Daftar Pinjaman Online Legal Terdaftar di OJK

Teknatekno.com – Pinjaman online legal yang terdaftar dan berizin dari OJK. lembaga keuangan yang populer dengan istilah fintech ini kian marak karena cukup mudah mengajukannya.

Mengapa mencari daftar kredit online legal? Pasalnya, masih banyak pemberi dana pinjaman online ilegal yang tindak tanduknya merugikan banyak orang.

Dengan kejadian seperti ini, OJK sebagai lembaga pengawas industri keuangan memberikan rekomendasi. Caranya dengan merilis daftar kredit online legal dan berizin setiap bulan.

Satgas Waspada yang dibentuk OJK (otoritas jasa keuangan) belum lama ini merilis 144 pemberi dana kredit berbasis online yang tidak tercatat alias ilegal.

Satgas Waspada OJK pun mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai keberadaan pemberi dana pinjaman online ilegal. Sebelumnya, OJK pun sudah merilis daftar pemberi daftar kredit online legal atau kredit legal yang aman dan dijamin OJK.

Selain daftar kredit online legal, sebaiknya kamu melengkapi kredit dengan asuransi kredit. Dengan begitu, jika tidak mampu membayar kompensasi, maka pembayaran tersebut dinyatakan lunas.

Pada Desember 2020, OJK resmi merilis 149 daftar kredit online legal dan berizin. Dari jumlah tersebut, 36 perusahaan telah memiliki izin, sedangkan sisanya 113 entitas adalah daftar kredit online legal dan sudah pasti lebih aman.

Kriteria Daftar Pinjaman Online Legal dan Tepercaya

Mengapa harus terdaftar di OJK ? Sesuai regulasinya, semua dana daftar kredit online bersifat wajib. Jadi legalitas perusahaan fintech tersebut dengan jelas, konsumen pun mendapat perlindungan.

Tapi jika belum terdaftar, sudah jelas perusahaan penyedia dana online tersebut, bodong. hindari perusahaan fintech yang belum terdaftar di OJK, karena risikonya sangat besar.

Selain itu, perusahaan daftar kredit online, otomatis harus mematuhi ketentuan, etika dan perilaku sesuai regulasi yang berlaku. Sehingga konsumen pun gak dirugikan.

Gak cuma itu saja, untuk menghindari perilaku perusahaan fintech yang semena-mena terhadap nasabahnya. Nasabah pun terlindungi secara legalitas.

Nah, ini juga jadi Kriteria penting dalam menentukan legalitas daftar pinjol yg legal. Yaitu dengan cara melihat layanan konsumennya yang jelas dan mudah dihubungi. Sebab, jika ada masalah maka nasabah bisa menghubunginya dengan cepat dan mudah.

Kriteria Daftar Pinjaman Online Legal dan Tepercaya

Dalam regulasinya, OJK mewajibkan penyelenggara kredit online memiliki dan menyediakan layanan untuk menyelesaikan permasalahan nasabahnya. Buat kamu yang ingin mengambil kredit online, pastikan perusahaan fintech tersebut punya nomor telepon pengaduan atau layanan pelanggan untuk berbicara langsung.

Salah satu kelebihan dari teknologi aplikasi pinjaman dana secara online, calon nasabah harus mendapat informasi secara jelas dan transparan. Seperti bunga jatuh tempo dan biaya-biaya yang dikenakan ke calon nasabah agar kamu gak terjebak di kredit bermasalah online.

Dengan begitu, nasabah jadi tahu berapa besaran biaya yang dibebankan saat membuka dana pinjaman online. Salah satu ciri yang bisa kamu perhatikan dari nasabah yang memiliki transparansi yang bagus adalah, tersedianya kalkulator di laman depan aplikasi fintech.

Transparansi Ini Menjadi Salah Satu Syarat Sebuah Daftar Pinjaman Online Legal

Banyak perusahaan penyedia dana kredit online yang mengklaim cepat dalam proses pengajuan dan penemuan. Tapi, nyatanya, gak semua kredit online itu cepat. Ada juga perusahaan fintech yang lama dalam memproses pengajuan calon nasabahnya sehingga pelanggan pun bertanya-tanya apakah pengajuan kreditnya disetujui atau gak.

