Daftar Kartu Prakerja Gelombang 22 Telah Dibuka

Teknatekno.comPendaftaran Kartu Prakerja gelombang 22 telah dimulai hari Senin (25/10/2021) pukul 12.00 WIB. Segera daftar kartu prakerja ini dengan mengunjungi situs resmi Prakerja.

Kuota kartu Prakerja gelombang 22 tidak sebesar gelombang sebelumnya, karena berasal dari pengguna Kartu Prakerja yang status keanggotaannya dihentikan dari gelombang 18 menjadi gelombang 21.

Penarikan kepesertaan terjadi apabila peserta tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah dianggap lulus sebagai penerima Kartu Prakerja.

Bagi peserta yang sebelumnya telah mendaftar di portal Kartu Prakerja dapat langsung mengikuti proses seleksi angkatan 22. Untuk diketahui, hanya ada satu situs resmi pendaftaran Kartu Prakerja, yaitu prakerjadotgodotid.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 22 Telah Dibuka

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 22

Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah memiliki akun Kartu Prakerja. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Prakerja di website Prakerja.
  2. Pendaftar akan diminta untuk mengisi alamat email, membuat password yang terdiri dari minimal 6 karakter, dan melakukan konfirmasi password (ketik ulang password) (ketik ulang password).
  3. Kemudian konfirmasikan pernyataan di bawah ini, lalu klik “Buat Akun”.
  4. Nantinya pendaftar akan mendapatkan verifikasi akun melalui email yang didaftarkan.
  5. Buka email dan verifikasi dengan mengklik link yang diberikan melalui email. Akun Kartu Pra Kerja juga telah diaktifkan.
  6. Bagi pendaftar yang sudah memiliki akun, cukup login di website Prakerja menggunakan email dan password.
  7. Setelah berhasil membuat akun dan login ke akun Kartu Prakerja, calon diminta untuk memverifikasi KTP, nomor NIK, nomor KK, dan tanggal lahir.
  8. Kemudian klik “Selanjutnya”. Jika ada kolom yang salah, pendaftar diminta untuk mengisi ulang.
  9. Kemudian isi informasi pribadi Anda dan unggah foto KTP Anda.
  10. Pada area ini data yang harus diisi adalah alamat email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, provinsi, kabupaten, kecamatan, alamat tempat tinggal sekarang, jenis kelamin, pendidikan terakhir yang diselesaikan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status pekerjaan, pelatihan mata pelajaran yang ingin Anda ikuti.
  11. Setelah diisi, upload foto atau scan KTP Anda di kanan bawah dan klik kotak kiri bawah yang berisi: “Saya siap mengisi semua informasi yang dibutuhkan dengan jujur.”
  12. Kemudian klik “Lanjutkan”.
  13. Tahap selanjutnya adalah verifikasi nomor ponsel. Pendaftar akan diberikan SMS dengan kode OTP melalui nomor yang terdaftar.
  14. Setelah mengisi kode OTP, klik “Kirim”.
  15. Langkah selanjutnya adalah mengisi surat pernyataan pemohon: “Apakah Anda sekarang menganggur?”. Isi semua sampai selesai, lalu klik “OK”.

Uji Motivasi dan Kemampuan Dasar

Tes ini merupakan bagian dari prosedur pendaftaran Kartu Prakerja. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi kompetensi dan potensi yang dimiliki. Penggunaan alat corat-coret seperti kertas, pensil atau pena diperbolehkan untuk menyelesaikan masalah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik “Mulai Tes Sekarang” untuk mengikuti tes.
  2. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dianalisis. Evaluasi biasanya memakan waktu maksimal 5 menit.
  3. Jika sudah 5 menit tapi tidak ada perubahan, klik tombol “Refresh”.

Kesimpulan

Demikianlah informasi dari Teknatekno seputar cara daftar Kartu Prakerja gelombang 22. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang ingin mengikuti program Prakerja. Terima kasih sudah membaca!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like