Serial Number iPhone Di Indonesia

Teknatekno.com – Setiap smartphone yang dijual di pasaran memilik nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) serial number yang menjadi nomor identitas perangkat.

Nomor ini dipakai oleh operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang tersambung ke jaringannya. Di Indonesia, nomor IMEI juga dijadikan acuan untuk melihat apakah ponsel tersebut merupakan barang yang masuk lewat jalur resmi atau ilegal (BM).

Jika IMEI tidak terdaftar, ponsel terindikasi merupakan barang ilegal alias black market, dan berpotensi diblokir dari layanan seluler di Indonesia.

Pemilik ponsel BM tidak akan bisa terhubung dengan koneksi seluler, sehingga ponsel tidak bisa dipakai internet, menelepon, atau berkirim SMS.

Berikut cara mengecek nomor IMEI iPhone untuk mengidentifikasi apakah iPhone milik pengguna merupakan produk resmi dan bukan perangkat BM, seperti dihimpun KompasTekno dari laman support Apple, Senin (29/3/2021).

  • Cek IMEI iPhone di punggung
    Support Apple Nomor IMEI yang terukir di punggung iPhone menandai bahwa iPhone merupakan produk asli Apple.ponsel. Nomor IMEI biasanya tertera di samping kemasan ponsel. Pengguna juga bisa menemukan nomor IMEI di bagian punggung iPhone dan slot kartu SIM.
  • Cek IMEI iPhone di pengaturan. Pengguna iPhone juga bisa melihat nomor identitas perangkatnya (IMEI) di pengaturan ponsel. Caranya buka Settings > General > About This iPhone. Pengguna dapat menemukan nomor identitas perangkat di kolom berjudul “IMEI”.
  • Cek IMEI iPhone dengan kode USSD. Pengguna juga bisa mengecek IMEI dengan menekan kode USSD *#06# di aplikasi dialler ponsel untuk mengecek IMEI iPhone. Ketika tanda pagar terakhir diketikkan, maka informasi nomor IMEI akan muncul di layar ponsel.

Mengetahui iPhone Resmi Dari Serial Number atau BM di situs Kemenperin

Setelah mengetahui nomor IMEI di perangkat iPhone, pengguna bisa langsung mengecek apakah iPhone tersebut merupakan produk BM atau resmi. Pengguna hanya perlu mengunjungi laman resmi Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin).

Mengetahui iPhone Resmi Dari Serial Number atau BM di situs Kemenperin

Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka situs imei.kemenperin.go.id.
  • Masukkan nomor IMEI perangkat tadi ke kolom “Cek IMEI”.
  • Lalu klik simbol kaca pembesar.

Jika muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin” maka dapat dipastikan perangkat yang Anda miliki telah didistribusikan lewat jalur resmi.

Kesimpulan:

Setiap smartphone yang dijual di pasaran memiliki nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang merupakan nomor identitas perangkat. Nomor ini digunakan oleh operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke jaringan mereka.

Di Indonesia, nomor IMEI juga dijadikan acuan untuk melihat apakah ponsel merupakan barang yang masuk melalui jalur resmi atau ilegal.

 

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like