Cara Daftar KIP Kuliah untuk Jalur Mandiri PTN

Alur Daftar KIP Kuliah

  • Calon penerima KIP Kuliah dapat langsung mendaftar secara mandiri di website kip-University.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi mobile KIP Kuliah (akan segera dapat diakses di Google Play) (akan segera tersedia di Google Play).
  • Pada saat pendaftaran, mahasiswa memberikan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan masih berlaku.
  • Sistem KIP kuliah berikut akan memverifikasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan untuk mendapatkan KIP Perguruan Tinggi.
  • Jika prosedur validasi berhasil maka sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Registrasi dan Kode Akses ke alamat email yang terdaftar.
  • Peserta melengkapi prosedur pendaftaran Kuliah KIP dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  • Selanjutnya peserta melengkapi prosedur pendaftaran pada portal atau sistem informasi seleksi nasional perguruan tinggi sesuai dengan jalur seleksi yang dipilih. Prosedur sinkronisasi dengan sistem selanjutnya akan dilakukan dengan metode host-to-host.
  • Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi tambahan oleh Perguruan Tinggi sebelum diajukan sebagai calon Dosen penerima KIP.

Kesimpulan:

Masih ada kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di universitas pilihan Anda meskipun Anda gagal dalam seleksi SBMPTN. Seleksi mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dapat menjadi alternatif bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan.

Banyak keuntungan yang akan diperoleh penerima KIP antara lain pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pembebasan biaya pendidikan, dan bantuan biaya hidup. Situs web Kip-University.kemdikbud.id atau melalui aplikasi seluler KIP Lecture (akan segera dapat diakses di Google Play).

Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik yang sangat baik dan memiliki Kartu Keluarga Sejahtera. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada program studi (Prodi) dengan Akreditasi A atau B, dan layak dengan pertimbangan tertentu pada program studi Akreditasi C.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like