Karena itu, sangat penting bagi calon nasabah untuk mengecek status kredit yang diajukan. Apakah statusnya masih dalam proses, ditolak, atau disetujui. Fitur tambahan tersebut juga menunjukkan perusahaan fintech tersebut merupakan perusahaan yang terpercaya dalam melayani konsumennya dan bisa jadi poin plus juga di mata OJK.

Ini Jadi Salah Satu Syarat Bagi Daftar Pinjaman Online Legal

Sering kali calon nasabah tergiur dengan iming-iming kredit tanpa syarat yang sering didengungkan perusahaan fintech atau janji-janji manis lainnya.

Nah, sebagai konsumen kamu harus lebih kritis dalam melihat ini. Apakah janji-janji tersebut hanya manis di mulut saat promo atau bisa direalisasikan. Meski bukan syarat daftar pinjol yg legal, kamu tetap harus cek kriteria ini, ya!

Selain daftar penyedia dana pinjol legal yang dirilis setiap bulan, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan saat mengajukan pinjol legal. Apa saja? Cari tahu dalam ulasan berikut ini.

Biasanya jika orang-orang yang mendapat kredit puas dengan layanan penyedia kredit, mereka akan memberi ulasan positif. Review dari mereka yang bisa kamu temukan di Play Store di mana aplikasi kredit tersebut di-download.

Jangan buru-buru dan dapatkan dana kredit karena prosesnya yang mudah. Gak jarang di balik kemudahan tersebut, tersembunyi bunga kredit yang besar.

Sayangnya, OJK gak bisa ikut campur dalam urusan pengaturan besaran bunga ini. Karena itu, kamu perlu memilih dalam memilih kredit dengan perbandingan besaran bunga kredit yang satu dengan bunga kredit yang lainnya.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar daftar pinjaman online legal yang terdaftar di OJK

Pinjam Gampang Apakah Ojk?

Untuk daftar kredit online legal yang terdaftar di OJK, buka di sini. OJK memberikan izin, mendaftarkan, dan mengawasi Pinjam Gampang. Izin ini menunjukkan bahwa perusahaan pinjol tersebut sah dan asli.

Dc Pinjol Apa Saja Yang Datang Ke Rumah 2022?

Pinjol DC Apa yang akan hadir di rumah pada Tahun 2022 yakni:

  1. Kredit Pintar. Kredit Pintar adalah DC pinjol pertama yang akan tiba di kediaman.
  2. Kredivo.
  3. Tunaiku (Bank Amar)
  4. Kredit Plus.
  5. Rupiah bergerak cepat.
  6. Tunai, Mau.
  7. Akulaku.
  8. Shopee Paylater dan Shopee Pinjam adalah dua aplikasi serupa.

Apakah Dc Pinjol Akan Datang Ke Rumah?

DC juga dapat mengunjungi rumah kamu untuk menagih atau mengkonfirmasi utang yang belum dibayar. Hal ini dilakukan agar konsumen yang menunggak pembayaran segera menyusulnya.

BACA JUGA:

20 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Review Resmi OJK
Aplikasi Indodana, Pinjaman Online Tanpa Jaminan
Review Aplikasi Kredivo Pinjaman Online Terdaftar di OJK

Kesimpulan

Satgas Waspada yang dibentuk OJK baru-baru ini merilis 144 kredit kredit berbasis online yang tidak tercatat atau ilegal. Dari jumlah tersebut, 36 perusahaan sudah memiliki izin, sedangkan 113 entitas sisa yang terdaftar sebagai kredit online legal.

Pelanggan juga dilindungi secara hukum. OJK mewajibkan penyedia kredit online untuk memiliki dan menyediakan layanan untuk menyelesaikan masalah nasabah. Bagi yang ingin mengambil pulsa secara online, pastikan perusahaan fintech tersebut memiliki nomor telepon pengaduan atau layanan pelanggan.

Related Articles

Back to top button