Fungsi Tools CorelDraw Paling Lengkap

Teknatekno.comFungsi tools CorelDraw tidak hanya untuk editing foto saja. Masih ada berbagai manfaat dan fungsi dari berbagai fitur dan tools yang tersedia. CorelDraw merupakan software desain grafis yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Khususnya pelajar, percetakan, dan perkantoran. Corel Corporation mengembangkan CorelDraw, mereka melengkapi kinerja fitur-fiturnya sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan pengguna. CorelDraw dirancang sebagai software grafis yang user friendly, sehingga tidak heran jika penggunanya banyak.

Hingga saat ini media cetak masih banyak yang menggunakan CorelDraw, karena sangat mudah digunakan untuk proses editing hingga pembuatan desain. Nah untuk lebih jelasnya mengenai beberapa fungsi tools CorelDraw, kamu bisa melihat artikelnya di bawah ini.

Pengertian dan Fungsi Tools CorelDraw

Pengertian CorelDraw

CorelDraw adalah perangkat lunak editor grafis vektor, yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation. Program editor grafis ini juga terhubung dengan editor gambar bitmap, Corel photo-paint dan merupakan bagian pertama dari rangkaian grafis all-in-one (Corel Graphics Suite).

Perangkat lunak ini dirancang untuk mengedit gambar dua dimensi seperti poster dan logo. Pada bulan Maret 2020, Corel telah mengembangkan rilis terbarunya, versi 22, CorelDraw Graphics Suite 2020.

CorelDraw sangat mendukung berbagai bidang visualisasi desain dengan hasil yang memuaskan. Tidak heran jika software ini banyak digunakan dalam pekerjaan grafis, terutama media percetakan, perusahaan publikasi dan media desain lainnya.

Sejarah CorelDraw

Pendiri Corel Corporation adalah Michael Cowpland, lahir 23 April 1943 di Bexhill, Inggris. Dia lulus dengan gelar Sarjana Teknik di Imperial University, London sebelum pindah ke Kanada dan mendapatkan gelar master dan Ph.D. dari Carleton University, Kanada.

Sebelum mendirikan Corel, Michael Cowpland dan Terry Mathews telah mendirikan perusahaan telekomunikasi bernama Mitel Corporation yang sukses besar di tahun 70-an dan awal 80-an.

Namun pada akhirnya, karena masalah manajemen, ekspansi dan pengembangan perusahaan gagal pada tahun 1984 British Telecom membeli perusahaan tersebut. Tak lama setelah itu, Michael Cowpland dan rekannya meninggalkan perusahaan.

Dengan dana segar, Cowpland mencoba peruntungannya lagi dengan mendirikan Cowpland Research Laboratory atau yang kemudian kita kenal dengan nama Corel. Corel awalnya fokus pada pengembangan printer laser untuk komputer pribadi.

Namun, dalam perjalanannya, Corel mengalami kesulitan menembus pasar yang kompetitif, terutama karena beberapa produsen di Asia berani memasang harga murah untuk produk serupa.

Perusahaan ini kemudian mengubah arah dengan memproduksi perangkat lunak yang mendukung pekerjaan yang berhubungan dengan desktop publishing.

Dan pada tahun 1987 Corel mempekerjakan programmer termasuk Pat Beirne dan Michel Bouillon untuk mengembangkan software CorelDraw. 2 tahun kemudian, CorelDraw diperkenalkan pada tahun 1989 dan meledak di pasaran.

Manfaat dan Fungsi Tools CorelDraw

Fungsi dan Manfaat Tools CorelDraw

Tidak kalah dengan software lainnya, CorelDraw memiliki fitur-fitur unggulan dalam membuat visualisasi desain dengan hasil yang berkualitas. Untuk lebih jelasnya, simak berbagai fungsi tools CorelDraw sebagai berikut ini:

1. Membuat Ilustrasi

Pengguna dapat membuat desain ilustrasi yang indah dan unik dengan tema yang diinginkan. Misalnya, ilustrasi anatomi, pemandangan, hewan, dan lain-lain.

2. Mendesain Logo

Beberapa perusahaan, toko online, dan institusi membutuhkan ikon logo untuk identitas mereka agar memiliki fungsi pembuatan logo yang handal.

Corel dapat digunakan sebagai alat bantu bagi para desainer grafis dalam mendesain logo. Selain untuk identitas, mendesain logo juga bisa dijadikan proyek Freelance untuk dipasarkan di website logo resmi.

