Cara Mengatasi Sertifikat Kartu Prakerja yang Tidak Muncul

Teknatekno.com – Sertifikat Kartu Prakerja adalah tanda peserta Prakerja telah selesai melakukan pelatihannya. Namun salah satu kendala yang mungkin dialami oleh peserta adalah sertifikat yang tidak juga muncul walaupun peserta telah menyelesaikan pelatihan.

Padahal sertifikat jadi salah satu syarat peserta bisa mendapatkan insentif dari Prakerja. Sejumlah keluhan mengenai sertifikat yang tidak juga muncul di dashboard Kartu Prakerja ini dikeluhkan oleh netizen di media sosial Twitter.

“Hi guys.. yang lolos prakerja dan sudah menyelesaikan pelatihan tapi sertifikat belum muncul di dashboard prakerja itu gimana ya guys? Belum bisa ngasih ulasan juga di website prakerja nya.. mohon bantuannya,” tulis akun @karifess.

“Min mau nanya, saya sudah menyelesaikan pelatihan dan sudah mendapatkan sertifikat tapi kok di dashboard prakerja belum muncul? Saya juga sudah ngasih rating dan review, mohon penjelasannya,” tanya akun @butuh_istirahat.

Keluhan peserta pelatihan prakerja yang tidak muncul

Cara Atasi Sertifikat Kartu Prakerja Tidak Muncul

Lantas, bagaimana jika sertifikat kartu Prakerja tidak juga muncul di dashboard Prakerja? Berikut ini yang harus dilakukan peserta jika sertifikat tak juga muncul untuk sejumlah platform mitra pelatihan.

1. Kemnaker

Bagi peserta yang memilih pelatihan di mitraKemnaker, saat sertifikat tak juga muncul di dashboard Prakerja, berikut yang harus dilakukan:

  • Pastikan nama akun sesuai dengan akun Prakerja kamu
  • Pastikan sudah dinilai oleh lembaga pelatihan di Sisnaker. Untuk mengetahuinya bisa menghubungi lembaga pelatihan terkait. Profil lembaga bisa dilihat di kelembagaandotkemnakerdotgodotid
  • Apabila sudah, peserta dapat mendownload serifikat.
  • Pastikan peserta sudah mengisi ulasan dan rating pada menu pelatihan di Sisnaker. Mulai 18 Maret 2021 pengisian ulasan dan rating bisa dilakukan langsung pada dashboard Prakerja.
  • Laporan dari Sisnaker secara otomatis dikirim kepada Manajemen Pelaksana pada H+1 setelah setelah LPK mengisi nilai kamu di Sisnaker.

2. Tokopedia

Melansir dari laman Tokopedia, terdapat sejumlah hal yang menyebabkan sertifikat kartu prakerja belum keluar yakni:

  • Belum menyelesaikan pelatihan, jika ini masalahnya maka pelatihan harus diselesaikan terlebih dahulu
  • Lembaga pelatihan belum mengumpulkan laporan penyelesaian pelatihan ke Tokopedia.  Tokopedia, akan mengirimkan laporan penyelesaian pelatihan ke pihak Prakerja H+1 (hari kerja) setelah laporan diserahkan oleh Lembaga Pelatihan ke Tokopedia
  • Sertifikat belum muncul di dashboard Prakerja

Tokopedia bisa membantu pengecekan status laporan penyelesaian kursus, apakah sudah dikirim lembaga pelatihan ke Tokopedia. Selain itu Tokopedia bisa membantu pengecekan status laporan penyelesaian kursus apakah sudah dikirim oleh Tokopedia ke Manajemen Prakerja.

Jika laporan penyelesaian kursus sudah dikirimkan ke manajemen Prakerja maka peserta dapat menunggu proses selama 7×24 jam hari kerja (10 hari) setelah waktu Tokopedia mengirimkan laporan penyelesaian kursus. Lalu lakukan pengecekan melalui website Prakerja.

Apabila status sertifikat belum diperbaharui dalam 7×24 jam hari kerja (10 hari), peserta dapat menghubungi Manajemen Pelaksana Program Prakerja di 0800-150-3001 atau melalui formulir pengaduan dan live chat Prakerja pada website Prakerja.

Jika lembaga pelatihan belum mengumpulkan data penyelesaian kursus, maka bisa menghubungi lembaga pelatihan terkait. Adapun daftar kontak lembaga pelatihan bisa dilihat dalam link berikut tokopediadotcom/help/article/lembaga-kartu-prakerja

3. Bukalapak

Bukalapak melalui laman resminya menjelaskan, sertifikat kartu prakerja akan diberikan paling lambat 7×24 jam pada hari kerja setelah kursus selesai dan peserta memberikan rating dan review.

Apabila belum mendapatkan sertifikat dalam rentang waktu tersebut peserta dapat mengisi form bantuan BukaLapak. BukLapak hanya dapat membantu pengecekan sertifikat saat:

  • Status penyelesaian kursus yang dikirimkan Lembaga Kursus ke Bukalapak setiap harinya paling lambat pukul 23:59
  • Status penyelesaian kursus yang dikirimkan Bukalapak ke Tim Prakerja setiap harinya pukul 14:00.

4. Pijar Mahir

Melansir dari akun Instagramnya, Pijar Mahir menyampaikan jika para peserta pelatihan sudah selesai pelatihan, dan memberikan rating namun sertifikat belum muncul maka peserta diimbau untuk melakukan pegecekan secara berkala di akun Prakerja.

“Sobat Mahir, kalau kamu sudah menyelesaikan pelatihan dan memberikan rating beserta ulasannya, maka data kamu telah kami sampaikan ke tim Prakerja. Jadi, silahkan cek secara berkala di akun Prakerja kamu ya,” tulis akun Pijar Mahir.

5. MauBelajarApa

Dalam laman resminya, MauBelajarApa menjelaskan sertifikat pelatihan akan muncul di dashboard setelah Manajemen Pelaksana menerima laporan penyelesaian pelatihan dari Platform Digital. Adapun jika sertifikat belum muncul penerima Kartu Prakerja dapat menghubungi contact center Platform Digital.

Kesimpulan

Sertifikat Kartu Prakerja merupakan tanda bahwa peserta prakerja telah menyelesaikan pelatihannya. Ada sejumlah platform mitra pelatihan di mana sertifikat mungkin tidak muncul. Dengan mengikuti beberapa cara diatas, peserta diharap bisa mendapatkan sertifikat prakerja miliknya dengan mudah.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like