Cara Mengaktifkan Kartu SIM Telkomsel yang Mati

Ciri-ciri Kartu SIM Telkomsel Sedang Masa Tenggang

  • Nomor tidak bisa untuk mengirim SMS
  • Panggilan telepon dengan kartu SIM tersebut tidak mungkin dilakukan
  • Kamu masih bisa menerima SMS dan panggilan telepon menggunakan kartu SIM tersebut

Jika sudah mengalami beberapa hal di atas, segera cek masa aktif kartu SIM menggunakan aplikasi MyTelkomsel (menggunakan jaringan internet lain) maupun kode USSD pengecekan pulsa dan paket data.

Cara Mengecek Masa Aktif Kartu SIM Telkomsel

Menggunakan Aplikasi MyTelkomsel

  • Download aplikasi MyTelkomsel sesuai perangkat yang digunakan
  • Login dengan nomor Telkomsel yang ingin dicek
  • Gunakan link yang dikirim melalui SMS untuk melakukan verifikasi jika diminta
  • Di halaman utama, kamu akan menjumpai informasi mengenai detail pulsa, jenis paket, hingga masa aktif dari nomor terkait

Sementara saat tidak bisa terhubung dengan jaringan internet lain, kamu bisa memilih metode pengecekan pulsa di layanan Telkomsel melalui USSD sebagai alternatif yang lebih pas.

Menggunakan Kode USSD

  • Buka dialpad atau menu panggilan di handphone-mu
  • Ketik *888#
  • Ketuk tombol Panggil (Call)
  • Pilih opsi pengecekan pulsa dan kuota sesuai menu yang ditampilkan
  • Biasanya, informasi akan disampaikan melalui SMS

Perlu diingat, memilih opsi yang muncul di dalam menu layanan kode USSD bisa dilakukan dengan mengetikkan angka dari pilihan terkait lalu dilanjutkan mengetuk tombol Send (Kirim).

Sayangnya, metode ini tidak akan tersedia pada saat kartu SIM Telkomsel benar-benar sudah mati karena biasanya dukungan jaringan akan hilang  sebagaimana apa yang menjadi salah satu ciri-cirinya.

Ciri-ciri Kartu Sudah Mati

  • Sinyal hilang yang biasanya ditunjukkan dengan ikon silang pada indikator jaringan
  • Nama operator tidak muncul karena kartu SIM sudah tidak terhubung dengan layanan

Beberapa tanda-tanda di atas tentu diikuti dengan sejumlah hal seperti tidak bisa menerima maupun mengirim SMS dan panggilan telepon hingga tidak mendukung pengisian pulsa melalui saluran apapun.

Segera kunjungi kantor GraPARI terdekat tentu dapat menjadi solusi yang harus ditempuh dalam hal ini sesuai dengan pembahasan sebelumnya jika kamu masih menginginkan nomor tersebut.

Kesimpulan:

Mengaktifkan kartu SIM mati di layanan Telkomsel mudah dan sulit. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pelanggan. Masa tenggang untuk sebagian besar kartu SIM di Indonesia bisa sampai 30 hari. Selama waktu ini, pelanggan perlu mengisi ulang pulsa mereka.

Kartu SIM dapat diaktifkan kembali jika belum melewati 15 hari setelah masa tenggang. Dalam proses pengaktifan kembali kartu SIM, pelanggan biasanya perlu membayar jaminan berupa biaya berlangganan selama beberapa bulan dengan nilai yang berbeda-beda tergantung paket pascabayar Telkomsel.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like