Apa itu Tata Ruang Kantor? Macam-Macam dan Tujuan

Teknatekno.com – Teknozen apakah kalian tau tentang apa itu tata ruang kantor? Tata ruang kantor yang efisien tentunya tidak tercipta dengan sendirinya, melainkan merupakan hasil dari perencanaan yang tepat, perhitungan yang sangat matang, dan desain yang sangat maksimal.

Oleh sebab itu, ini dibutuhkan sebuah perencanaan tentang tata ruang kantor yang tepat dan efisien. Seperti apa tata ruang kantor yang efisien dan bisa menyamankan kinerja orang-orang yang ada di dalam kantor tersebut? Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa itu Tata Ruang Kantor

Apa itu Tata Ruang Kantor

Secara umum tata ruang kantor yaitu untuk menentukan persyaratan ruang untuk menyiapkan pengaturan praktis faktor fisik yang dianggap perlu untuk implementasi pekerjaan di kantor. Difinisi ini juga sebagai cara untuk menyiapkan perabot dan peralatan di area lantai yang tersedia.

Oleh karena itu, tata ruang kantor adalah persiapan semua mesin kantor, perlengkapan kantor dan perabot kantor di tempat yang tepat, sehingga karyawan dapat bekerja dengan nyaman, aman dan bebas untuk bergerak. Ini pasti akan mencapai efisiensi pekerjaan.

Pengertian Tata Ruang Kantor Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi tata ruang kantor menurut para ahli yang perlu kamu ketahui:

1. Menurut The Liang Gie

Pengertian menurut The Liang Gie adalah penyusunan alat kantor pada letak yang benar serta mengatur tempat kerja yang membuat kepuasan bekerja bagi para pegawai disebut tata ruang perkantoran.

2. Menurut George R Terry

Pengertian tata ruang kantor menurut George R. Terry adalah merupakan penentuan mengenai kebutuhan tata ruang kantor dan tentang menggunakan secara terperinci dari ruang ini untuk.

Menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak.

3. Menurut Littlefield, Frank M. Rachel dan Donald L. Caruth

Pengertian tata ruang kantor menurut Littlefield, Frank M. Rachel dan Donald L. Caruth, adalah penyusunan perlengkapan atau peralatan dalam lantai yang luas.

Tata ruang kantor dapat pula sebagai penempatan alat-alat dan mesin-mesin serta pengaturan tempat kerja bagi para pegawai sehingga diperoleh efisiensi.

Apa Saja Macam-Macam Tata Ruang Kantor

Apa Saja Macam-Macam Tata Ruang Kantor

Tata ruang dibagi menjadi 4 macam-macam bagian yang perlu kamu ketahui yaitu:

1. Tata Ruang Kantor Bersekat

Tata ruang kantor bersekat ini adalah merupakan tata ruang kantor untuk bekerja dan dibagi-bagi menjadi seperti kamar kecil. Disekat bisa mengggunakan dari tembok, kayu, atau sebagainya agar para karyawan memiliki lebih privasi dan nyaman untuk bekerja.

2. Tata Ruang Kantor Terbuka

Dengan terciptanya lingkup kantor yang terbuka, aktivitas dari pekerjaan administrasi bisa menjadi meningkat. Bahkan tata ruang kantor terbuka bisa memajukan sistem kreatif yang diinginkan dari karyawan bisa mengembangkan kreatifitasnya.

3. Tata Ruang Kantor Berhias

Tata ruang kantor berhias adalah ruangan yang digunakan untuk bekerja yang berhias oleh tanaman, dekorasi, dan sebagainya. Bentuk ruangan kantor berhias ini dibuat agar lingkup ruang perkantoran seperti pemandangan alam terbuka dan agar seperti lingkungan yang nyaman dan menyenangkan.

4. Tata Ruang Kantor Gabungan

Tata ruang kantor gabungan adalah tata ruang kantor yang menjadi sebuah gabungan pada terpampang tata ruang kantor. Tata ruang gabungan ini perlu dipikirkan lagi, dikarenakan ada setiap itu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing di dalam setiap tata ruang.

