamu saat dia sedang menonton televisi. Karena kamu kemudian dapat memeriksa apakah anak kamu menonton program televisi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Hindari Memberikan Fasilitas Televisi di Kamar Anak

Disarankan untuk tidak memberikan fasilitas televisi di kamar pribadi anak agar kamu dapat mengamati gerak-gerik anak kamu saat sedang menonton televisi. Sebaiknya letakkan televisi di ruang keluarga agar lebih mudah memantaunya.

Manfaat Menggunakan Televisi

Televisi juga memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan sehari-hari, diantaranya seperti:

  1. Sebagai media hiburan
  2. Sebagai media untuk bermain game
  3. Sebagai media untuk menonton film dari DVD dan juga player lainnya
  4. Sebagai media informasi
  5. Sebagai media pendidikan
  6. Relaksasi dan menghilangkan stress
  7. Untuk memuaskan hobi
  8. Untuk mengetahui perkembangan ekonomi, sosial, dan politik, serta berita terbaru
  9. Untuk melihat informasi dari seluruh dunia
  10. Sebagai output untuk kamera keamanan atau CCTV
  11. Mempererat tali persaudaraan

Fakta Seputar Dunia Pertelevisian di Indonesia

Pada tahun 2002, jam menonton televisi anak-anak berkisar antara 1.560 hingga 1.820 jam per tahun, sedangkan anak-anak sekolah dasar belajar kurang dari 1.000 jam per tahun. Sekitar 85 persen acara televisi tidak layak ditonton oleh anak-anak karena terlalu banyak menampilkan aspek kekerasan, seks, dan supranatural.

Sedikitnya ada 800 judul acara anak-anak, 300 di antaranya tayang hingga 170 jam setiap minggunya, padahal dalam seminggu hanya 168 jam. Sekitar 40% dari waktu siaran televisi terdiri dari hampir 1.200 iklan setiap minggu, di atas rata-rata global 561 iklan per minggu.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa kelebihan dan kekurangan televisi ini sangat beragam, terutama bagi perkembangan anak-anak. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan televisi, kita juga bisa merasakan berbagai manfaat dari menonton televisi seperti mendapatkan informasi dari seluruh dunia.

Sekian penjelasan dari Teknatekno seputar kelebihan dan kekurangan televisi yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang manfaat menggunakan televisi bagi kehidupan sehari-hari ya.

Related Articles

Back to top button