Cara Mudah Menghitung Persen dengan Kalkulator Hp

Teknatekno.com – Salah satu contoh yang paling sering terjadi adalah ketika kita melihat diskon yang diiklankan untuk barang-barang kebutuhan sehari-hari. Mereka memberlakukan diskon berupa persentase dari harga aslinya.

Membuat kita harus menghitungnya untuk bisa mendapatkan harga yang harus dibayar. Untuk mempermudah Anda, ada satu alat yang bisa digunakan menghitung persen dengan kalkulator. Mari cari tahu cara cepat menghitung persen menggunakan kalkulator.

Cara Menghitung Persen Dengan Kalkulator

Menghitung persen adalah kemampuan aritmatika yang cukup mendasar. Ini akan kita hadapi saat belajar di kelas atau di berbagai hal di sekitar kita. Persentase juga sering digunakan untuk melakukan pembayaran kendaraan dan rumah, menghitung gratifikasi, dan membayar pajak atas produk.

Cara Menghitung Persen di Kalkulator

Apa Itu Kalkulator?

Kalkulator adalah alat yang memungkinkan kita untuk melakukan perhitungan matematis dengan lebih mudah. Misalnya, menambah, mengurangi, mengalikan, membagi, dan juga menghitung persentase.

Beberapa juga dapat melakukan perhitungan akar kuadrat, kalkulator yang lebih canggih juga dapat membantu dengan fungsi kalkulus dan grafik. Sempoa juga berisi kalkulator, yang dapat beroperasi tanpa daya. Sedangkan kalkulator elektronik akan membutuhkan baterai.

Apa Itu Persentase?

Persentase atau persen memiliki arti ‘per seratus’ dan menunjukkan persentase suatu angka dari 100 persen atau seluruh jumlah. Simbol persen ( persen) atau singkatan “pct” digunakan untuk menandakan persentase.

Secara umum, untuk dapat menghitung persentase, Anda dapat mengikuti metode ini:

  • Tentukan jumlah total atau keseluruhan.
  • Bagilah angka yang akan dihitung sebagai persen.
  • Dalam kebanyakan kasus, Anda akan membagi angka yang lebih kecil dengan angka yang lebih besar.
  • Kalikan jumlah yang dihasilkan dengan 100.

Namun, jika Anda menggunakan kalkulator maka ini mungkin lebih mudah.

Sekarang mari kita coba mempelajari cara menghitung persentase menggunakan kalkulator. Kami mempertimbangkan contoh berikut.

25 persen dari 40=10

10 adalah bagian 25 persen dari 40 yang merupakan angka lengkap. Di bidang matematika, menghitung persentase biasanya salah satu dari istilah ini akan hilang dan Anda harus dapat menemukannya. Jika pertanyaannya adalah “Berapa persentase dari 40=10?”

Anda akan memiliki bagian (10) dan keseluruhan (40), oleh karena itu kata yang hilang adalah persentase. Sekarang, ubah pertanyaan menjadi “Berapa 25 persen dari 40?” maka Anda akan memiliki persentase (25) dan penuh (40), sehingga kata yang hilang adalah bagiannya.

Dengan alasan yang sama, jika pertanyaan diubah lagi menjadi “10 adalah 25 persen dari apa?” kata yang hilang adalah keseluruhan.

Setiap kalkulator atau kalkulator listrik di smartphone Anda biasanya dilengkapi dengan tombol persen. Jadi akan sangat sederhana jika Anda ingin menemukan persentase suatu angka.

Nah, jika Anda berbelanja pakaian, maka Anda menemukan yang mendapat diskon 25 persen dari harga yang setara dengan Rp. 270.000, lalu berapa yang harus anda bayarkan setelah mendapatkan diskon?

1 2Next page

Related Articles

Back to top button