Tujuan Tata Ruang Kantor

Tata ruang kantor ini menjadi hal yang penting untuk menentukan kelancaran dari pelaksanaan tata usaha perkantoran. Ruang kantor yang baik akan memberikan manfaat bagi organisasi yang bersangkutan untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Menurut Geofrey Mills dan Oliver Standing Ford, tujuan dari tata ruang kantor yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Persyaratan undang-undang dipenuhi.
  2. Ruang digunakan sedemikian mungkin.
  3. Tersedia di ruangan yang diperlukan. Contohnya, telepon, air, listrik.
  4. Persyaratan kerja yang baik disiapkan untuk semua.
  5. Pengawasan ini dapat melihat karyawan bekerja.
  6. Kamu dapat mempertahankan rasa kesetiaan dan bekerja sama dengan tim kerja.
  7. Komunikasi dan juga alur kerja lebih baik untuk kedepannya.
  8. Mengganggu di antara karyawan harus dipisahkan.

Asas-asas Tata Ruang Kantor

Asas-asas Tata Ruang Kantor

Ketika ingin menata tata ruang kantor ada asas-asas yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

1. Jarak Terpendek

Asas jarak terpendek merupakan persiapan peralatan dan furniture yang mendukung pekerjaan yang tidak jauh. Wajib untuk beberapa pekerjaan yang saling terhubung, terutama dalam kompilasi tempat kerja dan menempatkan beberapa alat yang diperlukan.

Asas ini dapat memungkinkan proses menyelesaikan pekerjaan yang akan dilakukan cepat atau dengan waktu yang efektif.

2. Rangkaian Kerja

Menurut asas ini, rencana spesial yang baik adalah menempatkan karyawan dan alat berdasarkan sirkuit yang sejalan dengan urutan penyelesaian pekerjaan. Asas ini adalah integritas asas jarak yang lebih pendek.

Pekerjaan ini kerja juga merupakan keberlanjutan jarak terpendek, karena desain ruang yang baik adalah bahwa ini dapat memfasilitasi karyawan untuk mencapai alat kerja yang diperlukan. Jadi pekerjaan dapat dilakukan secara efisien dan efektif.

3. Penggunaan Ruangan

Dalam asas penggunaan ruangan, asas yang digunakan adalah utuk mengatur ruang kantor menggunakan ruang kantor yang ada, termasuk penggunaan ruangan secara vertikal dan horizontal. asas ini menggunakan ruangan secara maksimal.

Asas ini sangat digunakan untuk ruang kecil, namun membutuhkan area penyimpanan yang cukup besar. Lalu dalam asas ini tidak ada kamar kosong atau tidak digunakan.

4. Perubahan Susunan

Asas ini adalah perencanaan tata ruang yang baik adalah desain yang dapat dengan mudah diubah atau direorganisasi, dan tidak memerlukan biaya besar.

Perubahan dalam desain kantor dilakukan untuk membuat suasana baru di kantor. Asas ini juga hanya memperhatikan bobot kecil dan ringan dari furnitur ruang kerja yang digunakan.

5. Integrasi Kegiatan

Di dalam asas integrasi kegiatan, harus mengintegrasikan kegiatan dengan minat yang sama dalam perusahaan. Sehingga karyawan kantor saling terkait dan bisa bekerja dengan lebih harmonis. Integrasi ini penting dilakukan agar pekerjaan bisa selesai sesuai dengan tujuan.

Asas integrasi kegiatan ini terkait erat dengan prinsip unit fungsi dan juga prinsip hubungan individu dalam berbagai prinsip kantor organisasi. Keberadaan kolaborasi ini jatuh tempo pada awal hubungan perseorangan dan unit fungsi.

6. Keamanan dan Kepuasan Kerja

Dalam disposisi ruang kantor, penerapan prinsip keselamatan dan juga kepuasan kerja sangat dibutuhkan untuk diimplementasikan. Atas dasar asas ini, perencanaan tata ruang dan tim kantor harus dapat membuat karyawan bekerja dengan nyaman, aman dan puas.

Oleh karena itu, tujuan organisasi atau perusahaan dapat dicapai secara memadai dan maksimal. Jika asas ini tidak berlaku, tidak mungkin pekerjaan kantor untuk dilakukan dengan benar.