3. Membuat Brosur, Undangan, Poster, dan Spanduk

Membuat desain brosur bisa menggunakan template Web Apps untuk aplikasi Android dan iOS. Namun jika ingin mendesain brosur dengan hasil yang maksimal, menarik dan sesuai kebutuhan, maka tidak salah jika desainer menggunakan CorelDraw.

Corel dirancang dengan fitur eksklusif untuk membuat brosur, undangan, poster iklan, promosi, dan juga banner. Pengguna dapat menyesuaikan jenis font, bentuk, elemen gambar, dan kombinasi pewarnaan dengan hasil yang maksimal.

4. Desain Tipografi

Dalam hal tipografi, CorelDraw dapat digunakan untuk membuat desain font. Pengguna dapat mengeksplorasi jenis dan bentuk font untuk membuat tipografi dengan hasil yang unik dan menarik.

5. Membuat Desain Produk

Pelaku ekonomi digital selalu membutuhkan desain kemasan untuk menciptakan branding produk. Salah satu cara yang digunakan desainer grafis, adalah membuat desain produk.

Dengan bantuan fitur shape, font, line layout, ruler, warna, import gambar, dan fitur-fitur lainnya, CorelDraw mudah digunakan untuk mendesain kemasan produk dan branding. Branding kemasan produk yang baik akan memaksimalkan promosi produk kepada pelanggan.

6. Membuat Desain Kartun, Anime, dan Komik

Selain membuat poster dan brosur, Corel juga menyediakan fitur drawing tool untuk mendesain gambar kartun, anime, bahkan komik.

Kamu bisa menggambar karakter-karakter imajinatif seperti di kartun atau komik dengan membuat garis, kurva, dan bentuk. Bila menekuni bidang tersebut, kamu bisa menjadi seorang komikus, desainer kartun, bahkan desainer karakter anime.

Fungsi tools CorelDraw berupa Membuat Sampul Buku, CD, dan Sampul

7. Membuat Sampul Buku, CD, dan Sampul

Selain mendesain brosur, desainer grafis juga membuat sampul buku, sampul CD menggunakan CorelDraw. Dengan program ini, pengguna dapat memaksimalkan pembuatan cover yang sesuai dan bergaya sesuai dengan tema atau konten yang dirancang.

8. Desain Website

Desain website juga bisa dilakukan dengan Corel Draw. Elemen-elemen yang ada di dalam website, seperti header hingga ikon, juga bisa dibuat di Corel Draw. Baik itu dengan menggunakan fungsi vector drawing. Seperti halnya illustrator dan photo editing.

9. Menggambar Vektor

Membuat gambar vektor merupakan salah satu fungsi Corel Draw yang paling banyak dikenal. Karena berbeda dengan fungsi penggunaan lainnya, tidak banyak program komputer yang bisa menggambar vektor.

Maka tidak heran jika ketika berbicara tentang apa kegunaan Corel Draw, salah satu hal yang terlintas dalam pikiran adalah menggambar vektor.

Vektor sendiri adalah gambar grafis yang dibuat di komputer dengan menggunakan poligon. Poligon-poligon tersebut dibuat dengan sumbu x,y pada grafis vektor. Setiap alur dalam grafik vektor dapat diberikan atribut.

Seperti ketebalan dan warna garis, kurva, bentuk, gradien, dan tekstur. Vektor memiliki resolusi yang jauh lebih besar daripada bitmap. Bahkan setelah 7x zoom, kualitas gambar vektor tidak akan pecah.

10. Desain Konten Media Sosial dan Microblog

Content creator tidak akan lepas dari Corel Draw. Justru mereka bisa mendapatkan banyak manfaat berbeda dari penggunaan software ini. Bagi para content creator dan pengguna media sosial, tampilan feed memiliki peran penting.

Entah itu untuk branding diri atau mendapatkan perhatian followers. Beberapa konten untuk media sosial, seperti microblog juga bisa dibuat menggunakan Corel Draw. Microblog sendiri merupakan jenis konten informatif namun menarik yang saat ini sedang populer di media sosial. Terutama di Instagram dan Facebook.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar fungsi tools CorelDraw, yaitu:

Berapa Harga Coreldraw?

CorelDraw adalah editor grafis vektor dengan banyak versi mulai dari versi 1 hingga yang terbaru, CorelDraw Graphics Suite 2019 atau X9, yang edisi aslinya yang lengkap berharga $699 atau sekitar 9,5 juta.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar fungsi tools CorelDraw dapat digunakan untuk membuat visualisasi desain grafis dengan hasil yang berkualitas. Pengguna dapat mengeksplorasi jenis dan bentuk font untuk membuat tipografi dengan hasil yang unik dan menarik. Semoga bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button