Pembagian Tata Ruang Kantor

Pembagian Tata Ruang Kantor

Bila dilihat dari ruang lingkungannya, maka tata ruang kantor bisa dibedakan menjadi beberapa bagian yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut:

1. Pribadi

Tata ruang pribadi bisa digunakan untuk berbagai keperluan, Misalnya pesta perpisahan, penyambutan, capaian prestasi, dan lainnya.

Selain itu juga karyawan juga membutuhkan kantor pribadi jika kamu membutuhkan ruang yang tenang untuk dapat berkonsentrasi untuk melakukan pekerjaan.

2. Antar Bagian

Tata ruang antarbagian ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

Area Umum

Area umum, area ini lebih digemari dibandingkan dengan area kantor swasta. Karena ada hal yang sebagai berikut ini:

  • Biaya yang dibutuhkan untuk area pribadi merasa lebih tinggi.
  • Membutuhkan fasilitas pengawasan langsung terhadap bawahannya.
  • Kemungkinan ada hari untuk perubahan dalam mendesain.
  • Hubungan kerja dalam administrasi sangat

Area Privat

Area kantor privat biasanya area ini biasanya merupakan tempat yang kotor dan bising. Contohnya, sebagai ruang memasak, coffe, ruang fotokopi dan toilet.

Area Servis

Area servis yaitu area ini digunakan untuk menyimpan berbagai jenis produk. Contohnya, sebagai bahan baku, produk semi-jadi dan produk jadi, dan ruang file.

Faktor yang Mempengaruhi Tata Ruang Kantor

Faktor yang Mempengaruhi Tata Ruang Kantor

Berikut ini adalah beberapa faktor-faktor lain yang berhubungan dengan tata ruang kantor yang perlu kamu ketahui antara lain sebagai berikut:

1. Cahaya

Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi tata ruang kantor yang perlu kamu ketahui:

  • Cahaya langsung seperti lampu.
  • Paruh terang secara langsung, biasanya membuat lampu dengan kaca dengan kaca.
  • Cahaya menengah tidak langsung.
  • Cahaya tidak langsung, pencahayaan terbaik adalah cahaya tidak langsung, karena kamu dapat menjaga kedinginan mata.

2. Warna

Warna juga mempengaruhi faktor kinerja karyawan, pemilihan warna juga dapat memengaruhi kondisi jiwa seseorang. Tiap warna memiliki mempengaruhi terhadap kondisi kejiwaannya karyawan. Berdasarkan penelitian, ada beberapa warna yang digunakan di dalam gedung perkantoran, yaitu:

  • Warna putih 88%.
  • Warna putih dan hijau 88%.
  • Warna abu-abu 83%

3. Udara

Sirkulasi udara di dalam ruang kantor juga perlu diperhatikan. Udara yang sejuk dan segar serta bebas bau bisa membuat pegawai merasa nyaman dalam bekerja. Salah satu caranya yaitu dengan menambahkan AC di dalam ruang tersebut.

4. Suara

Suara dapat memengaruhi konsentrasi dan emosi karyawan. Suara yang tenang dan menyejukkan seperti suara gemericik air dapat memberikan efek tenang. Dan sebaliknya, suara gaduh seperti knalpot motor dapat memancing emosi marah karyawan.

Tanya Jawab Tentang Tata Ruang Kantor

Berikut ini adalah tanya jawab seputar tata ruang kantor yaitu:

1. Apa Keuntungan Tata Ruang Kantor yang Tertutup?

Keuntungan tata letak tertutup termasuk menjaga privasi atau kerahasiaan pekerjaan untuk jenis pekerjaan tertentu yang menuntut kerahasiaan. Stasiun kerja setiap divisi berbeda, dan bahkan ruang pemimpin dipisahkan untuk mempertahankan kendali pemimpin dengan lebih baik.

2. Mengapa Faktor Cahaya atau Penerangan Perlu Diperhatikan Dalam Tata Ruang Kantor?

Karyawan dapat bekerja lebih cepat dan membuat lebih sedikit kesalahan bila ada penerangan yang cukup.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa apa itu tata ruang kantor adalah persiapan semua mesin kantor, perlengkapan kantor dan perabot kantor di tempat yang tepat, sehingga karyawan dapat bekerja dengan nyaman, tentram dan bebas.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar apa itu tata ruang kantor, macam-macam, tujuan, asas-asas, faktor mempengaruhi tata ruang kantor hingga pembagian tata ruang kantor. Semoga bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button